Elektroskop: Bagian, Fungsi, dan Cara Kerja

By | August 11, 2017

Uraian materi yang akan diberikan di sini adalah tentang elektroskop yang meliputi bagian elektroskop, fungsi elektroskop, dan cara kerja elektroskop. Ulasan materi akan diawali dengan pengertian elektroskop? Sobat idschool sudah tahu apa yang dimaksud elektroskop? Jika belum, sobat idschool sudah berada di halaman yang tepat.

 

Fungsi Elektroskop

Elektroskop adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengetahui jenis muatan suatu benda. Sehingga, fungsi elektroskop adalah mengetahui jenis muatan suatu benda. Meskipun demikian, untuk menentukan jenis muatan suatu benda tidak semudah itu. Agar dapat menentukan jenis muatan benda, harus dilakukan pemisahan muatan dengan cara konduksi, sehingga elektroskop menjadi bermuatan.

Selanjutnya, elektrokop tersebut bisa digunakan untuk menentukan jenis muatan suatu benda. Hal ini dapat sobat idschool pelajari pada pembahasan cara kerja elektroskop yang akan diberikan di bawah. Namun, sebelumnya mari simak bagian-bagian elektroskop terlebih dahulu.

 

Bagian Elektroskop

Elektroskop terdiri dari dua bagian penting yaitu bola logam dan daun-daun elektroskop. Bagian elektroskop terdiri dari tabung kaca, dua buah daun elektroskop, insulator, dan bola logam. Daun-daun elektroskop diletakkan di dalam tabung kaca dan terhubung dengan bola logam yang berada di luar tabung kaca. Pengubung antara daun-daun elektrokop dan bola logam adalah sebuah konduktor.

Gambar di bawah merupakan gambar elektroskop yang dilengkapi dengan keterangan bagian elektroskop.

 
gambar elektroskop
 

Pada kondisi netral, jumlah muatan positif pada elektroskop sama dengan muatan negatifnya. Cara kerja sebuah elektroskop dibagi menjadi dua cara yaitu induksi dan konduksi. Masih pingin tahu lebih lanjut lagi? Mari simak lanjut materi mengenai cara kerja elektroskop pada lanjutan materi yang akan diberikan di bawah.

 
 

Cara Kerja Elektroskop

Seperti penjelasan yang telas disinggung sediki di awal, bahwa cara kerja elektroskop dibedakan menjadi dua yaitu induksi dan konduksi. Di sini, sobat idshool dapat mempelajari lebih lanjut tetang cara kerja elektroskop.

 
Memberi Muatan Elektroskop Dengan Induksi

Cara memberi muatan litrik pada elektroskop dengan induksi dilakukan pada sebuah elektroskop netral. Elektroskop netral yang didekati oleh benda bermuatan negatif akan menarik muatan positif dari daun ke bola logam yang terletak di atas.

Muatan negatif pada bola logam akan tolak-menolak dengan muatan benda yang didekati dan menuju daun-daun elektroskop. Sehingga kedua daun elektroskop memiliki kelebihan elektron (bermuatan negatif) dan saling menjauh karena sama-sama bermuatan negatif.

Semakin besar muatannya, semakin jauh jarak antar kedua daun kaki elektroskop. Kondisi serupa juga akan terjadi saat benda bermuatan positif diinduksi pada elektroskop.

Cara kerja elektroskop secara induksi tidak dapat digunakan untuk menentukan jenis muatan suatu benda. Untuk menentukan muatan suatu benda dapat dilakukan dengan cara konduksi.

    Proses cara kerja elektroskop dapat dilihat pada proses di bawah.

  1. Elektroskop Netral didekati benda bermuatan negatif
     
    cara kerja elektroskop
  2.  

  3. Elektroskop Netral didekati benda bermuatan positif
     
    fungsi elektroskop

Selanjutnya, sobat akan dijelaskan tentang cara kerja elektroskop secara konduksi.
 
 
Memberi Muatan Elektroskop Dengan Konduksi

Cara kerja elektroskop secara konduksi dilakukan pada elektroskop yang tidak netral. Dengan kata lain, bola logam dan daun-daun elektroskop memiliki suatu jenis muatan.

Muatan pada bola logam tersebut diperoleh dengan cara konduksi oleh konduktor logam.

Ilustrai cara kerja elektroskop secara konduksi dapat digambarkan pada sebuah kasus. Misalkan kondisi awal bola logam dan elektroskop memiliki muatan negatif adatu positif yang didekati benda bermuatan. Untuk lebih jelasnya perhatikan uraian di bawah.

    Sebuah elektroskop dikonduksi sehingga bermuatan negatif. Kondisi yang dapat terjadi saat benda bermuatan didekatkan pada bola logam adalah sebagai berikut.

  1. Jika benda bermuatan negatif didekatkan pada logam: elektron akan turun menuju daun kaki sehingga kedua daun kaki akan semakin saling menjauh.
  2. Jika benda bermuatan positif didekatkan pada bola logam: elektron akan tertarik dari daun kaki menuju bola logam sehingga kedua daun elektroskop akan saling mendekat.
  3. Begitu juga untuk kondisi sebaliknya.

 

Bagaiamna? Mudah bukan? Lihat juga penjelasan cara kerja elektrokop pada gambar di bawah untuk menambah pemahaman sobat idschool.

  1. Elektroskop Awal Bermuatan Negatif
     
    cara kerja elektroskop   fungsi elektroskop   cara kerja elektroskop
  2.  

  3. Elektroskop Awal Bermuatan Positif
     
    Elektroskop Konduksi Positif   Elektroskop Konduksi Positif   Elektroskop Konduksi Positif

 

Sekian pembahasan mengenai elektroskop, bagian elektroskop, fungsi elektroskop, cara kerja elektroskop. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

 
Baca Juga: Muatan Listrik Statis dan Cara Memberi Muatan pada Listrik Statis