Perbedaan Otot Polos, Lurik, dan Jantung

By | May 15, 2018

Perbedaan Otot Polos, Lurik, dan Jantung – Otot berperan sebagai alat gerak aktif. Fungsi dari otot tergantung jenis otot yang terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu otot polos, lurik, dan jantung. Melalui halaman ini, sobat idschool dapat mempelajari perbedaan otot polos, lurik, dan jantung.

Gerakan untuk melakukan aktifitas sehari-hari sangat bergantung pada kemampuan otot dalam melakukan tindakan. Otot lurik menempel pada rangka/tulang sehingga memungkinkan seseorang melakukan gerakan seperti berjalan, berlari, dan lain sebagainya. Pada organ pencernaan, misalnya lambung, terdapat jenis otot polos. Otot polos bekerja secara tidak sadar, hal ini memungkikan tubuh mencerna makanan walaupun sobat idschool sedang tertidur. Sedangkan pada dinding jantung terdapat otot jantug yang juga bekerja secara tidak sadar. Sehingga memungkinkan jantung dapat selalu berdetak untuk memompa darah.

cara kerja otot bisep dan trisep

Cara kerja otot dibedakan menjadi dua, yaitu antagonis dan sinergis. Contoh yang paling sering diberikan untuk cara kerja otot antagonis adalah otot pada lengan, yaitu otot bisep dan trisep. Otot bisep terletak pada lengan atas bagian depan. Sedangkan otot trisep berada pada lengan atas bagian belakang. Mekanisme kerja kedua otot ini saling bertentangan (antagonis). Jika otot bisep berkontraksi, maka otot trisep akan relaksasi, sehingga lengan bawah terangkat. Sebaliknya, jika otot trisep berkontraksi maka oto bisep akan relaksasi, sehingga lengan bawah turun atau lurus kembali.

Contoh otot yang bekerja secara sinergis terdapat pada otot pronator teres dan pronator kuadratus pada telapak tangan. Jika otot pronator teres berkontraksi maka otot pronator kuadratus juga akan berkontraksi, begitupun sebaliknya.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang perbedaan otot polos lurik jantung, akan diulas terlebih dahulu karakteristik masing-masing jenis otot beserta gambarnya. Untuk ulasan pertama yang akan dibahas adalah gambar dan ciri-ciri otot polos, simak lebih lengkapnya pada pembahasan di bawah.

 

Gambar dan Ciri-Ciri Otot Polos

Bentuk otot polos berupa gelondong, menggelembung pada bagian tengah dan meruncing pada bagian ujung. Jumlah inti pada otot polos adalah 1 (satu) dan terletak di bagian tengah. Otot polos memiliki warna polos, tidak memiliki lurik. Cara kerja otot polos adalah secara tidak sadar, sehingga memungkinkan gerakan tanpa keinginan seseorang. Biasanya, letak otot polos terdapat pada dinding usus, pembuluh darah, saluran kemih, dan lain sebagainya. Pada organ pencernaan juga terdapat otot polos. Sehingga, tubuh seseorang dapat mencerna makanan tanpa dia sadari.

Gambar dan Ciri-Ciri otot polos dapat dilihat seperti berikut.

kriteria otot polos

 

Gambar dan Ciri-Ciri Otot Lurik

Berikutnya adalah otot lurik. Bentuk otot lurik adalah silindris dan memanjang. Memiliki jumlah inti yang banyak. Letak inti pada otot lurik berada di tepi. Otot lurik cukup cepat dalam merespon rangsang. Cara kerja otot lurik adalah secara sadar. Ringkasnya, otot lurik bekerja sesuai kehendak seseorang untuk melakukan suatu gerakan. Otot lurik banyak dijumpai melekat pada tulang. Kondisi ini memungkinkan seseorang menggerakkan anggota tubuhnya.

Gambar dan ciri-ciri otot lurik disajikan dalam bentuk ringkasan seperti gambar di bawah.

kriteria otot lurik

 

Gambar dan Ciri-Ciri Otot Jantung

Selanjutnya adalah ulasan tentang otot jantung. Otot jantung memiliki bentuk silindris dan bercabang. Memiliki warna lurik dan membentuk anyaman. Otot jantung memiliki kemampuan merespon rangsang dengan lambat. Sedangkan cara kerja otot jantung adalah tidak sadar. Hal ini lah yang membuat jantung akan selalu memompa darah, meskipun sobat idschool tidak pernah menyadarinya. Letak otot jantung hanya berada pada dinding jantung.

Gambar dan ciri-ciri otot jantung dapat dilihat pada gambar di bawah.

kriteria otot jantung

Demikianlah tadi ulasan tentang tiga jenis otot. Selanjutnya, akan diberikan ulasan ringkas mengenai perbedaan otot polos, lurik, dan jantung. Simak uraiannya pada materi di bawah.

 

Perbedaan Otot Polos Lurik Jantung

Sebelumnya telah diuraikan kriteria masing-masing jenis otot. Meskipun sama-sama sebagai alat gerak atif, ketiga jenis otot tersebut memiliki perbedaan. Ringkasan mengenai perbedaan otot polos lurik jantung dapat disimak melalui tabel yang diberikan di bawah.

perbedaan otot polos, lurik, dan jantung

Demikianlah tadi ulasan materi tentang otot polos, otot lurik, dan otot jantung. Serta rangkuman tentang perbedaan otot polos lurik jantung. Perbedaan antara ketiga jenis otot yang dibahas meliputi letak, bentuk serabut, jumlah inti, letak inti, kecepatan respon, cara kerja, kemampuan kontraksi, dan warna. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Sistem Gerak pada Manusia (Rangka, Sendi, dan Otot)