10 Ciri-ciri Makhluk Hidup

By | February 19, 2018

Ruang lingkup pembahasan makhluk hidup mencaku manusia, hewan, dan tumbuhan. Seperti yang sobat idschool ketahui bahwa makhluk dibedakan menjadi dua, yaitu makhluk hidup dan makhluk tak hidup. Setiap makhluk hidup pasti memenuhi ciri-ciri yang menggolongkan makhluk tersebut ke dalam jenis makhluk hidup. Melalui halaman ini, akan dibahas 10 ciri-ciri makhluk hidup yang pasti dipenuhi oleh setiap makhluk hidup.

Secara ringkas, ciri-ciri makhluk hidup dapat dilihat pada gambar di bawah.

ciri-ciri makhluk hidup

Simak penjelasan lebih lanjut untuk masing-masing ciri makhluk hidup yang telah disampaikan secara ringkas pada daftar di atas.

 

Bernafas

Ciri-ciri makhluk hidup yang pertama adalah bernafas. Seacar otomatis, setiap makhluk hidup pasti akan bernafas. Pada manusia dan hewan, bernafas adalah kegiatan menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Lain halnya dengan tumbuhan, proses bernafas pada tumbuhan berkebalikan dengan proses bernafas pada manusia dan hewan. Tumbuhan menghirup karbondioksida dan mengeluarkan oksigen. Karbondioksida dihirup oleh tumbuhan melalui stomata (mulut daun) dan lentisel (lubang-lubang pada batang tumbuhan) kemudian digunakan dalam proses fotosintesis. Salah satu hasil fotosintesis adalah oksigen. Hal inilah yang membuat sobat idschool merasa sejuk jika berada di bawah pohon.

bernafas

 

Bergerak

Selanjutnya, ciri makhluk hidup yang ke dua adalah bergerak. Manusia dan hewan dapat bergerak menggunakan alat gerak yang dimilikinya. Manusia dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain menggunakan kaki mereka. Sedangkan cara bergerak hewan beraneka ragam, ada hewan yang bergerak menggunakan kaki, sirip, tubuh, sayap, dan lain sebagainya. Contoh hewan yang bergerak denggan kaki adalah itik, sapi, kambing, dan lain sebagainya. Sedangkan hewan yang bergerak dengan sirip adalah ikan. Kelompok hewan yang menggunakan tubuh mereka untuk bergerak disebut hewan melata, seperti ulat dan ular. Burung menggunakan sayapnya untuk terbang, bergerak dari satu tempat ke tempat lain.

Lalu bagaimana dengan tumbuhan? Tumbuhan pun ternyata juga melakukan aktifitas bergerak. Gerak pada tumbuhan dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya pengaruh air, cahaya matahari, zat kimia, dan lain sebagainya.

bergerak

 

Membutuhkan Makan

Semua makhluk hidup pasti membutuhkan makan. Makanan yang dikonsumsi akan menjadi sumber energi bagi makhluk hidup untuk melakukan berbagagi aktifitas sehari-hari. Berdasarkan cara mendapat makanan, makhluk hidup dibagi menjadi 2 macam, yaitu autotrof dan heterotrof.

Jenis makhluk hidup autotrof dapat menghasilkan makanan sendiri. Kelompok jenis makhluk hidup yang termasuk dalam autotrof hanya tumbuhan hijau. Tumbuhan mampu menghasilkan makanan sendiri melalui kegiatan fotosintesis.

Sedangkan jenis makhluk hidup heterotrof tidak dapat menghasilkan makanan sendiri. Kelompok jenis makhluk hdiup yang termasuk dalam heterotrof adalah manusia dan hewan.

membutuhkan makan

 

Tumbuh dan Berkembang

Semua makhluk hidup, baik manusia, hewan, atau tumbuhan, pasti mengalami tumbuh dan berkembang. Proses tumbuh manusia berawal dari bayi dalam kandungan yang berkembang menjadi dewasa, hingga pada akhirnya akan menjadi tua. Proses tumbuh dan berkembang pada hewan hampir sama dengan proses tumbuh dan berkembang pada manusia. Sedangkan proses tumbuh pada tumbuhan berawal dari bibit sampai tumbuh menjadi pohon besar yang mampu menghasilkan makanan untuk makhluk hidup jenis lain seperti manusia dan hewan.

tumbuh dan berkembang

 

Berkembang Biak (Reproduksi)

Ciri makhluk hidup berikutnya adalah berkembang biak. Proses manusia berkembang biak diawali dengan bertemunya sperma dan ovum, dari sanalah bakal individu baru akan terbentuk di dalam rahim. Sedangkan cara reproduksi hewan dibeddakan menjadi tiga, yaitu ovipar, vivipar, dan ovovivipar. Pada tumbuhan, cara berkembang biak juga dapat terjadi melalui berabagi cara, seperti geragih, stolon, stek, dan lain sebagainya.

berkembang biak

 

Iritabilitas (Peka Terhadap Rangsang)

Manusia mempunyai kulis sebagai indra peraba. Kulit merupakan bagian tubuh manusia yang peka terhadap rangsang. Rangsang tersebut dapat berupa panas, dingin, atau tekanan. Cara hewan peka terhadap rangsang hampir sama dengan manusia. Bahkan, ada beberapa jenis hewan yang lebih peka terhadap rangsang tertentu. Misalnya kelelawar yang peka terhadap rangsang getaran berupa pantulan bunyi, kemampuan kelelawar ini sering disebut ekolokasi. Sedangkan tumbuhan juga peka terhadap rangsang, bisa berupa rangsang cahaya seperti pada bunga pukul 4 (Mirabilis jalapa), atau rangsang sentuhan seperti pada putri malu.

peka terhadap rangsang

 

Memiliki Metabolisme Tubuh

Metabolisme adalah proses kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Proses metabolisme berlangsung di dalam sel tubuh, kegiatannya berupa transformasi energi berupa bahan makanan seperti glukosa, asam amino, dan asam lemak menjadi sumber energi (ATP) untuk melakukan berbagai aktifitas sehari-hari.

Metabolisme dibagi menjadi dua, yaitu anabolisme dan katabolisme.

Anabolisme merupakan proses metabolisme yang merubah beberapa senyawa organik sederhana menjadi senyawa kompleks. Contoh proses metabolisme dapat dilihat pada proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.

Katabolisme adalah proses penguraian senyawa kimia kompleks, contohnya adalah penguraian zat gula menjadi air dan CO_{2 }.

Selain itu, metabolisme juga mencakup ekskresi, sekresi, dan defekasi. Ekskresi adalah proses pengeluaran zat sisa metabolisme baik berupa zat cair atau gas yang sudah tidak bermanfaat bagi tubuh, misalnya keringat. Sekresi adalah proses pengeluaran zat oleh kelenjar yang masih digunakan didalam tubuh, contohnya adalah zat berupa enzim dan hormon. Sedangkan defekasi adalah proses pengeluaran sisa pencernaan melalui anus.

metabolisme

 

Memiliki Kemampuan Beradaptasi

Adaptasi merupakan cara yang dilakukan makhluk hidup untuk menyusuaikan diri terhadap lingkungan. Adaptasi makhluk hidup dibedakan menjadi 3, yaitu adaptasi morfologi, fisiologi, dan tingkah laku.

Pengertian adaptasi morfologi adalah kemampuan menyesuaikan diri terhadap bagian tubuh yang disesuaikan dengan kebutuhan hidupnya. Contohnya adalah burung yang memiliki paruh sesuai dengan jenis makanannya.

Adaptasi fisiologi adalah kemampuan menyesuaikan diri terhadap perbedaan fungsi dari bagian-bagian tubuh yang dipengaruhi oleh lingkungan. Contohnya kulit manusia di daerah tropis cenderung lebih berminyak dibanding kulit manusia di daerah dingin.

Adaptasi tingkah laku adalah kemampuan menyesuaikan tingkah laku terhadap lingkungan.

adaptasi

 

Regulasi

Regulasi dapat diartikan sebagai kemampuan makhluk hidup untuk melakukan keserasian dalam tubuh. Keserasian menyesuaikan kemampuan diatur oleh syaraf dan hormon. Misalnya, banyaknya konsumsi gula akan membuat tubug menghasilkan hormon insulin sesuai yang dibutuhkan pada seseorang dengan kemampuan regulasi tubuh yang normal. Contoh lainnya adalah seseorang yang mengalami luka akan secara otomatis membentuk benang fibrin untuk menutup luka di tubuh.

regulasi

 

Membutuhkan Suhu pada Rentang Tertentu

Ciri-ciri makhluk hidup yang ke sepuluh adalah membutuhkan suhu pada rentang tertentu. Pada lapisan kerak bumi yang sangat panas, tidak ditemukan makhluk hidup. Dasar lautan yang sangat dingin juga tidak ditemukan jenis makhluk hidup. Baik di kerak bumi yang sangat panas atau di dasar laut yang sangat dingin memiliki suhu di luar rentang suhu agar makhluk hidup bisa tinggal. Makhluk hidup tumbuh dan berkembang ditempat yang memiliki suhu sesuai. Daerah kutub memiliki suhu yang sangat dingin, namun masih terdapat makhluk hidup yang tinggal di sana. Hal ini dikarenan suhu di kutub masih sesuai dengan rentang suhu yang dibutuhkan suatu makhluk hidup untuk hidup.

ciri-ciri makhluk hidup

Sekian pembahasan mengenai ciri-ciri makhluk hidup yang meliputi bernafas, bergerak, membutuhkan makan, tumbuh dan berkembang, berkembang biak, iritabilitas, memiliki metabolisme tubuh, memiliki kemampuan beradaptasi, regulasi, dan membutuhkan suhu pada rentang tertentu. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Interaksi Makhluk Hidup