Contoh Soal Bioteknologi – SMP 1

Contoh Soal Bioteknologi – SMP 1 memuat kumpulan soal bioteknologi berdasarkan kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat Tahun 2020 untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Materi bioteknologi yang termuat dalam kisi – kisi UN IPA SMP/MTs/Sederajat terbaru diberikan dalam dua level kognitif, yaitu level kognitif pengetahuan dan pemahaman, serta level kognitif aplikasi. Untuk soal dengan tingkat level kognitif pengetahuan dan pemahaman akan menguji pengetahuan dan pemahaman peserta ujian terkait terkait materi soal bioteknologi. Simak kumpulan soal bioteknologi sesuai kisi – kisi UN terbaru untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman berikut.

Contoh 1 – Soal UN IPA Biologi SMP Tahun 2017

Perhatikan pernyataan penerapan bioteknologi pangan di bawah ini!
(1) Saccharomyces cereviceae menghasilkan enzim untuk mengubah zat tepung menjadi gula dan alkohol
(2) Budidaya tanaman tomat transgenik menghasilkan tomat yang tahan lama
(3) Rhizopus oryzae melakukan fermentasi biji kedelai sehingga membentuk padatan kompak putih
(4) Budidaya jagung transgenik menghasilkan tanaman yang tahan hama penggerek

Penerapan bioteknologi modern dalam mendukung kelangsungan hidup manusia ditunjukkan oleh pernyataan nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)

Pembahasan:

Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup maupun produk dari makhluk hidup dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.

Terdapat dua jenis bioteknologi, yaitu konvensional dan modern.

Bioteknologi konvensional adalah penerapan bioteknologi menggunakan cara-cara dan peralatan sederhana. Biasanya, kegiatan bioteknologi konvensional hanya memanfaatkan organisme dalam proses fermentasi. Contoh: jamus Saccharomyces cereviceae untuk fermentasi roti dan Rhizopus oryzae untuk fermentasi kedelai.

Bioteknologi modern adalah metode bioteknologi yang menggunakan prinsip rekayasa DNA, selain mikrobiologi dan biokimia. Contoh: tanaman transgenik yaitu tanaman yang telah disisipi atau memiliki gen asing dari spesies tanaman yang berbeda atau makhluk hidup lainnya.

Jadi, penerapan bioteknologi modern dalam mendukung kelangsungan hidup manusia ditunjukkan oleh pernyataan nomor (2) dan (4).

  • (2) Budidaya tanaman tomat transgenik menghasilkan tomat yang tahan lama
  • (4) Budidaya jagung transgenik menghasilkan tanaman yang tahan hama penggerek

Jawaban: D

Sekian kumpulan soal bioteknologi sesuai kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat terbaru untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: