Contoh Hukum Pascal dalam Kehidupan Sehari-hari

By | September 2, 2017

Hukum Pascal menjadi salah satu penemuan terpenting pada bidang fisika. Contoh hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari banyak ditemukan dalam dunia industri. Pemanfaatan hukum Pascal dalam kehidupan sehari-hari banyak di dunia industri tidak lepas dari tujuan utama penggunaan hukum pascal. Tujuan utama dari penggunaan hukum Pascal adalah untuk meringankan dan memudahkan pekerjaan manusia.

Hukum Pascal dinyatakan oleh Blaise Pascal, seorang filsuf sekaligus ilmuwan Prancis. Hukum pascal hanya berlaku pada fluida, umumnya fluida cair, walaupun sebagian ada yang menggunakan udara/gas. Hukum Pascal menerangkan bahwa setiap kenaikan tekanan pada permukaan fluida akan diteruskan ke segala arah pada fluida tersebut.

Pembahasan kali ini memuat materi tentang hukum pascal. Uraian materinya meliputi bunyi hukum pascal, rumus hukum pascal, dan contoh hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari. Pada bagian akhir juga dilengkapi dengan pembahasan contoh soal hukum pascal yang telah dilengkapi dengan pembahasannya.

 
Baca Juga: Rumus pada Bejana Berhubungan
 
 

Hukum Pascal

Prisip dari Hukum Pascal adalah menciptakan daya yang besar dengan usaha yang sekecil mungkin. Oleh sebab itu, konsep dari hukum pascal banyak digunakan dalam berbagai industri, terutama dalam industri yang memerlukan daya yang besar. Dasar kerja hukum pascal memanfaatkan tekanan zat cair yang menekan ke segala arah. Zat cair dalam sebuah wadah yang diberi tekanan akan meneruskan tekanan yang sama besar ke segala arah. Penerapan hukum pascal banyak ditemukan pada pembuatan berbagai jenis mesin hidrolik.

 
Bunyi Hukum Pascal
Tekanan yang diberikan kepada zat cair yang ada di dalam ruangan tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan sama besar.
 
Contoh Hukum Pascal dalam Kehidupan Sehari-hari
 
Rumus pada Hukum Pascal
Rumus hukum pascal dinyatakan dalam persamaan di bawah.

    \[ P_{1} = P_{2} \]

    \[ \frac{F_{1}}{A_{1}} = \frac{F_{2}}{A_{2}} \]

 
Keterangan:
      F_{1} = gaya pada penampang 1 (N)
      F_{2} = gaya pada penampang 2 (N)
      A_{1} = luas penampang 1 (m^{2})
      A_{2} = luas penampang 2 (m^{2})
 
 

Penerapan Hukum Pascal

Sebelumnya, sudah disinggung sedikit mengenai penerapan hukum pascal yang dimanfaatkan untuk pembuatan berbagai mesin hidrolik. Mesin hidrolik merupakan mesin yang banyak digunakan untuk berbagai kegiatan industri, terutama industri yang membutuhkan tenaga besar untuk mengangkat benda. Contoh alat yang menggunakan prinsip hukum pascal adalah dongkrak hidrolik, rem hidrolik, pompa hidrolik, dan kempa hidrolik.

Perhatikan uraian lebih lanjutnya pada pembahasan di bawah.
 

  1. Dongkrak Hidrolik
    Dongkrak hidrolik merupakan sebuah alat yang diciptakan untuk memudahkan dan meringankan pekerjaan manusia. Alat ini dibuat dengan menerapakan hukum Pascal.
     
    Dongkrak hidrolik terdiri atas dua tabung dengan ukuran yang berbeda. Masing-masing tabung diisi oleh air dan ditutup rapat di setiap permukaannya. Salah satu bagian penting dari dongkrak hidrolik adalah piston. Piston mampu menghasilkan daya yang besar walaupun tenaga yang dibutuhkan untuk mengoperasikan alatnya relatif kecil.
     
    Bengkel mobil biasanya menggunakan dongkrak hidrolik untuk mengangkat mobil ke atas, sehingga mekaniknya lebih mudah untuk melihat mesin bagian bawah atau untuk mengganti ban mobil.
     
    Dongkrak Hidrolik
     
  2.  

  3. Rem Hidrolik
    Rem hidrolik biasa disebut sebagai rem cakram karena alat ini menggunakan media cakram besi untuk mengerem. Rem ini memiliki pipa hidrolik yang diisi dengan minyak rem untuk membantu melakukan pengereman.
     
    Di setiap ujung pipa ini terdapat dua piston, yakni piston pedal dan juga piston cakram. Piston pedal adalah piston yang dekat dengan pedal rem sedangkan piston cakram adalah piston yang bekerja untuk menghentikan laju cakram sehingga pengereman dapat dilakukan.
     
    Rem Hidrolik
     
  4.  

  5. Pompa Hidrolik
    Prinsip kerja pompa hidrolik juga menggunakan hukum pascal. Tujuan dari mesin pompa hidrolik digunakan untuk memudahkan manusia untuk mengangkat beban yang berat dengan tenaga yang kecil.
     
    Pompa Hidrolik
     
  6. Kempa Hidrolik
    Kempa hidrolik merupakan contoh lain dari alat yang menggunakan hukum pascal. Kempa hidrolik dapat digunakan untuk menumbuk biji-bijian yang akan diambil minyaknya. Kempa hidrolik biasanya juga digunakan untuk mencetak plat logam menjadi peralatan memasak seperti panci, piring, dan lain sebagainya.
     
    kempa hidrolik
     
  7.  
    Baca Juga: Hukum Archimedes dan Kedudukan Benda Pada Zat Cair
     
     

    Contoh Soal dan Pembahasan

    Contoh Soal Hukum Pascal
    Mobil yang beratnya 5.000 N diletakkan di atas piston besar yang mempunyai luas 250 cm^{2}. Berapa gaya minimal yang harus diberikan pada piston kecil yang memiliki luas 5 cm^{2} agar mobil dapat terangkat?
    A.       1.000 N
    B.       800 N
    C.       600 N
    D.       500 N
     
    Pembahasan:
    Perhatikan ilustrasi gambar di bawah!
     
    Contoh Soal Hukum Pascal
     

        \[ \frac{F_{1}}{A_{1}} = \frac{F_{2}}{A_{2}} \]

        \[ F_{1} = \frac{F_{2}}{A_{2}} \times A_{1} \]

        \[ F_{1} = \frac{5.000}{250} \times 5 \]

        \[ F_{1} = 1.000 \; N \]

     
    Jawaban: A
     
    Sekian pembahasan mengenai contoh hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!