Trik Menjawab Soal Listening TOEFL Part A (1/10)

By | October 17, 2017

Halowww sobat idschool… Seperti yang kita ketahui bahwa Bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar manusia di seluruh dunia. Salah satu tolak ukur pemahaman bahasa Inggris seseorang adalah dengan ujian TOEFL. Artikel kali ini membahas mengenai Test of English as a Foreign Language (TOEFL). Khususnya trik menjawab soal listening part A dalam ujian TOEFL.

TOEFL menjadi sangat penting karena arus globalisasi memaksa generasi sekarang agar bisa memahami sesuatu dalam bahasa Inggris. Banyak perusahaan besar dalam negeri juga mensyaratkan skor TOEFL tertentu sebagai syarat administrasi untuk masuk ke perusahaan tersebut. Sehingga, banyak perguruan tinggi di Indonesia mensyaratkan mahasiswanya untuk mengantongi nilai TOEFL yang telah ditetapkan oleh pihak kampus.

Tentunya sobat idschool sudah mengetahui tentang tes TOEFL, bukan? Jika belum mengetahui, bisa disimak terlebih dahulu pada halaman ini.

Kembali sesuai judul di atas, yaitu Trik Menjawab Soal Listening TOEFL Part A (1/10). Artinya, idschool akan membagikan 1 dari 10 trik yang dapat dilakukan untuk menjawab soal listening pada ujian TOEFL. Trik lainnya dapat sobat idschool baca pada arikel di halaman lainnya (cek daftar 10 trik menjawab soal listening TOEFL).

Bagian listening dalam TOEFL terbagi menjadi 3 bagian, yaitu Part A (conversation), Part B (longer conversation), dan Part C (Talks). Pada halaman ini, idschool akan membahas trik menjawab soal listening TOEFL part A yang pertama yaitu Focus on the second line, simak pembahasannya di bawah.

Trik TOEFL

 

Trik 1: Focus on the second line

Ujian TOEFL part A, sobat idschool akan mendengarkan percakapan antara dua orang. Kemudian akan disusul dengan seorang narrator yang membacakan soalnya.

 
Melalui rekaman, sobat akan mendengar:
Man: Anne really made a big mistake.
Wowam: yes, she forgot to turn in research paper.
Narrator: What does the woman say about Anne?

Dalam lembar buku tes yang dibagikan, sobat dapat melihat empat pilihan yang disediakan seperti berikut.

A.   It was the first time she made a mistake.
B.   She forgot to write her paper.
C.   She turned in the paper in the wrong place.
D.   She did’t remember to submit her assignment.
 
Pembahasan:

Pada baris ke-2 (pembicara orang ke-2) memuat jawaban yang diharapkan. Jika sobat idschool dapat mengerti percakapan kedua pembicara, tentu akan sangat baik. Karena sobat idschool akan dapat menjawab pertanyaan yang diberikan narrator dengan mudah. Namun, jika sobat idschool tidak mengetahui apa yang sedang speaker pertama katakan, jangan panik! Karena jawaban biasanya terletak pada pernyataan yang diungkapkan oleh speaker kedua.

Persipakan fokus sobat pada pembicara kedua. Dengarkan dan pahami dengan baik, apa yang speaker kedua katakan.

Pada soal diatas, speaker kedua mengatakan yes, she forgot to turn in research paper (Ya, dia lupa mengumpulkan laporan penelitiannya).

Pilihan A It was the first time she made a mistake (Itu adalah pertama kalinya dia membuat kesalahan) merupakan pernyataan salah, karena tidak ada informasi yang menyatakan bahwa itu adalah kesalahan pertama yang dibuat oleh Anne.

Pilihan B She forgot to write her paper (Dia lupa tidak mengerjakan tugasnya) juga merupakan pernyataan yang salah, karena Anne hanya lupa mengumpulkan penelitian bukan lupa menulis/mengerjakan tugasnya.

Option C, She turned in the paper in the wrong place (Dia mengumpulkan tugasnya di tempat yang salah) juga merupakan pernyataan yang salah, karena tidak ada informasi yang menerangkan bahwa Anne mengumpulkan tugas di tempat yang salah.

Jawaban yang benar adalah pilihan D, She did’t remember to submit her assignment (Dia tidak ingat untuk mengumpulkan tugasnya).

 
Jawaban yang benar: D

Sekian pembahasan trik menjawab soal listening TOEFL focus on the second line. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.