Daftar Peringkat 10 Universitas Negeri Terbaik Versi Kemenristekdikti Tahun 2017

By | October 11, 2017

Demi meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengumumkan peringkat 100 Besar Universitas di Indonesia. Penilaian tersebut didasarkan pada empat komponen yaitu kelembagaan, Sumber Daya Manusia (SDM), kegiatan kemahasiswaan, serta penelitian dan publikasi ilmiah. Penetapan peringkat oleh Kemenristekdikti diumumkan pada tanggal 21 Agustus 2017. Menurut keterangan Menristekdikti, Mohamad Nasir, dari halaman resmi Kemenristekdikti, menerangkan bahwa daftar klasterisasi perguruan tinggi ini merupakan data resmi dari Kemenristekdikti. Daftar peringkat ini dapat digunakan sebagai informasi valid bagi masyarakat. Daftar peringkat 100 Universitas terbaik yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti diisi oleh Universitas Negeri dan Swasata. Sepertinya, pamor Universitas Negeri masih mendominasi Universitas yang berkualitas di Indonesia. Hal ini dapat dilihat bahwa peringkat 10 terbaik Universitas di Indonesia semuanya diisi oleh Universitas Negeri. Berikut Daftar 10 Perguruan Tinggi Terbaik Tahun 2017 Versi Kemenristekdikti:

 

Universitas Gadjah Mada

Perimngkat pertama Perguruan Tinggi Negeri menurut Kemenristekdikti adalah Universitas Gadjah Mada atau yang biasa disingkat UGM. Universitas Gadjah Mada berlokasi di Kota Yogyakarta tepatnya di kawasan Bulaksumur. Sampai dengan tahun 2017 ini, UGM sudah memiliki 18 Fakultas, 1 Sekolah Vokasi, dan 1 Sekolah Pascasarjana. Jumlah program studi yang dimiliki UGM adalah 251 program studi. Seluruh kegiatan Universitas dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas kegiatan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, serta Pengabdian kepada Masyarakat. Sebanyak 56.000 mahasiswa dari dalam dan luar negeri tercatat sedang menjalankan studi di Universitas Gadjah Mada. UGM semakin memantapkan diri sebagai Universitas Terbaik di Indonesia dengan menduduki peringkat dunia pada tahun 2017 di posisi 402, keterangan diperoleh dari halaman resmi UGM. Peringkat tersebut didapat berdasarkan penilain dari Quacquarelly Symonds (QS) World University.

Logo UGM

 

Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan kampus yang kental dengan teknologinya. Banyak engineer hebat berasal dari kampus ITB. Sesuai namanya, ITB berlokasi di Bandung, tepatnya berlokasi di Jalan Ganesha No. 10, Bandung, Jawa Barat. ITB sudah ada sejak tahun 1920. Sekaligus, ITB menjadi universitas tertua di Indonesia yang berorientasi pada teknologi. Meskipun secara nasioal peringkat ITB berada di bawah UGM. Namun, ITB mampu menduduki peringkat dunia lebih tinggi dari UGM. Posisi peringkat dunia ITB adalah 331.

Institut Teknologi Bandung

 

Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor (IPB) berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Kampus utama IPB berada di kawasan Kampus IPB Dramaga Bogor, Jalan Raya Dramaga, Babakan, Dramaga, Bogor, Jawa Barat. IPB memiliki lima kampus yang tersebar di beberapa lokasi yaitu Kampus IPB Dramaga (kantor rektorat dan pusat kegiatan belajar-mengajar S1, S2 dan S3), Kampus IPB Baranang Siang (pusat kegiatan penelitian dan pemberdayaan masyarakat serta pendidikan pascasarjana eksekutif), Kampus IPB Gunung Gede (pusat kegiatan pendidikan manajemen dan bisnis), Kampus IPB Cilibende (pusat kegiatan pendidikan vokasional diploma), dan Kampus IPB Taman Kencana. IPB didirikan pada tanggal 1 September 1963. Konsentrasi universitas IPB adalah bidang agricultural. IPB mampu menembus peringkat dunia pada posisi di bawah 1.000, tepatnya pada rentang 751 – 800.

Logo IPB

 

Universitas Indonesia

Salah satu universitas yang menjadi idaman bagi lulusan SMA adalah Universitas Indonesia (UI). Lokasi UI berada di Jakarta, tepatnya di Jalan Margonda Raya, Beji, Pondok Cina, Kota Depok. UI adalah universitas tertua di Indonesia. Universitas yang terkenal dengan warna almamater kuning ini berdapa pada posisi ke empat pada peringkat nasional menurut Kemenristekdikti Tahun 2017. Meskipun secara nasional berada pada posisi 4, namun UI mampu menembus peringkat dunia pada posisi di bawah 500. Tepatnya berada pada posisi 277, mengalahkan UGM dan ITB. Peringkat dunia pada posisi 277 sekaligus menempatkan UI pada posisi 67 di Asia.


 
Baca Juga: Daftar Peringkat 10 Universitas Swasta Terbaik versi Kemenristekdikti Tahun 2017
 

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Peringkat nasional ke lima ditempati oleh Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Fokus konsentrasi ITS adalah scientific, teknik, dan pendidikan dan penelitian teknologi. Lokasi ITS berada di Kota Surabaya, tepatnya di Jalan Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur. ITS mampu menembus peringkat dunia di bawah 1.000, tepatnya pada rentang 801 – 1000. Meskipun terkenal sebagai universitas yang berfokus pada ilmu pasti dan teknik, tapi ITS mampu mengantarkan mahasiswanya berkiprah di berbagai bidang seperti Tri Rismaharini (Wali Kota Surabaya), Cak Lontong (pelawak), dan lain sebagainya.

Logo ITS

 

Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro (UNDIP) berlokasi di Semarang, persisnya beralamatkan di Jalan Prof.H.Soedarto, S.H.Tembalang, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Peringkat dunia menurut QS World University menetapkan UNDIP pada poisi 801 – 1000. Awal didirikannya (tahun 1956), UNDIP merupakan Perguruan Tinggi Swasta. Pada tahun 1961, UNDIP resmi ditetapkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri. Universitas Diponegoro telah meluluskan lebih dari 166 ribu alumni yang berkiprah di berbagai industri swasta dan pemerintahan. Penulis Buku Travel Nomor Satu di Indonesia, Trinity, adalah salah satu mahasiswa alumni UNDIP. Salah satu alumni UNDIP yang masuk dalam pemerintahan adalah Tufik Kurniawan. Beliau adalah anggota sekaligus Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Periode 2009 – 2014 dan 2014 – 2019.

Logo UNDIP

 

Universitas Airlangga

Universitas Airlanggan (UNAIR) berada di Kota Surabaya, tepatnya beralamat di Jalan Airlangga No. 4 – 6, Airlangga, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur. UNAIR adalah kampus tertua di Jawa Timur dan kampus tertua ke dua di Indonesia. Pada awalnya, UNAIR merupakan Sekolah Kedokteran bernama Nederlandsch Indische Artsen School (NIAS) yang didirikan oleh Belanda (pada masa penjajahan). Selanjutnya, sekolah ini menjadi Universitas Airlangga pada 10 November 1954. UNAIR berhasil menembus peringkat dunia di bawah 1000, yaitu pada rentang 701 – 750. Posisi peringkat dunia yang dimiliki UNAIR mampu mengalahkan peringkat nasional dari universitas dengan posisi di atas nya, seperti IPB, ITS, dan UNDIP.

Logo UNAIR

 

Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya biasa disingkat dengan UNBRA atau UNIBRAW, sedangkan singatan resmi untuk Universitas Brawijaya adalah UB. Lokasi UB berada di Kota Malang. UB didirikan pada tanggal 5 Januari 1963. Sejak tanggal 2 Juni 2007, UB dirancang menuju Entrepreneurial University (EU). Nama dari kampus UB “Brawijaya” sangat kental dengan sejarah Indonesia, terutama sejajrah kerajaan Hindu – Budha yang ada di Indonesia. UB memiliki desain arsitektur yang khas dan unik. Gedung-gedung fakultas di UB dibangun dengan atap berarsitektur rumah adat jawa yaitu joglo. Hal inilah yang menjadi ciri khas UB dibanding dengan kampus lain. UB berhasil masuk peringkat dunia di bawah 1.000, yaitu pada rentang posisi 801 sd 1.000.

Logo UNBRA

 

Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanudin (UNHAS) menjadi satu-satunya universitas di luar Pulau Jawa yang mampu menembus peringkat nasional 10 besar menurut Kemenristekdikti tahun 2017. Pulau Jawa memang menjadi pemain utama pemabangunan di Indonesia pada berbagai sektor, termasuk bidang pendidikan. Tapi, UNHAS mampu menujukkan bahwa pendidikan berkualitas bisa berkembang di Pulau Jawa. Lokasi UNHAS berada di Kota Makassar, tepatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan KM. 10, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. UNHAS diresmikan tanggan 10 September 1956. Sekarang, UNHAS telah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi UNHAS untuk menjalankan penuh statusnya sebagai PTNBH bersama belasan PTN lainnya. Sebelumnya UNHAS telah menguji coba sistem yang sudah diamanahkan Pemerintah tersebut.

Logo UNHAS

 

Universitas Negeri Yogyakarta

Peringkat terakhir dalam 10 besar Universitas terbaik menrut Kemenristekdikti tahun 2017 diduduki oleh Universitas Negeri Yogyakarta atau yang biasa disebut UNY. Lokasi UNY berada di Yogyakarta, tepatnya di kawasan Karangmalang, Jalan Colombo, Yogyakarta. Kampus utama UNY tepat bersebalahan dengan kampus seniornya, yaitu UGM. UNY adalah kampus yang identik dengan kampus pendidikan. Setiap tahun, ribuan calon guru hebat berhasil diluluskan oleh UNY. Meski berhasil menempati sepuluh besar peringkat nasional, namun UNY belum mampu menembus peringkat dunia di bawah 1.000. Peringkat dunia UNY mampu dikalahkan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Meskipun menurut Kemenristekdikti, Universitas Muhammadiyah Surakarta tidak menempati 10 besar peringkat nasional pada tahun 2017, baik dalam kategori 10 Universitas Negeri Terbaik atau 10 Universitas Swasta Terbaik.

Daftar Peringkat 10 Universitas Negeri Terbaik Versi Kemenristekdikti Tahun 2017
 
Baca Juga: Kenali Dua Tipe Ujian Tulis SBMPTN 2018: CBT dan PBT
 
Bagaimana menurut sobat idschool? Semoga bisa membantu sobat untuk menentukan universitas terbaik bagi sobat idschool. Download daftar peringkat 100 Universitas Non Politeknik Terbaik di Indonesia berdasarkan Kemenristekdikti di sini.