1Bidang robotika mengalami kemajuan yang sangat pesat. 2Hal ini membuat manusia semakin sering berinteraksi dengan robot di masa depan. 3Terlepas dari artifisialitas robot, tampaknya secara sosial, orang akan menganggap robot sebagai teman. 4Orang juga akan menilai robot secara berbeda-beda bergantung pada penampilan dan perilaku robot tersebut. 5Berdasarkan studi para ilmuwan dari Tampere University di Finlandia, melakukan kontak mata dengan robot mungkin memiliki efek yang sama seperti kontak mata antarmanusia. 6Untuk menyelidiki reaksi fisiologis, kontak mata antara manusia dan robot menjadi bahan penelitian tim tersebut. 7Kontak mata dipilih sebagai topik penelitian karena dua alasan utama. 8Pertama, hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa respons fisiologis emosional tertentu lebih kuat ketika seseorang pandangan orang lain diarahkan kepadanya daripada ketika dialihkan ke arah lain. 9Kedua, mengarahkan pandangan baik ke arah atau menjauh dari orang lain adalah jenis perilaku interaksi normal yang bahkan mampu dilakukan oleh robot saat ini. 10Penelitian ini meramalkan interaksi antara manusia dan robot humanoid di masa depan akan sangat mulus.

Pertanyaan:

Soal 1

Apabila gagasan pada bacaan di atas dipisahkan menjadi dua paragraf, pengelompokan kalimat-kalimatnya agar gagasan pada masing-masing paragraf padu dan utuh adalah ….

(A)  (1 – 2 – 3) dan (4 – 5 – 6 – 7 – 8 – 9 – 10)

(B)  (1 – 2 – 3 – 4) dan (5 – 6 – 7 – 8 – 9 – 10)

(C)  (1 – 2 – 3 – 4 – 5) dan (6 – 7 – 8 – 9 – 10)

(D)  (1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6) dan (7 – 8 – 9 – 10)

(E)  (1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7) dan (8 – 9 – 10)

Jawab: (B)

Pengelompokan kalimat-kalimat menjadi paragraf dapat dilakukan berdasarkan gagasan yang sama. Kalimat (1) sampai dengan kalimat (4) memiliki gagasan kemajuan bidang robotika. Sedangkan kalimat (5) sampai (10) memiliki gagasan mengenai penelitian tentang kontak mata antara manusia dan robot.

Jadi, pengelompokan kalimat-kalimatnya agar gagasan pada masing-masing paragraf padu dan utuh adalah (1 – 2 – 3 – 4) dan (5 – 6 – 7 – 8 – 9 – 10).

Soal 2

Ungkapan kontak mata antara manusia dan robot menjadi bahan penelitian tim tersebut dalam kalimat (6) dapat disempurnakan menjadi .…  

(A)  manusia dan robot diteliti kontak matanya oleh tim tersebut

(B)  penelitian tim tersebut berkaitan dengan kontak mata antara manusia dan robot

(C)  bahan penelitian tim tersbut adalah kontak mata antara manusia dan robot

(D)  antara manusia dan robot, kontak matanya menjadi bahan penelitian tim tersebut

(E)  tim tersebut meneliti kontak mata antara manusia dan robot

Jawab: (C)

Kalimat (6) dalam bacaan:
Untuk menyelidiki reaksi fisiologis, kontak mata antara manusia dan robot menjadi bahan penelitian tim tersebut.

Inti dari kalimat (6) adalah bahan penelitian yang berupa kontak mata antara manusia dan robot. Inti dari kalimat ini sebaiknya diletakkan di awal sehingga menjadi bahan penelitian tim tersebut adalah kontak mata antara manusia dan robot.

Jadi, ungkapan kontak mata antara manusia dan robot menjadi bahan penelitian tim tersebut dalam kalimat (6) dapat disempurnakan menjadi bahan penelitian tim tersbut adalah kontak mata antara manusia dan robot.

Soal 3

Dari bacaan di atas, kalimat yang berpola dasar sama dengan pola dasar kalimat Hasil diskusi tersebut menyimpulkan bahwa perbedaan fitur antara mobil listrik dan mobil pintar nantinya akan lebih signifikan adalah …

(A)  kalimat (4)

(B)  kalimat (7)

(C)  kalimat (8)

(D)  kalimat (9)

(E)  kalimat (10)

Jawab: (E)

  • Pola dasar kalimat Hasil diskusi tersebut menyimpulkan bahwa perbedaan fitur antara mobil listrik dan mobil pintar nantinya akan lebih signifikan:
    • Hasil diskusi tersebut → Subjek (S)
    • menyimpulkan bahwa → Predikat (P)
    • perbedaan fitur antara mobil listrik dan mobil pintar → Objek (O)
    • nantinya akan lebih signifikan → Keterangan waktu (K waktu)
  • Pola dasar kalimat: S – P – O – K waktu

Pola kalimat (4), (7), (8), (9), dan (10):

4) Orang (S) juga akan menilai (P) robot (O) secara berbeda-beda bergantung pada penampilan dan perilaku robot tersebut (K cara).

7) Kontak mata (S) dipilih sebagai (P) topik penelitian (O) karena dua alasan utama (K sebab).

8) Pertama, hasil penelitian sebelumnya (S) menunjukkan bahwa (P) respons fisiologis emosional tertentu (O) lebih kuat ketika seseorang pandangan orang lain diarahkan kepadanya daripada ketika dialihkan ke arah lain (K keadaan).

9) Kedua, mengarahkan pandangan baik ke arah atau menjauh dari orang lain (S) adalah (P) jenis perilaku interaksi normal yang bahkan mampu dilakukan oleh robot saat ini (O).

10) Penelitian ini (S) meramalkan (P) interaksi antara manusia dan robot humanoid (O)   di masa depan akan sangat mulus (K waktu).

Jadi, kalimat yang berpola dasar sama dengan pola dasar kalimat Hasil diskusi tersebut menyimpulkan bahwa perbedaan fitur antara mobil listrik dan mobil pintar nantinya akan lebih signifikan adalah kalimat (10).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Exit mobile version