Kaidah Tangan Kanan

By | January 23, 2018

Selain untuk melakukan berbagai aktifitas sehari-hari, tangan kanan juga memiliki peranan penting dalam pelajaran fisika. Salah satu fungsi tangan kanan dalam bidang fisika adalah untuk menentukan kutub magnet atau yang sering disebut dengan kaidah tangan kanan menentukan kutub magnet. Selain itu, terdapat juga kaidah tangan kanan gaya lorentz, artinya kaidah tangan kanan untuk menentukan gaya lorentz.

Ulasan materi yang akan dibahas pada halaman ini adalah kaidah tangan kanan untuk 3 pembahasan. Pertama adalah kaidah tangan kanan untuk menentukan kutub magnet pada kawat lurus dan kawat melingkar.

Pembahasan ke dua akan diulas tentang kaidah tangan untuk menentukan gaya lorentz. Simak pembahasannya sampai akir, ulasan materi pertama yang akan dibahas adalah kaidah tangan kanan untuk menentukan kutub magnet. Simak penjabaran materinya di bawah.

 
 

Kaidah Tangan Kanan untuk Menentukan Medan Magnet

Penggunaan kaidah tangan kanan untuk menentukan medan magnet digunakan pada kawat lurus bermuatan arus listrik. Ibu jari mengikuti arus listrik yang mengalir pada kawat lurus tersebut. Sedangkan keempat jari lainnya menujukkan arah medan magnet. Lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah.

Kaidah tangan kanan medan maget pada kawat lurus

 
 

Kaidah Tangan Kanan untuk Menentukan Kutub Magnet

Jika pada pembahasan sebelumnya sobat idschool telah mempelajari kaidah tangan kanan untuk menentukan medan magnet pada kawat lurus bermuatan arus listrik. Sekarang, sobat idschool akan mempelajari kaidah tangan kanan untuk menentukan kutub magnet. Kaidah tangan kanan kanan ini dipakai pada kawat melingkar bermuatan arus listrik.

Cara menentukan kutub magnet dengan kaidah tangan kanan ini dilakukan dengan menggunakan tangan kanan yang seolah-olah tangan mengikuti kumparan. Arah empat jadi mengikuti arus listrik yang mengalir pada kawat melingkar. Posisi ibu jari mengikuti, ibu jari selalu menunjuk kutub utara. Simak lebih jelasnya pada cara dan gambar di bawah.

    Posisi tangan pada kaidah tangan kanan untuk menentukan kutub magnet:

  1. Posisikan empat jari mengikuti arus listrik yang mengali pada kawat melingkar.
  2. Ibu jari akan selalu menunjukkan arah utara.

Sehingga, posisi tangan yang memegang kumparan dapat dilihat seperti gambar di bawah.
 
kaidah tangan kanan untuk menentukan kutub magnet
 
Biasanya, kaidah tangan kanan ini berguna untuk menentukan kutub magnet pada pembuatan magnet sederhana dengan cara elektromagnet.

 
Selanjutnya, akan dibahas kaidah tangan kanan gaya lorentz.

 
 

Kaidah Tangan Kanan Gaya Lorentz

Masih mengenai kaidah tangan, ulasan yang akan dibahas di sini adalah kaidah tangan kanan untuk menentukan gaya lorentz. Kaidah tangan kanan gaya lorentz menujukkan 3 arah komponen yaitu medan magnet (B), arus listrik (I), dan gaya lorenzt (F). Posisi tangan dan arah yang ditunjuk pada pemanfaatan kaidah tangan kanan untuk menentukan gaya lorentz dapat dilihat pada gambar di bawah.

Kaidah tangan kanan gaya lorentz

    Berdasarkan gambar di atas, arah yang perlu diperhatikan adalah

  1. Arah arus (I) ditunjukkan oleh ibu jari.
  2. Medan magnet (B) ditunjukkan oleh empat jari (jari teulnjuk, tengah, manis, dan kelingking).
  3. Arah yang tegak lurusantara telapak tangan dan empat jari menujukkan Gaya lorentz (F).

 
Sekian pembahasan mengenai kaidah tangan kanan untuk menentukan kutub magnet. Terimakasih telah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

 
Baca Juga: Magnet dan Cara Membuat Magnet