Contoh Soal Asal Usul Kehidupan – SMA 1

Contoh Soal Asal Usul Kehidupan – SMA 2 berisi kumpulan soal dengan materi asal-usul kehidupan berdasarkan kisi – kisi UN Biologi SMA terbaru untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Materi asal-usul kehidupan dalam kisi-kisi UN SMA/MA/Sederajat 2020 diberikan untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Soal dengan level kognitif pengetahuan dan pemahaman akan menguji pengetahuan dan pemahaman peserta ujian dalam menyelesaikan persoalan terkait pengetahuan dan pemahaman terkait materi asal-usul kehidupan. Selanjutnya, simak kumpulan beberapa contoh soal asal-usul kehidupan beserta pembahasannya yang sesuai dengan kisi – kisi UN Biologi SMA/MA terbaru untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman berikut.

Contoh 1 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2018

Usaha manusia menjadikan hewan ternak dari hewan liar dan tanaman budidaya dari tumbuhan liar banyak dilakukan. Tindakan ini dapat berakibat timbulnya hewan atau tumbuhan yang menyimpang dari aslinya yang mengarah pada terbentuknya spesies baru. Perubahan tersebut disebut ….
A. rekombinasi
B. aplikasi
C. domestikasi
D. autopoliploid
E. allopoliploid

Pembahasan:

Domestikasi merupakan pengadopsian tumbuhan dan hewan dari kehidupan liar ke dalam lingkungan kehidupan sehari – hari manusia.

Dengan kata lain, domestikasi merupakan proses “penjinakan” yang dilakukan terhadap hewan liar. Perbedaannya, apabila penjinakan lebih pada individu, domestikasi melibatkan populasi, seperti seleksi, pemuliaan (perbaikan keturunan), serta perubahan perilaku/sifat dari organisme yang menjadi objeknya.

Jadi, perubahan seperti yang diberikan kasus pada soal domestikasi.

Jawaban: C

Contoh 2 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2017

Berikut ini adalah pernyataan yang berhubungan dengan asal – usul kehidupan:

  1. Timbulnya kehidupan hanya mungkin jika telah ada kehidupan sebelumnya
  2. Belatung tidak terbentuk dari daging yang membusuk
  3. Pada atmosfer purba tidak terdapat unsur oksigen
  4. Zat hidup yang paling sederhana berkembang menjadi organisme yang lebih kompleks dalam waktu berjuta – juta tahun

Pernyataan di atas yang sesuai dengan teori Biologi modern adalah ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4

Pembahasan:

Teori biologi modern merupakan teori evolusi kimia yang berpendapat bahwa bumi ini pada awalnya sangat panas sekali (tidak terdapat unsur oksigen). Kemudian suatu ketika bumi mengalami proses pendinginan dan dari proses – proses tersebut maka dapat dihasilkan bahan – bahan kimia.

Bahan – bahan yang berat akan menyusun bumi sedangkan bahan yang ringan akan menyusun atmosfer. Dalam waktu yang lama maka bahan – bahan organik tersebut akan berikatan satu dengan lainnya membentuk selaput – selaput, kemudian molekul organik berselaput ini akan mengikat molekul lainnya dan menyatukan diri sehingga terbentuk gabungan molekul baru yang karakteristik.

Ikatan kompleks inilah yang diperkirkan merupakan awal dari kehidupan.

Tokoh – tokoh teori adalah sebagai berikut:

  • Alexander Oparin:atmosfer mengandung uap air, metana, amonia, hidrogen, nitrogen, dan sianogen. Senyawa – senyawa tersebut kemudian mengembun dan jatuh ke bumi disertai petir, selanjutnya membentuk senyawa organik sederhana dan perlahan-perlahan menjadi organisme. → pernyataan 3 dan 4 benar
  • Harold Urey: atmosfer purba mengandung gas hidrogen, amonia, metana, dan uap air. Gas – gas bereaksi dengan bantuan halilintar, sinar kosmik, dan agen lainnya membentuk senyawa organik sederhana. Selanjutnya senyawa organik tersebut berkembang menjadi organisme.
  • Stanley Miller: menguji teori Urey dengan tabung yang gas hidrogen, amonia, metana, dan uap air. Tabung tersebut dialiri listrik bertegangan tinggi sebagai ganti dari halilintar. Setelah seminggu ternyata terbentuk asam amino yang merupakan dasar kehidupan.

Jadi, pernyataan yang sesuai dengan teori Biologi modern adalah (3) dan (4).

Jawaban: E

Contoh 3 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2016

Stanley Miller melakukan percobaan tentang teori Evolusi Kimia dengan menggunakan senyawa yang analog dengan senyawa atmosfer purba pada alat percobaannya. Kesimpulan dari hasil percobaannya adalah ….
A.   senyawa organik sederhana dapat terbentuk dari senyawa anorganik dengan energi tinggi
B.   makhluk hidup dapat muncul secara spontan dari benda mati
C.   asam amino dan nukleotida merupakan penyusun protein
D.   tubuh makhluk hidup dibangun oleh unsur C, H, O, dan N
E.   zat – zat kimia dapat tumbuh menjadi makhluk hidup secara spontan

Pembahasan:

Dalam percobaannya, Miller memasukkan 4 gas senyawa anorganik (gas hidrogen, metana, amoniak, dan uap air) ke dalam alat percobaannya. Kemudian senyawa organik tersebut diberi loncatan listrik bertegangan tinggi.

Akibat loncatan listrik tersebut, keempat gas tersebut bereaksi membentuk zat baru. Ternyata zat baru tersebut mengandung senyawa organik sederhana, seperti asam amino, adenin, dan gula sederhana.

Jadi, kesimpulan dari hasil percobaan Stanley Miller adalah senyawa organik sederhana dapat terbentuk dari senyawa anorganik dengan energi tinggi.

Jawaban: A

Demikian kumpulan soal asal- usul kehidupan berdasarkan kisi – kisi UN Biologi SMA/MA terbaru untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: