Trik Menjawab Soal TOEFL Listening Part A (9/10)

By | October 18, 2017

Halowww sobat idschool… Seperti yang kita ketahui bahwa Bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar manusia di seluruh dunia. Salah satu tolak ukur pemahaman bahasa Inggris seseorang adalah dengan ujian TOEFL. Artikel kali ini membahas mengenai Test of English as a Foreign Language (TOEFL). Khususnya trik menjawab soal listening part A dalam ujian TOEFL.

TOEFL menjadi sangat penting karena arus globalisasi memaksa generasi sekarang agar bisa memahami sesuatu dalam bahasa Inggris. Banyak perusahaan besar dalam negeri juga mensyaratkan skor TOEFL tertentu sebagai syarat administrasi untuk masuk ke perusahaan tersebut. Sehingga, banyak perguruan tinggi di Indonesia mensyaratkan mahasiswanya untuk mengantongi nilai TOEFL yang telah ditetapkan oleh pihak kampus.

Tentunya sobat idschool sudah mengetahui tentang tes TOEFL, bukan? Jika belum mengerti, bisa disimak terlebih dahulu pada halaman ini.

Kembali sesuai judul di atas, yaitu Trik Menjawab Soal Listening TOEFL Part A (9/10). Artinya, idschool akan membagikan 1 dari 10 trik yang dapat dilakukan untuk menjawab soal listening pada ujian TOEFL. Trik lainnya dapat sobat idschool baca pada arikel di halaman lainnya (cek daftar 10 trik menjawab soal listening TOEFL).

Bagian listening dalam TOEFL terbagi menjadi 3 bagian, yaitu Part A (conversation), Part B (longer conversation), dan Part C (Talks). Pada halaman ini, idschool akan membahas trik menjawab soal listening TOEFL part A yang ke delapan yaitu Listen for ALMOST NEGATIVE expression, simak pembahasannya di bawah.

Trik TOEFL

 

Trik 9: Listen for ALMOST NEGATIVE expression

Dalam ujian listening TOEFL part A, sobat idschool akan mendengarkan percakapan antara dua orang. Kemudian akan disusul dengan suara seorang narrator yang membacakan soalnya.

Melalui rekaman, sobat akan mendengar:
  Woman: Were you able to pay the electric bill?
  Man: I had barely enough money
  Narrator: What does the man imply?

 
Pada lembar soal yang dibagikan, sobat dapat melihat empat pilihan seperti berikut.
A.   He had plenty of money for the bill.
B.   He didn’t have enough money for the bill.
C.   He paid the bill but has no money left.
D.   He was unable to pay the bill.
 
Pembahasan:

Speaker ke-2 mengatakan bahwa I had barely enough money (Saya hanya memiliki cukup uang). Kata barely enough memiliki arti hanya cukup. Pernyataan yang diberikan oleh speaker ke dua dapat juga diartikan dengan Dia memiliki cukup uang untuk membayar tetapi tidak mempunyai uang sisa.

Jawaban yang diharapkan ada pada pilihan C, He paid the bill but has no money left (Dia membayar tagihan tetapi tidak mempunyai uang sisa).

Sekarang, mari kita analisis kesalahan pada pilihan yang diberikan satu per satu.

Pilihan A, He had plenty of money for the bill (Dia mempunyai banyak uang untuk membayar tagihan), merupakan pernyataan yang salah karena bertentangan dengan kata I had barely enough money (Saya hanya mempunyai cukup uang).

Pada pilihan B, He didn’t have enough money for the bill (Dia tidak mempunyai cukup uang untuk membayar tagihan), merupakan pernyataan yang salah karena dia punya cukup uang.

Sedangkan pada pilihan D, He was unable to pay the bill (Dia tidak dapat membayar tagihan), juga merupakan pernyataan yang salah karena tidak ada informasi yang menyatakan bahwa dia tidak dapat membayar tagihan. Penrnyataan yang dapat diperoleh dari informasi pada percakapan di soal adalah dia mempunyai uang tetapi hanya cukup untuk sejumlah tertentu.

Jadi, jawaban yang benar berada pada pilihan C, yaitu He paid the bill but has no money left (Dia membayar tagihan tetapi tidak mempunyai uang sisa).

Jawaban yang benar: C He paid the bill but has no money left

 
Contoh lain untuk Almost Negative Expression:

  1. Almost none: hardly, barely, scarcely, only
  2. Almost never: rarely, seldom

Sekian pembahasan menganai trik ke sembilan dalam mengerjakan soal listening TOEFL, yaitu listen for ALMOST NEGATIVE expression. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!