10 Trik Menjawab Soal Listening Comprehension TOEFL

By | October 19, 2017

Halowww sobat idschool… Seperti yang kita ketahui bahwa Bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar manusia di seluruh dunia. Salah satu tolak ukur pemahaman bahasa Inggris seseorang adalah dengan ujian TOEFL. Artikel kali ini membahas mengenai Test of English as a Foreign Language (TOEFL). Khususnya trik menjawab soal listening part A dalam ujian TOEFL.

TOEFL menjadi sangat penting karena arus globalisasi memaksa generasi sekarang agar bisa memahami sesuatu dalam bahasa Inggris. Banyak perusahaan besar dalam negeri juga mensyaratkan skor TOEFL tertentu sebagai syarat administrasi untuk masuk ke perusahaan tersebut. Sehingga, banyak perguruan tinggi di Indonesia mensyaratkan mahasiswanya untuk mengantongi nilai TOEFL yang telah ditetapkan oleh pihak kampus.

Pada kesempatan kali ini, idschool akan membagikan 10 Trik menjawab soal listening comprehension TOEFL.

trik menjawab soal listening

Bagian pertama dari ujian TOEFL ITP – PBT adalah listening comprehension. Soal dalam listening comprehension TOEFL ITP – PBT dibagi dalam 3 bagian yaitu:

  1. Part A: Conversation (biasanya 30 soal)
  2. Part B: Longer Conversation (biasanya 10 soal)
  3. Part C: Talks (biasanya 10 soal)

 

Keseluruhan soal yang harus dikerjakan pada tes TOEFL ITP PBT adalah 50 soal. Waktu yang disediakan untuk mengerjakan 50 soal adalah sekitar 35 menit. Tidak ada pengurangan skor dalam penilaian TOEFL. Jadi, sebaiknya, jika sobat idschool benar-benar tidak tahu jawabannya, asal jawab aja.

Oke, langsung saja, berikut ini adalah 10 Trik Menjawab Soal Listening Comprehension TOEFL:

  1. Focus on the second line: Mengerti seluruh percakapapan tentu akan sangat membantu untuk menentukan jawaban yang tepat. Namun, jika tidak menguasai betul percakapan dalam Bahasa Inggris, fokuskan perhatian sobat pada speaker ke-2 (second line). Biasanya, jawaban ada pada pernyataan yang disampaikan oleh speaker ke-2 (second line).
  2.  

  3. Choose answer with synonyms: Untuk beberapa kasus soal, jawaban yang diharapkan bisa berupa sinonim dari kata kunci dari topik yang sedang diperbincangkan.
  4.  

  5. Avoid similar sounds: Banyak kata dalam Bahasa Inggris yang terdengar mirip, seperti eight — egg, bat — bed, dan lain sebagainya. Tidak jarang, soal TOEFL memiliki jawaban yang terdengar berbeda dari percakapan pada soal.
  6.  

  7. Draw Conclusion about Who, What, and Where: Beberapa soal listening juga disajikan dalam bentuk penarikan kesimpulan dari sebuah percakapan mengenai siapa, apa, dan di mana,
  8.  

  9. Listen for Who and What in passives: Jawaban dari sebuah pernyataan aktif (kalimat aktif) biasanya merupakan pernyataan pasif (kalimat pasif).
  10.  

  11. Listen for Who and What and What with multiple nouns: Soal listening juga terkadang disajikan dalam bentuk kalimat majemuk sehingga terdengar seperti memiliki objek lebih dari satu.
  12.  

  13. Listen for negative expression: Peserta ujian juga akan dikecoh dengan pengungkapan kata dengan negative expression.
  14.  

  15. Listen for Negative with Comparatives: Bentuk soal juga terkadang disajikan dalam bentuk negative with comperatives untuk mengecoh peserta ujian.
  16.  

  17. Listen for ALMOST NEGATIVE expression: Kata almost negative expression seperti rarely, barely, etc juga sering muncul pada soal listening TOEFL.
  18.  

  19. Listen For Double Negative Expressions: Contoh ungkapan kata menggunakan double negative expression adalah … didn’t like tv and neither… = Both did not like tv, didn’t like the uncelan room = like clean room, etc

Sekian ulasan tentang 10 Trik Menjawab Soal Listening Comprehension TOEFL ITP. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat! Tunggu tips untuk melejitkan skor TOEFL sobat idschool pada tulisan selanjutnya.