Bentuk Soal Ujian Nasional 2018 Ada Isian Singkatnya

By | December 21, 2017

Sesuai keterangan sebelumnya, pada waktu yang sama dengan pengumuman kisi-kisi ujian nasional 2018, bentuk soal ujian nasional 2018 akan dibuat sedikit berbeda dengan memuat soal isian singkat. Belum lama ini, tanggal 19 Desember 2017, Kemdikbud telah resmi mengumumkan bahwa ujian nasional 2018 akan memuat bentuk soal isian singkat dan dipastikan tidak akan ada soal esai. Soal esai hanya akan diberikan saat USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional). Keterangan resmi mengenai bentuk soal ujian nasional 2018 dapat dilihat melalui halaman resmi kemdikbud.go.id.

 
Bentuk soal ujian nasional 2018 yang berupa isian singkat akan diterapkan pada mata pelajaran Matematika. Peserta UN akan diberikan soal isian singkat dengan cara mengisi jawaban yang benar pada tempat yang sudah disediakan. Banyaknya bentuk soal isian singkat dalam UN tahun 2018 adalah 10 persen dari total soal. Bentuk soal isian singkat akan disisipkan pada soal-soal lainnya yang berbentuk pilihan ganda.

 
Totok Suprayitno, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud mengatakan bahwa
“Ada empat soal. Dari 40 (soal Matematika) hanya empat (isian singkat). Kan UN itu 40 soal, jadi 10 persen isian singkat.” (Jakarta, 19 Desember 2017).

 
Bentuk soal ujian nasional 2018

 
Bentuk soal isian singkat bertujuan agar siswa dibiasakan untuk mencari jawaban, bukan hanya sekadar memilih jawaban. Tingkat kesulitan untuk isian singkat sendiri sama dengan soal pilihan ganda. Bedanya adalah, cara menjawabnya. Pada pilihan ganda, peserta UN memilih jawaban yang benar. Sedangkan pada isian singkat, peserta UN mengisikan jawaban yang benar pada kolom yang disediakan.

 
Sekolah yang melaksanakan UN dengan berbasis komputer (UNBK) akan tetap menggunakan komputer. Cara mengerjakan bentuk isian singkat adalah dengan mengetikan jawaban yang benar pada kolom yang disediakan. Acuan pembuatan soal isian singkat juga diambil dari kisi-kisi ujian nasional 2018 yang telah diterbitkan sejak bulan Agustus 2017.

 
Baca Juga: Kisi-kisi UN SMP TA 2017/2018

 
Membicarakan mengenai sistem penyelenggaraan ujian nasional 2018, akan masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Kemdikbud telah menyiapkan alat yang dapat digunakan untuk memeriksa jawaban UN. Teknologi tersebut memungkinkan komputer memeriksa jawaban dalam bentuk isian singkat.

 
Jadi, sudah sebarapa persen persiapan sobat idschool dalam menghadapi ujian nasional 2018? Jangan khawatir yang berlebihan, yang penting tetap belajar sesuai panduan kisi-kisi ujian nasional 2018. Terimakasih sudah mengunjungi idschool.net, semoga bermanfaat!

 
Baca Juga: Info Kisi-kisi un 2018 dan Jadwal Pelaksanaan un 2018