Proses Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri Tahun 2018

By | September 29, 2017

Hallo sobat idschool, kali ini idschool akan menjelaskan mengenai seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2018. Ada beberapa cara seleksi yang dapat digunakan untuk mendapatkan jatah kursi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Cara seleksi tesebut adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri. Proses seleksi SNMPTN dan SBMPTN diikuti oleh semua perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia dan dilakukan serentak dari sabang sampai merauke. Khusus untuk Seleksi Mandiri dilakukan oleh masing-masing Universitas Negeri yang bersangkutan, misalnya Universitas Indonesia dengan Seleksi Masuk UI (SIMAK UI) dan Universitas Gajah Mada dengan Ujian Tulus UGM (UTUL UGM).

Sayangnya, tidak semua universitas negeri membuka proses seleksi untuk Seleksi Mandiri. Salah satunya adalah universitas negeri terbaik yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB). Proses seleksi penerimaan mahasiswa di ITB hanya melalui dua cara yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Tapi jangan kahawatir, beberapa universitas negeri top lainnya seperti UI, UGM, dan ITS membuka seleksi mandiri dalam proses penerimaan mahasiswa baru mereka. Simak lebih jauh tentang proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2018 di bawah.

 
SNMPTN 2018
 

SNMPTN 2018

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menjadi kesempatan paling awal bagi sobat idschool untuk mendapatkan jatah kursi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Proses seleksi melalui SNMPTN hanya dapat diikuti oleh sobat idschool yang masih duduk di bangku SMA karena seleksinya menggunakan nilai Raport. Jalur masuk SNMPTN disebut juga dengan jalur undangan karena hanya siswa-siswi yang mendapat undangan yang berhak mendaftar melalui jalur ini. Pengumuman resmi dan proses pendaftaran dapat dilihat melalui halaman resmi SNMPTN 2018. Atau simak mengenai ketentuan umum, persyaratan, dan jadwal SNMPTN 2018 pada halaman berikut.

 
SBMPTN 2018
 

SBMPTN 2018

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang biasa disingkat SBMPTN merupakan proses seleksi yang dilakukan serentak oleh semua Perguruan Tinggi Negeri. Proses SBMPTN menggunakan ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian tertulis (ditambah ujian keterampilan bagi pendaftar program studi Ilmu Seni dan Keolahragaan). Pada tahun 2018, ujian tertulis terdiri dari Paper-Based Testing (PBT) dan Computer-Based Testing (CBT). Peserta SBMPTN adalah siswa lulusan tahun 2016, 2017, dan 2018 dari SMA/MA/SMK/Sederajat (termasuk lulusan Paket C tahun 2016, 2017, dan 2018). Soal-soal pada ujian tertulis dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi. Soal-soal yang diberikan adalah soal dengan tipe kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking) yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek), dan/atau bidang sosial dan humaniora (soshum). Pengumuman resmi dan proses pendaftaran dapat dilihat melalui halaman resmi SBMPTN 2018. Atau simak mengenai ketentuan umum, persyaratan, dan jadwal SNMPTN 2018 pada halaman berikut.

Seleksi Mandiri

Masih belum berhasil masuk PTN melalui SNMPTN atau SBMPTN? Tenang, masih ada seleksi mandiri. Tapi, kali ini sebaiknya kamu persiapkan diri dengan usaha terbaikmu. Karena, Seleksi Mandiri bisa menjadi kemungkinan atau harapan terakhir bagi sobat idschool untuk bisa masuk PTN tahun 2018 ini. Dua PTN favorit yang membuka seleksi mandiri adalah UI dengan SIMAK UI dan UGM dengan UTUL UGM. Seleksi Masuk UI atau yang biasa disingkant dengan SIMAK UI adalah seleksi melalui ujian tertulis untuk bisa diterima menjadi salah satu mahasiswa UI. Sobat idschool dapat memilih pilihan program studi dari semua program studi yang tersedia di UI. Seperti halnya SIMAK UI, Ujian Tulis UGM (UTUL UGM) merupakan seleksi melalui ujian tulis yang diselenggarakan oleh panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UGM.

Alternatif lain selanjutnya untuk melanjutkan pendidikan di tahun 2018 ini bisa di universitas swasta. Meskipun begitu, admin selalu mendo’akan yang terbaik untuk sobat idschool dan semoga bisa keterima di program dan yang diinginkan.

Bagaimana? Sobat idschool sudah jelas mengenai seleksi masuk perguruan tinggi tahun 2018, bukan? Percayalah! Usaha Keras tidak akan menghianati. Jika belum paham mengenai Proses Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2018 (SBMPTN 2018) bisa diskusi pada kolom komentar di bawah yuk!