Contoh Soal Bioteknologi – SMA 2

Contoh Soal Bioteknologi – SMA 2 berisi kumpulan soal materi bioteknologi berdasarkan kisi – kisi UN Biologi SMA terbaru untuk level kognitif aplikasi. Materi bioteknologi dalam kisi-kisi UN SMA/MA/Sederajat 2020 diberikan dalam tiga level kognitif yaitu level kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Soal dengan level kognitif aplikasi akan menguji kemampuan peserta ujian dalam menyelesaikan permasalahan aplikasi bioteknologi. Selanjutnya, simak kumpulan beberapa contoh soal bioteknologi beserta pembahasannya yang sesuai dengan kisi-kisi UN Biologi SMA/MA terbaru untuk level kognitif aplikasi berikut.

Contoh 1 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2019

Perkembangbiakan tanaman transgenik tahan hama memberikan banyak keuntungan dari sisi produktivitas dan kualitas gizi zat makanan, tetapi keberadaan tanaman ini dapat memberikan pengaruh buruk bagi kelestarian lingkungan, yaitu ….

A. tanaman transgenik menyerap banyak oksigen sehingga dapat menyebabkan peningkatan suhu lokal di daerah tersebut

B. terjadi penurunan populasi serangga akibat racun yang dikeluarkan tanaman transgenik yang tahan terhadap serangan hama dan penyakit

C. ekosistem menjadi labil akibat terjadinya penurunan kualitas tanah pertanian karena tanaman transgenik mengakibatkan kematian serangga

D. tanaman transgenik lebih efisien dalam penggunaan lahan pertanian sehingga akan banyak muncul lahan tidur (lahan yang tidak terpakai)

E. tanah yang ditanami tanaman transgenik menjadi lebih tandus dibandingkan tanaman konvensional karena cacing tanah di tempat tersebut mati

Pembahasan:

Tanaman transgenik adalah tanaman yang sudah mengalami rekayasa genetik sehingga dapat lebih tahan terhadap hama. Tanaman transgenik disipi DNA yang dapat membuat hama penyerang tanaman akan mati. Selain itu, serangga yang menjadi target akan mempengaruhi serangga lain yang tidak menjadi target. Sehingga pengaruh buruk dari tanaman transgenik bagi kelestarian lingkungan adalah terjadi penurunan populasi serangga akibat racun yang dikeluarkan tanaman transgenik yang tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Jawaban: B

Contoh 2 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2016

Produksi bibit unggul hasil rekayasa genetik secara terus – menerus dalam jumlah besar menimbulkan keresahan berbagai kalangan karena memiliki dampak negatif, yaitu ….
A. penurunan keanekaragaman plasma nuftah
B. memberikan keunggulan sesaat
C. sifat unggul tidak dapat dipertahankan
D. sifat unggul memiliki toleransi tinggi terhadap lingkungan
E. gen – gen unggulnya akan mempengaruhi plasma nutfah yang ada

Pembahasan:

Rekayasa genetik biasanya digunakan untuk menghasilkan sifat – sifat individu sesuai dengan kebutuhan manusia dengan mengubah genetiknya. Nyatanya, keanekaragaman sifat yang ada di bumi ini merupakan suatu kondisi yang seimbang. Jika sifat yang tidak diinginkan dibuang kemudian diganti dengan sifat baru sesuai kehendak manusia, maka sumber plasma nutfah yang menyeimbangkan akan hilang.

Kontroversi dari adanya rekayasa genetik sebaiknya tidak dilakukan adalah karena rekayasa genetik dapat menurunkan sumber plasma nutfah.

Jadi, produksi bibit unggul hasil rekayasa genetik secara terus – menerus dalam jumlah besar menimbulkan keresahan berbagai kalangan karena memiliki dampak negatif, yaitu penurunan keanekaragaman plasma nuftah.

Jawaban: A

Contoh 3 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2016

Bioteknologi tidak selalu aman bagi lingkungan. Tanaman hasil rekayasa genetik (transgenik) juga dikhawatirkan menimbulkan ancaman terhadap lingkungan karena ….

A. membutuhkan banyak pestisida untuk membunuh hama
B. tanah menjadi tandus akibat pemakaian produk kimia
C. menyebabkan pencemaran gen bila menyerbuki tanaman sejenis
D. meningkatkan jumlah bakteri dan jamur pembusuk
E. dapat menimbulkan wabah penyakit baru yang sulit diobati

Pembahasan:

Dampak tanaman transgenik terhadap lingkungan antara lain:

• mengganggu keseimbangan ekosistem
• erosi plasma nutfah
• pergeseran gen
• pergeseran ekologi

Sesuai dengan opsi yang ada, poin yang sesuai adalah pergeseran gen.

Gen tanaman transgenik dapat berpindah ke tumbuhan lain melalui perkawinan silang. Keadaan ini dikhawatirkan dan mencemari bahkan meracuni gen sehingga muncul varietas baru yang mengganggu dan sulit diberantas.

Jadi, tanaman transgenik dikhawatirkan akan menimbulkan ancaman terhadap lingkungan karena menyebabkan pencemaran gen bila menyerbuki tanaman sejenis.

Jawaban: C

Sekian kumpulan contoh soal bioteknologi – dampak bioteknologi. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: