Info Kisi-Kisi UN 2018 dan Jadwal Pelaksanaan UN 2018

By | November 12, 2017

Ujian Nasional yang setiap tahunnya diselenggarakan, digunakan untuk menjadi tolak ukur siswa kelas VI, kelas IX, dan kelas XII untuk melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Ujian Nasional akan kembali dilangsungkan tahun 2018 untuk TP 2017/2018. Setiap tahun juga, pihak BSNP Indonesia memberi acuan kisi-kisi un sebagai bahan acuan belajar dalam mepersiapkan ujian nasional. Kisi-kisi un 2018 telah dikeluarkan oleh BSNP Indonesia, sobat idschool bisa mendapatkannya melalui link yang tersedia di halaman ini (lihat daftar kisi-kisi un 2018 dibagian akhir artikel ini).

Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, rencananya, model soal untuk ujian nasional pada tahun 2018 akan dibuat sedikit berbeda. Hal ini berdasarkan keterangan Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud dalam pers di Jakarta pada tanggal 15 Juni 2017 yang menyatakan bahwa “Kami berusaha, mulai tahun depan soal UN tidak lagi pilihan ganda. Sehingga dapat mengukur level kognisi siswa lebih mendalam”.

 
Sedangkan untuk acuan materi dalam penyusunan kisi-kisi un 2018 masih menggunakan irisan antara kurikulum 2006 dan kurikulum 2013.

 
Model soal yang akan diterapkan pada ujian nasional tahun 2018 tidak lagi hanya mengandalkan pilihan ganda dengan satu jawaban benar. Namun, model soalnya akan dibuat lebih beragam. Seperti pernyataan yang dikutip dari instagram resmi @kemendikbud.ri,
“Pada penyelenggaraan ujian nasional (UN) tahun 2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana membuat soal UN lebih bervariasi. Soal UN tahun 2018 sebagian besar memang masih berupa pilihan ganda. Namun, Kemendikbud juga akan menggunakan soal yang tidak hanya berupa pilihan ganda. Beberapa soal bisa berupa mengisi jawaban, pilihan yang tidak tunggal, esai, atau bentuk lainnya”.

 
Tambahan informasi menyatakan bahwa untuk soal perhitungan seperti Matematika dan Fisika, model soal bentuk barunya bisa berupa soal isian dengan menuliskan jawabannya. Sedangkan untuk pelajaran bahasa Indonesia, contoh soal model bentuk baru bisa dengan cara menggaris bawahi pokok bacaan pada jawaban yang benar.

 
Dengan model soal yang baru ini, diharapkan agar siswa bisa menghargai perbedaan dan tingkat kecurangan Ujian Nasional bisa berkurang. Selain itu, untuk kedepannya, model soal bentuk baru pada tahun 2018 ini digunakan untuk mempersiapkan ujian nasional berupa esai.

 
kisi-kisi un 2018

 
Selain memberi keterangan mengenai bentuk ujian nasional yang rencananya akan dibuat sedikit berbeda. BSNP Indonesia juga telah mengeluarkan kisi-kisi ujian nasional 2018 (kisi-kisi un 2018) untuk jenjang SMP/MTs/Sederajat dan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun ajaran 2017/2018. Kisi-kisi un 2018 untuk paket B, paket C, SMALB, dan SMPLB juga telah dikeluarkan BSNP Indonesia melalui halaman resminya. Namun, untuk soal kisi-kisi UN SD Tahun 2018, belum ada keterangan dari BSNP Indonesia mengenai hal ini.

 
Bagi sobat idschool yang belum memppunya kisi-kisi Ujian Nasional tahun ajaran 2018 dapat di download melalui halaman di bawah.

 

    Daftar Kisi-kisi berbagai jenjang:

  1. Kisi-kisi UN SD Tahun 2018 (segera update)
  2. Kisi-kisi UN Paket A Tahun 2018 (segera update)
  3. Kisi-kisi UN SMP/MTs Tahun 2018
  4. Kisi-kisi UN SMA/MA, SMATK, SMAK Tahun 2018
  5. >Kisi-kisi UN SMK Tahun 2018
  6. Kisi-kisi UN Paket B dan Paket C
  7. Kisi-kisi UN SMALB dan SMPLB

 
Mengenai jadwal ujian nasional, dari pihak panitia penyelenggara un telah menyusun rancangan jadwal ujian nasional 2018 untuk jenjang SMA/MA, SMK, dan SMP/MTs. Rancangan tersebut menentapkan bahwa UN akan diselenggarakan bulan April 2018. Penetapan rancangan awal jadwal ini sekaligus membantah kabar bahwa UN akan diselenggrakan Februari 2018. Belum ada keterangan pasti mengenai tanggal penyelenggaraan UN. Meskipun demikian, Totok Suprayitno (Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud) memberikan informasi mengenai rancangan jadwal ujian nasional 2018. Adapun rancangan jadwal ujian nasional 2018 dapat dilihat pada tabel di bawah.
 
Rancangan Awal Jadwal UN 2018
 

Sedangkan untuk jadwal penyelenggaraan ujian sekolah dan ujian praktik diserahkan kepada sekolah untuk menyelenggarakan, sesuai kesiapan sekolah masing-masing.

 
Sembari menunggu kepastian dari pemerintah, mari persiapkan ujian nasional dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Halaman idschool akan membedah kisi-kisi un 2018 untuk membantu sobat idschool dalam mempersiapkan Ujian Nasional dengan baik.

 
Jangan terlalu memusingkan bagaimana bentuk soal baru ujian nasional pada tahun 2018 ini. Pelajari semua materi berdasarkan kisi-kisi nya dengan baik. Cara ini lebih baik daripada memikirkan hal yang sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Semoga bermanfaat! Terimakasih sudah mengunjungi idschool.net, tunggu terus update materi dari idschool dalam mengupas kisi-kisi un 2018.

 
Baca Juga: Bentuk Soal Ujian Nasional 2018 Ada Isian Singkatnya