Contoh Peristiwa Perpindahan Panas Secara Konveksi

By | February 18, 2020

Panas atau kalor dapat berpindah tanpa melalui perantara, melalui perantara yang tidak ikut berpindah, dan melalui perantara dengan perantara ikut berpindah/bergerak. Perpindahan kalor atau panas melalui zat cair atau gas yang diikuti dengan adanya aliran perpindahan partikel – partikelnya disebut perpindahan panas secara konveksi. Pada perpindahan panas secara konveksi, ketika partikel – partikel dipanaskan maka suhunya meningkat sehingga membuat jarak antar partikel saling menjauh. Gerakan itulah yang kemudian memungkinkan terjadi perpindahan panas. Contoh peristiwa perpindahan panas secara konveksi banyak ditemukan dalam kehidupan sehari – hari, bahkan untuk peristiwa yang cukup dekat dengan kita.

Apa saja contoh peristiwa perpindahan panas secara konveksi dalam kehidupan sehari – hari? Simak kumpulan contoh – contoh perpindahan panas secara konveksi berikut.

Secangkir teh hangat

Perpindahan Udara pada Teh Hangat ke Udara Ruangan Merupakan Contoh Peristiwa Konveksi

Secangkir teh panas memiliki suhu yang lebih tinggi pada ruangan bersuhu normal. Lama kelamaan, suhu pada secangkir teh tersebut akan turun karena panas akan menguap ke udara di dalam ruangan. Adanya uap dari teh panas menunjukkan bahwa sedang terjadi perpindahan panas dari secangkir teh ke udara. Perpindahan uap panas dari secangkir teh ke udara pada ruangan merupakan contoh peristiwa perpindahan panas secara konveksi yang dapat mudah sobat idschool amati.

Peristiwa Mendidihkan Air

Contoh Perpindahan Panas Secara Konveksi dalam Kehidupan

Contoh peristiwa perpindahan panas secara konveksi berikutnya yang cukup mudah diamati adalah pada saat memasak air untuk membuatnya mendidih. Mula – mula panas mengalir dari kompor ke panci secara konduksi, kemudian panas dari panci akan memanaskan air di bagian bawah. Air pada bagian bawah panci menjadi panas kemudian naik, sedangkan air yang lebih dingin bergerak turun untuk menggantikannya. Terjadilah gerakan siklus berputar secara konveksi yang mengindikasikan terjadinya perpindahan panas.

Baca Juga: Termometer Air Raksa dan Termometer Alkohol

Peristiwa Saat Es Melebur

Peristiwa Es Mencair Merupakan Contoh Perpindahan Panas Secara Konveksi

Pada saat es mencair, terjadi perubahan wujud dari padat menjadi cair. Kondisi ini terjadi karena panas dari ruangan dalam udara berpindah menuju es. Batuan es menerima panas sehingga membuatnya mencari. Suhu ruangan bergerak menuju es melalui udara secara konveksi dan terjadilah perpindahan panas.

Terjadinya Angin Darat dan Angin Laut

Terjadinya Angin Darat dan Laut Adalah Contoh Peristiwa Perpindahan Panas Secara Konveksi

Pada malam hari, tekanan udara di daratan lebih tinggi dibandingkan di laut sehingga udara bergerak dari darat ke laut. Aliran udara dari darat ke laut disebut angin darat. Pada siang hari, tekanan udara di laut lebih tinggi dibandingkan di daratan sehingga udara bergerak dari laut ke darat. Aliran udara dari laut ke darat ini disebut sebagai angin laut. Panas bergerak bersama partikel gas atau udara sehingga terjadilah perpindahan panas yang diikuti oleh zat perantaranya (partikel gas/udara).

Baca Juga: Pengertian dan Perbedaan Angin Darat dan Laut

Pada Radiator Kendaraan yang Sedang Menyala

Radiator Adalah Alat Pendingin atau Pemanas Di mana udara Bergerak Secara Konveksi

Radiator terdapat pada komponen penyusun kendaraan bermotor seperti mobil atau motor. Radiator merupakan alat penukar panas yang digunakan untuk memindahkan energi panas dari satu medium ke medium lainnya. Tujuan dari penggunaan radiator adalah untuk mendinginkan maupun memanaskan mesin. Peristiwa yang terjadi pada radiator adalah udara hangat mengalir di bagian atas dan menarik udara dingin di bagian bawah. Perpindahan udara hangat pada radiator tersebut terjadi secara konveksi.

Sirkulasi samudera

Contoh peristiwa perpindahan panas secara konveksi berikutnya terdapat pada peristiwa sirkulasi samudera. Peristiwa sirkulasi samudra menjadi salah satu penentu faktor cuaca yang sedang terjadi. Proses yang terjadi pada sirkulasi samudera adalah air hangat di sekitar khatulistiwa bersirkulasi menuju kutub dan air dingin di kutub bergerak ke arah khatulistiwa. Perpindahan panas pada air hangat tersebut bergerak bersama partikelnya.

Pada Peristiwa Ledakan

Gerakan partikel – partikel udara saat terjadi ledakan menimbulkan gelombang kejut (shock wave). Gerakan tersebut terjadinya karena adanya tekanan yang kuat dari ledakan sehingga membuat partikel udara bergerak paksa secara konveksi.

Baca Juga: Apa Itu Tekanan Udara?

Balon Udara Panas

Pemanas di dalam balon memanaskan udara sehingga udara bergerak ke atas. Hal ini menyebabkan balon naik karena udara panas terperangkap di dalamnya. Ketika ingin turun, udara panas dilepaskan dan udara sejuk mengalir, menyebabkan balon turun. Perpindahan panas dari pemanas menuju balon bagian atas terjadi secara konveksi.

Gerakan Mantel Bumi

Gerakan Mantel Bumi Terjadi Secara Konveksi

Bagian lapisan batuan Bumi yang disebut mantel bergerak perlahan karena arus konveksi yang memindahkan panas dari bagian dalam Bumi ke permukaan. Gerakan ini menyebabkan lempeng tektonik bergerak secara bertahap di sekitar Bumi.

Itulah tadi beberapa contoh peristiwa perpindahan panas secara konveksi dalam kehidupan sehari – hari. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Perubahan Wujud Benda (Padat, Cair, dan Gas)

2 thoughts on “Contoh Peristiwa Perpindahan Panas Secara Konveksi

  1. Rahmat channel

    Admin, Tolong keterangan angin darat dan angin laut mohon dibetulkan, sehingga pelajar tidak banyak yg bingun. Mohon di check kembali. Terima kasih. Salam fisika.

    Reply
    1. admin Post author

      Halo Rahmat, terima kasih koreksinya, sudah dievaluasi. Salam sukses selalu…

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.