9 Tips Menentukan Jurusan Kuliah

By | October 1, 2017

9 Tips Menentukan Jurusan Kuliah versi idschhol | Yeay, sebentar lagi bakal jadi mahasiswa, status pelajar tertinggi yang akan disandang. Sobat idschool tidak harus memakai seragam untuk mengikuti kelas. Jadwal kelas sudah tidak selalu dimulai jam 7. Itulah poin-poin manisnya. Namun, untuk mendapatkan semua itu dibutuhkan perjuangan yang enggak gampang. Sobat idschool harus belajar giat pagi-siang-malem agar bisa mendapatkan gelar mahasiswa di program studi dan universitas impian. Perjuangan pertama yang bisa dibilang cukup gampang namun memusingkan adalah menentukan jurusan kuliah.

Memilih jurusan kuliah, lebih tepatnya memilih program studi yang tepat bisa menjadi langkah awal mempersiapkan karir sobat idschool di kemudian hari. Karena apa? Selama beberapa tahun ke depam, sobat idschool akan memperdalam ilmu yang menjadi program studi pilihan sobat. Dan setelahnya, ilmu yang kalian peroleh akan menjadi bekal sobat idschool untuk menjalani masa depan sobat. OK, simak 9 Tips Menentukan Jurusan Kuliah versi idschool.net.

 
Tips Memilih Jurusan Kuliah
 

Apa Bakat yang Dimiliki

Pengertian bakat adalah kemampuan yang ada pada diri seseorang dalam melakukan tugas. Bakat sudah dimiliki setiap manusia saat dia lahir ke dunia, bisa berupa kemampuan untuk bernyanyi, melukis, menari, dan sebagainya. Bakat perlu diasah untuk menjadi seorang yang mahir dalam bidangnya. Seseorang bisa unggul dalam hal perhitungan namun kurang dalam hal komunikasi. Sebaliknya, seseorang lainnya unggul dalam kemampuan komunikasi dan lemah pada perhitungan. Keduanya sama-sama memilki kesempatan untuk berkarir dan sukses di jalannya masing-masing. Jangan maksain memilih jurusan yang bertentangan dengan bakat mu. Faktor ini bisa menjadi salah satu yang membuat kamu nyaman dalam menjadi perkuliahan. Ketika kamu sudah merasa nyaman, keberhasilan dan prestasi akan mengikuti.

 

Kenali Potensi Diri

Hampir sama dengan bakat, potensi juga sifat bawaan dari lahir. Potensi adalah kesanggupan, daya, atau kemampuan untuk lebih berkembang. Potensi perlu diasah untuk menjadikan seseorang dengan potensi bawaan menjadi profesional. Potensi yang dimiliki seseorang dapat menjadi faktor penentu keberhasilan menjalani masa studi di universitas nantinya. Tentunya diimbangi dengan usaha dan ketekunan.

 

Passion Atau Ketertarikan

Passion atau ketertarikan dalam suatu bidang ilmu dapat menjadi dasar untuk menentukan jurusan kuliah. Ketertarikan dapat menjadi motivasi untuk mempelajari suatu bidang ilmu. Explore diri sobat idschool dan temukan passion atau ketertarikan dalam sebuah bidang ilmu. Pelajari bidang ilmu yang menjadi ketertarikan sobat idschool di universitas nantinya. Ambillah jurusan kuliiah berdasarkan passion atau ketertarikan sobat idschool.

 

Cita-Cita

Sobat idschool yang sudah memiliki cita-cita yang jelas pastinya tidak akan kesulitan dalam menentukan jurusan kuliah. Itulah pentingnya sebuah cita-cita. Sobat idschool dapat menghemat waktu untuk memusingkan jurusan kuliah yang sangat beragam. Selanjutnya, sobat idschool hanya perlu untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar bisa masuk jurusan yang akan mewujudkan cita-cita sobat. Buat sobat idschool yang belum mempunyai cita-cita, alangkah baiknya merenung sejenak untuk memikirkan karir apa yang menjadi cita-cita atau keinginan sobat idschool. Hal ini akan membantu sobat idschool dalam menentukan pilihan jurusan kuliah.

 

Lupakan Gengsi

Gengsi bisa menjadi penghambat seseorang dalam meraih sebuah kesuksesan. Termasuk gengsi dalam menentukan jurusan kuliah atau universitas. Misalnya, gengsi terhadap suatu jurusan favorit akan menjadikan dorongan bagi seseorang untuk memilih jurusan tersebut. Karena hanya bermodal gengsi, setelah keterima, malah tidak bisa menjalani perkuliahan dengan baik. Masa depan juga menjadi abu-abu saat kita mengedepankan gengsi untuk memenuhi ego sobat idschool. Memilih jurusan kuliah artinya mempersiapkan masa depan. Jadi, buang jauh-jauh itu gengsi dan abaikan apa pemikiran orang yang tidak mengenal kita dengan baik. Sobat idschool pasti tahu apa yang terbaik untuk diri sobat.

 

Minta Masukan Dari Orangtua atau Seseorang yang Mengenali Kita dengan Baik

Pendapat orangtua bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan jurusan kuliah. Karena orangtua sudah banyak pengalaman dan sudah terlebih mengalami hal ini. Mereka pastinya akan mengarahkan sobat idschool untuk mendapatkan pilihan yang terbaik. Pendapat saudara atau teman yang dapat mengenali kita dengan baik juga tidak kalah penting. Mereka akan membuka wawasan sobat idschool dalam menentukan pilihan sobat idschool.

 

Pertimbangkan Biaya yang Akan Dibutuhkan

Masalah biaya, alangkah baiknya juga bisa menjadi pertimbangan. Kebutuhan kuliah tidak hanya sebatas biaya pendidikan per semester. Tugas kuliah, buku, dan keperluan lain juga membutuhkan cukup banyak biaya. Terlebih untuk sobat idschool yang merantau, biaya bertambah untuk keperluan makan dan sewa kost. Untuk jurusan tertentu, seperti teknik sipil misalnya, membutuhkan biaya ekstra untuk mengerjakan tugas kuliah. Memang, masalah biaya seharusnya menjadi tanggung jawab orangtua. Sayangnya, tidak semua orangtua sobat seberuntung Bill Gates yang mampu mengumpulkan dolar dalam hitungan detik. Sebagai seorang yang sudah dewasa, alangkah baiknya lebih bijak dalam menghadapi ini. Diskusi dengan orangtua dapat menjadi solusi terbaik.

 

Selaraskan Kepribadian dengan Jurusan Kuliah

Kerpibadian mencerminkan sikap dan karakter seseorang. Setiap orang itu unik dengan kepribadiannya masing-masing. Selaraskan kerpibadian dengan jurusan kuliah yang akan diambil. Ketika jurusan kuliah yang diambil sesuai dengan kepribadian, sobat akan mudah membaurkan antara keduanya. Sehingga, sobat idschool akan nyaman dalam menjalani perkuliahan dan prestasi pun akan mengikuti.

 

Peluang Masa Depan

Peluang kerja di masa yang akan datang bisa menjadi alternatif dasar untuk menentukan jurusan kuliah. Misalnya, pertumbuhan dunia digital yang semakin besar dan menjanjikan banyak membutuhkan seorang programmer. Maka, jurusan Teknik Informatika atau Sistem Informasi bisa menjadi dasar pilihan sobat idschool. Karena, nantinya bakal banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga ini. Pentingnya energi yang ramah lingkungan di masa yang akan datang dapat menjadi dasar untuk mengambil teknik kimia bagi mereka dengan tipe pemikir. Pertumbuhan manusia yang pesat dapat menjadi dasar memilih pertanian, karena semua orang membutuhkan makan. Pengelolaan teknologi pertanian yang baik dapat menjawab tantangan untuk mencukupi kebutuhan makan yang baik. Berkembangnya dunia industri kreatif dapat menjadi pertimbangan untuk mengambil DKV bagi mereka yang menyukai seni.

 
Oke sobat idschool, bagaimana sudah punya gambaran mau mengambil jurusan apa untuk kuliah? Jika belum yuk bisa diskusi pada kolom komentar di bawah. Sobat idschool dapat membaca artikel Rekomendasi 10 Universitas Negeri Terbaik Tahun 2017 Menurut Ristekdikti untuk memilih Universitas yang akan menjadi tempat sobat idschool menimba ilmu.