Ketentuan Umum, Persyaratan, dan Jadwal SBMPTN 2018

By | September 29, 2017

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang biasa disingkat SBMPTN merupakan proses seleksi yang dilakukan serentak oleh semua Perguruan Tinggi Negeri. Proses SBMPTN menggunakan ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian tertulis (ditambah ujian keterampilan bagi pendaftar program studi Ilmu Seni dan Keolahragaan). Pada tahun 2018, ujian tertulis terdiri dari Paper-Based Testing (PBT) dan Computer-Based Testing (CBT). Peserta SBMPTN adalah siswa lulusan tahun 2016, 2017, dan 2018 dari SMA/MA/SMK/Sederajat (termasuk lulusan Paket C tahun 2016, 2017, dan 2018). Soal-soal pada ujian tertulis dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa pada suatu program studi. Soal-soal yang diberikan meliputi kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking) yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek), dan/atau bidang sosial dan humaniora (soshum).

SBMPTN 2018
 

Ketentuan Umum

Ketentuan umum SBMPTN 2018 adalah sebagai berikut:

  1.   SBMPTN 2018 merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau menggunakan komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

 

Persyaratan SBMPTN 2018

Simak persyaratan SBMPTN 2018 di bawah dengan baik.

  1.   Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2016 dan 2017 harus memiliki ijazah.
  2.   Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2018 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah atau Ijasah Paket C. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  3.   Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

 

Prosedur Pendaftaran SBMPTN 2018

Prosedur pendaftaran SMBPTN 2018:

  1.   Pendaftaran SBMPTN 2018 dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada halaman berikut.
  2.   Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari halaman berikut (updated soon).

 

Jenis Ujian

Ada dua jenis ujian dalam proses seleksi SBMPTN 2018, yaitu Ujian Tertulis dan Ujian Keterampilan. Ujian tertulis diikuti oleh seluruh peserta pendaftar SBMPTN 2018. Sedangkan Ujian Keterampilan hanya diikuti oleh peserta pendaftar SBMPTN 2018 yang mengambil program studi bidang seni dan keolahragaan.

Jenis-jenis ujian pada proses seleksi SBMPTN 2018:

  1. Ujian Tertulis
    •   Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) terdiri atas mata uji Potensi Akademik, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
    •   Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
    •   Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
  2.   Ujian Keterampilan
      Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan. Info selengkapnya dapat dilihat di halaman berikut.

 

Kelompok Program Studi

Untuk memilih jenis ujian tertulis yang akan diikuti pada proses seleksi SBMPTN 2018 didasarkan pada program studi yang akan diambil di universitas yang bersangkutan. Adapun kriterianya dapat dilihat seperti berikut.

  1.   Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum.
  2.   Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan yang telah ada.
  3.   Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.
  4.   Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
  5.   Jika program studi yang dipilih terdiri dari kelompok Saintek dan Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Campuran.

 

Pilihan Program Studi

Pilihan program studi dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) juga didasarkan pada wilayah pendaftaran tempat peserta mengikuti ujian. Simak kriteria di bawah dengan baik.

  1.   Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN manapun.
  2.   Peserta ujian yang memilih 2 (dua) atau 3 (tiga) program studi, salah satu program studi pilihannya harus di PTN yang berada dalam satu wilayah pendaftaran dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan Program Studi yang lain dapat di PTN yang berada di luar wilayah pendaftaran tempat peserta mengikuti ujian.
  3.   Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  4.   Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung per PTN tahun 2017, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2018 dapat dilihat di halaman berikut.

 

Jadwal SBMPTN 2018

Belum ada pengumuman resmi dari panitia penyelenggara SBMPTN 2018. Namun, perkiraan jadwal SBMPTN dapat dilihat pada daftar berikut.

  1. Pendaftaran (2 April – 26 April 2018)
  2. Ujian PBT dan CBT (4 Mei 2018)
  3. Pengumuman: 1 Juni 2018

 
Bagaimana? Sudah jelas penjelasan tentang Ketentuan Umum, Persyaratan, dan Jadwal SBMPTN 2018. Semoga berhasil masuk di program studi dan Universitas yang diharapkan.