Daftar Peringkat 10 Universitas Swasta Terbaik Versi Kemenristekdikti Tahun 2017

By | October 11, 2017

Demi meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengumumkan peringkat 100 Besar Universitas di Indonesia. Penilaian tersebut didasarkan pada empat komponen yaitu kelembagaan, Sumber Daya Manusia (SDM), kegiatan kemahasiswaan, serta penelitian dan publikasi ilmiah. Penetapan peringkat oleh Kemenristekdikti diumumkan pada tanggal 21 Agustus 2017. Menurut keterangan Menristekdikti, Mohamad Nasir, dari halaman resmi Kemenristekdikti, menerangkan bahwa daftar klasterisasi perguruan tinggi ini merupakan data resmi dari Kemenristekdikti. Daftar peringkat ini dapat digunakan sebagai informasi valid bagi masyarakat. Daftar peringkat 100 Universitas terbaik yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti diisi oleh Universitas Negeri dan Swasata. Meskipun Universitas Negeri masih mendominasi peringkat universitas terbaik, banyak juga universitas swasta yang mengisi peringkat 100 universitas terbaik menurut Kemenristekdikti. Berikut Daftar 10 Universitas Swasta Terbaik tahun 2017 Versi Kemenristekdikti:

 

Universitas Kristen Petra

Universitas swasta yang menempati posisi pertama adalah Universitas Kristen Petra. Dalam peringkat nasional menurut Kemenristekdikti tahun 2017, Universitas Kristen Petra berada pada posisi 30. Universitas Kristen Petra sering disingkat UK Petra atau UKP. Lokasi kampus UKP berada di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Universitas ini didirikan pada tahun 1961. Halaman resmi UKP dapat diakses melalui http://www.petra.ac.id/.

Logo Unversitas Kristen Petra

 

Universitas Surabaya

Peringkat Universitas Swasta Nasional selanjutnya ditempati oleh Universitas Surabaya. Secara Nasional, Universitas Surabaya berada pada urutan ke-31. Singkatan untuk Universitas Surabaya adalah UBAYA. Sesuai dengan namanya, UBAYA berlokasi di Kota Surabaya. Awalnya, UBAYA adalaah Universitas Trisakti Surabaya. Pada tahun 1968, namanya berganti menjadi Universitas Surabaya (UBAYA). Halaman resmi UBAYA dapat dikunjungi melalui http://www.ubaya.ac.id.

Universitas Surabaya

 

Universitas Sanata Dharma

Universitas swasta terbaik ketiga menurut Kemenristekdikti tahun 2017 berlokasi di Yogyakarta, yaitu Universitas Sanata Dharama (SADAR atau USD). SADAR merupakan universitas Katolik yang menawarkan berbagai program studi yang cukup lenglap untuk calon mahasiswanya. Lokasi kampus SADAR berada di Jalan Mrican Baru, Catur Tunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Peringkat nasional yang dimiliki SADAR adalah 32. Halaman resmi SADAR dapat diakses melalui www.usd.ac.id.

Universitas Sanata Dharma

 

Universitas Katolik Parahyangan

Posisi Universitas Swasta Nasional ke empat ditempati oleh Universitas Katolik Parahyangan, biasa disingkat UNPAR. Lokasi UNPAR berada di Bandung, tepatnya di Jalan Ciumbuleuit No.94, Bandung, Jawa Barat. Dalam peringlat nasional, UNPAR menempati posisi ke-34. Beberapa alumni terkenal dari UNPAR adalah Hotman Paris Hutapea, Dewi Lestari, Syahnaz Sadiqah, Tulus, Ge Pamungkas, dan lain sebagainya. Halaman resmi UNPAR dapat dikunjungi melalui http://unpar.ac.id/.

Universitas Katolik Parahyangan

 

Universitas Kristen Duta Wacana

Universitas Kristen Duta Wacana atau yang biasa disingkat UKDW menempati posisi urutan ke lima. Secara nasional, peringkat UKDW berada pada posisi 36. UKDW berlokasi di Yogyakarta, tepatnya di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo No.5, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta. Informasi lebih banyak mengenai UKDW dapat dilihat melalui http://www.ukdw.ac.id.

Universitas Kristen Duta Wacana

 

Universitas Muhammadiyah Malang

Peringkat ke-6 untuk kategori 10 Universitas Swasta Terbaik Versi Kemenristekdikti Tahun 2017 adalah Universitas Muhammadiyah Malang. Singkatan untuk Universitas Muhammadiyah Malang adalah UMM. Peringkat nasional yang dimiliki oleh UMM adalah 39. Kampus yang identik dengan warna putih ini memiliki warna almamater merah. Tekad UMM adalah “Dari Muhammadiyah Untuk Bangsa”. Informasi lebih banyak mengenai UMM dapat dilihat di halaman resminya http://www.umm.ac.id/.

Universitas Muhammadiyah Malang

 

Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia atau yang biasa disebut UII juga mampu menembus 10 Universitas Swasta Nasional Terbaik, yaitu pada posisi ke tujuh. Sedangkan pada peringkat nasional, UII berada pada posisi 41. Lokasi UII berada di Yogyakarta, kampus utamanya berada di Jalan Kaliurang Km 13, Yogyakarta. Salah satu sutradara terkenal, Hanung Bramantyo, merupakan alumni UII. Beberapa lulusan UII yang terkenal adalah Artika Sari Devi (Putri Indonesia 2004), Pramoedya Aanata Toer (penulis), Mohammad Mahfud MD (politisi), dan masih banyak lagi. Aneka informasi mengenai UII dapat dilihat melalui https://www.uii.ac.id/.

Universitas Islam Indonesia
 
Baca Juga: Daftar Peringkat 10 Universitas Negeri Terbaik versi Kemenristekdikti Tahun 2017
 

Universitas Merdeka Malang

Selanjutnya, yaitu posisi ke-8, diduduki oleh Universitas Merdeka Malang atau yang biasa disingkat dengan UNMER. Peringkat Nasional menurut Kemenristekdikti tahun 2017 untuk UNMER dalah posisi ke-44. Universitas Merdeka Malang sudah berdiri sejak 5 Juli 1964. Sesuai namanya, UNMER berada di Malang, tepatnya di Jalan Terusan Raya Dieng 62-64, Malang. Segala informasi terkait UNMER dapat dilihat di https://unmer.ac.id.

Universitas Merdeka Malang

 

Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Posisi ke-9 untuk Universitas Swasta Nasional terbaik adalah Universitas Atma Jaya Yogyakarta atau yang biasa disingkat UAJY. Peringkat nasional UAJY adalah posisi ke-46. UAJY sudah berdiri sejak tanggal 27 September 1965. Awalnya, kampus UAJY hanya berlokasi di satu tempat, yaitu bersebelahan dengan SADAR (Perguruan Tinggi Swasta nasional tebaik ke-3), lebih tepatnya berada di Jalan Demangan Baru 28. Penambahan lokasi dilakukan Di Jalan Babarsari setelah banyaknya animo mahasiswa yang masuk UAJY. Universitas Atma Jaya tidak hanya berada di Yogyakarta, tetapi juga berada di Jakarta dan Makassar. Informasi mengenai UAJY dapat dilihat di http://www.uajy.ac.id/.

Universitas Atma Jaya Yogyakarta

 

Universitas Bina Nusantara

Posisi terakhir untuk 10 Universitas Swasta Nasional menurut Kemenristekdikti tahun 2017 adalah Universitas Bina Nusantara (BINUS). Lokasi BINUS berada di Jakarta. Secara nasional, BINUS menempati peringkat ke-48. Banyak artis Indonesia yang menimba ilmu di BINUS, seperti Immanuel Caesar Hito, Dimas Beck, Rezky Aditya, dan lain sebagainya. Penyanyi cantik yang sempat mematahkan hati kaum adam secara nasional di tahun 2017, Raisa Andriana, karena menikah dengan Hamish Daud, juga merupakan alumni BINUS. Segala info mengenai BINUS dapat dilihat di https://binus.ac.id/.

Universitas Bina Nusantara
 
Baca Juga: Ketentuan Umum, Persyaratan, dan Jadwal SBMPTN 2018
 
Bagaimana meneurut sobat idschool mengenai Daftar Peringkat 10 Universitas Swasta Terbaik Versi Kemenristekdikti Tahun 2017? Ada yang tertarik masuk di salah satu universitas di atas? Download juga daftar peringkat 100 Universitas Non Politeknik Terbaik Tahun 2017 di Indonesia berdasarkan Kemenristekdikti di sini.