Ujian Nasional 2020

Contoh Soal Campuran – SMP 3

Contoh Soal Campuran – SMP 3 adalah halaman yang memuat kumpulan soal dengan materi campuran untuk level kognitif penalaran. Bahasan campuran masuk dalam Kisi – Kisi Ujian Nasional 2020 dalam tiga level kognitif yaitu level pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Berikut ini kumpulan soal dengan materi campuran untuk level kognitif penalaran.

Contoh 1 – Soal UN IPA SMP/MTs Tahun 2019

Pada suatu daerah ditemukan limbah cair yang mengandung padatan (pasir dan tanah), dan cairan minyak. Limbah tersebut mencemari air sungai sekitar pemukiman. Metode yang tepat untuk pemisahan minyak dan air limbah setelah terpisah dari pasir dan tanah adalah ….

A. distilasi
B. dekantasi
C. filtrasi
D. sublimasi

Pembahasan:

Distilasi (penyulingan): metode pemisahan bahan kimia berdasarkan perbedaan kecepatan atau kemudahan menguap (volatilitas) bahan. Contoh: memperoleh bensin dari campuran air dan bensin, air murni dari campuran air yang sudah terkotori zat padat yang larut didalamnya, pemisahan minyak dan air limbah.

Dekantasi:  proses memisahkan campuran larutan dan padatan menuangkan cairan secara perlahan sehingga endapan tertinggal dibagian dasar bejana. Contoh pemisahan air dan pasir.

Filtrasi (penyaringan): cara pemisahan zat padat dari cairan melalui saringan/filter. Contoh: penyaringan lumpur dari air, penyaringan santan dari air parutan kelapa.

Sublimasi: perubahan wujud zat dari padat ke gas atau dari gas ke padat. Contoh: pemisahan campuran kapur barus dan arang.

Jadi, metode yang tepat untuk pemisahan minyak dan air limbah setelah terpisah dari pasir dan tanah adalah distilasi.

Jawaban: A

Contoh 2 – Soal UN IPA SMP/MTs Tahun 2017

Garam yang kita konsumsi pada umumnya berasal dari air laut. Petani garam di Madura memanfaatkan panas matahai untuk membuat garam. Mereka menampung air laut pada tambak – tambak di tepi pantai, sehingga dapat terkena panas matahari langsung kemudian secara bertahap akan dihasilkan garam dan diproses lebih lanjut sehingga diperoleh garam dapur yang siap dikonsumsi. Proses pemisahan yang dilakukan oleh petani garam tersebut adalah ….

A. Evaporasi
B. Filtrasi
C. Destilasi
D. Kromatografi

Pembahasan:

Pengertian dari istilah – itilah yang diberikan pada pilihan ganda adalah sebagai berikut.

  • Evaporasi (penguapan): proses perubahan molekul di dalam keadaan cair dengan spontan menjadi gas, contoh: air menguap menjadi uap air.
  • Filtrasi (penyaringan):metode pemisahan fisik, yang digunakan untuk memisahkan antara cairan (larutan) dan padatan, contoh penyaringan santan dari air parutan kelapa.
  • Destilasi (penyulingan): suatu metode pemisahan bahan kimia berdasarkan perbedaan kecepatan atau kemudahan menguap (volatilitas) bahan.
  • Kromatografi: memisahkan zat dalam campuran dengan memanfaatkan perbedaan pola pergerakan antara fase gerak dan fase diam, contoh kromatografi dengan kertas untuk melihat adanya zat klorofil dalam larutan rebusan daun.

Pada proses pembuatan garam terjadi pemisahan antara zat cair berupa air laut yang mengandung NaCl dan H2O (air). Zat cair dipanaskan akan menguap menjadi uap air dan NaCl pada air laut akan tertinggal. NaCl inilah yang menjadi garam dapur dan biasa sobat idschool konsumsi sehari – hari.

Jadi, proses pemisahan yang dilakukan oleh petani garam tersebut adalah evaporasi (penguapan).

Jawaban: A

Sekian kumpulan soal dengan materi campuran untuk level kognitif penalaran. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: