Enzim Pencernaan dan Proses Pencernaan Makanan pada Manusia

By | May 3, 2018

Ulasan materi yang akan disampaikan di sini adalah materi tentang enzim pencernaan dan proses pencernaan makanan pada manusia. Makanan yang sobat idschool makan akan dicerna oleh tubuh. Tubuh akan mengambil sari makanan yang dibutuhkan tubuh dan membuang sisanya dalam bentuk feses melalui anus. Proses pengeluaran hasil sisa metabolisme berupa feses melalui anus disebut defekasi. Singkatnya, proses pencernaan makanan pada manusia dapat diartikan sebagai rangkaian proses mencerna makanan yang diawali dari mulut sampai hingga dikeluarkan zat sisanya melalui anus.

Makanan yang masuk ke dalam mulut akan dikunyah kemudian masuk ke kerongkongan kemudian ke bagian pencernaan lainnya. Dalam melakukan proses pencernaan makanan, tubuh melibatkan enzim pencernaan yang dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Misalnya enzim pencernaan yang dihasilkan di mulut, yaitu enzim ptialin. Setiap bagian tubuh memiliki enzin pencernaan yang berbeda sesuai dengan fungsinya.

proses pencernaan makanan pada manusia

Pada lambung, enzim pencernaan yang dihasilkan adalah pepsin, renin, dan HCl. Sedangkan kelenjar pankreas memproduksi enzim amilase, tripsin, dan lipase. Semua enzim pencernaan yang dihasilkan oleh tubuh bekerja sesuai fungsinya masing-masing untuk melakukan proses pencernaan makanan.

Selanjutnya akan diulas materi tentang proses pencernaan makanan pada manusia. Dimulai dari makanan yang masuk ke dalam mulut kemudian diproses di dalam tubuh sampai akhirnya dikeluarkan zat sisanya melalui anus.

 

Urutan Proses Pencernaan pada Manusia

Sebelum membahas peran masing-masing bagian pencernaan. Perhatikan terlebih dahulu gambar rangkaian pencernaan makanan pada manusia berikut.

enzim pencernaan makanan

Dari gambar di atas, kita dapat melihat bahwa proses pencernaan melewati rangkaian yang cukup panjang. Setidaknya, makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat melewati lambung sampai usus halus membutuhkan waktu 6 s.d. 8 jam. Kemudian, makanan tersebut akan berada di usus besar untuk diserap kembali semua sari makanan yang belum terserap sempurna di usu halus.

Waktu yang diperlukan setiap orang untuk mencerna makanan sampai proses akhir pencernaan memerlukan waktu yang berbeda. Pada umumnya, waktu yang diperlukan adalah 24 jam sampai dengan 72 jam, tergantung makanan yang dicerna dan kondisi tubuh masing-masing.

Urutan proses pencernaan makanan dari mulut sampai ke anus dapat disimak pada penjelasan urutan rangkaian proses pencernaan makanan berikut.

  1. Mulut

    Pencernaan mekanik menggunakan gigi dan lidah. Pencernaan kimiawi menggunakan kelenjar ludah yang mengandung enzim ptialin (enzim yang mengubah amilum menjadi maltosa).

  2.  

  3. Faring

    Merupakan percabangan antara saluran pencernaan (orofaring) dan saluran pernapasan (nasofaring). Terdapat epiglotis yang berfungsi mengatur jalanya makanan agar tidak masuk pada saluran pernafasan.

  4.  

  5. Esofagus/Kerongkongan

    Terjadi gerak peristaltik yaitu gerak meremas dan mendorong makanan agar dapat turun ke saluran berikutnya.

  6.  

  7. Lambung

    Pencernaan berlangsung secara kimiawi yang melibatkan enzim, yaitu

    • Pepsin: mengubah protein menjadi pepton.
    • Renin: mengendapkan protein susu (kasein).
    • Asam klorida/HCl: mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin, mengasamkan makanan, dan membunuh kuman.
  8.  

  9. Usus Halus

    Usus halus terdiri dari tiga bagian yaitu usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum), dan usus penyerapan (ileum). Proses pencernaan makanan di usus halus dibantu enzim pencernaan makanan yang dihasilkan kelenjar pankreas. Enzim tersebut adalah sebagai berikut.

    • Amilase: mengubah zat tepung menjadi amilum.
    • Tripsin: mengubah protein menjadi peptida dan asam amino.
    • Lipase: mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.
  10.  

  11. Usus Besar

    Usus besar dalah proses akhir dari saluran pencernaan. Proses pencernaan yang terjadi adalah penyerapan air dan pembusukan makanan oleh bakteri Escherichia coli.

  12.  

  13. Anus

    Anus adalah bagian akhir dari proses pencernaan makanan. Sisa zat makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh akan dikeluarkan melalui anus dalam bentuk feses.

Ulasan materi berikutnya adalah gangguan pada sistem pencernaan.

 

Gangguan pada Sistem Pencernaan

Pola hidup tidak sehat dapat menyebabkan bagian tubuh yang berperan dalam melakukan proses pencernaan makanan menjadi terganggu. Beberapa gangguang pada sistem pencernaan yang dapat dialami seseorang adalah seperti berikut.

  1. Parotitis (gondong): infeksi pada kelenjar parotis (kelenjar air ludah).
  2. Gastritis: radang akut pada dinding lambung.
  3. Ulkus: radang pada lambung.
  4. Diare: feses encer karena kurangnya penyerapan air di usus besar.
  5. Sembelit/kontipasi: feses terlalu padat karena penyerapan air di usus besar berlebih.
  6. Apendisitis: radang usus buntu.

Demikian ulasan materi tentang proses pencernaan makanan pada manusia, meliputi bagian-bagian yang terlibat dalam proses pencernaan, enzim pencernaan yang dibutuhkan untuk mencerna makanan, dan gangguan pada pencernaan makanan.

Baca Juga: Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya