Contoh Soal Dampak Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya

Contoh Soal Dampak Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya – SMP 3 memuat kumpulan soal dampak interaksi makhluk hidup dan lingkungannya berdasarkan kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat Tahun 2020 untuk level kognitif penalaran. Materi makhluk hidup yang termuat dalam kisi – kisi UN IPA SMP/MTs/Sederajat terbaru dimuat dalam tiga level kognitif, yaitu level kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Untuk soal dengan tingkat level kognitif penalaran akan kemampuan peserta ujian dalam menyelesaikan penalaran soal terkait materi dampak interaksi makhluk hidup dan lingkungannya. Simak kumpulan soal dampak interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya sesuai kisi – kisi UN terbaru untuk level kognitif penalaran berikut.

Contoh 1 – Soal UN IPA SMP Tahun 2019

Perhatikan jaring – jaring makanan pada dua ekosistem berikut!

Contoh Soal Dampak Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

Populasi burung pipit pada ekosistem sawah dan ekosistem kebun habis ditangkap oleh pemburu. Bagaimanakan kondisi kedua ekosistem tersebut?

A. Ekosistem sawah akan lebih stabil karena burung pipit sebagai makanan ular dapat digantikan oleh katak

B. Ekosistem sawah tidak stabil karena akan terjadi ledakan populasi belalang dan katak, tetapi ular akan kekurangan mangsa

C. Ekosistem kebun tetap stabil karena elang dan ular akan mencari mangsa pengganti lain di luar ekosistem tersebut.

D. Ekosistem sawah dan ekosistem kebun sama – sama tidak stabil sehingga lama – lama organisme lain di dalam ekosistem akan ikut punah.

Pembahasan:

Pada ekosistem sawah: burung pipit berhubungan langsung dengan belalang dan ular. Ketika populasi burung pipit menurun, populasi belalang akan meningkat namun masih dalam kondisi cukup stabil karena katak bisa menjadi pemangsa belalang. Sedangkan populasi ular juga akan menurun namun akan cukup seimbang karena ular dapat memangsa katak. Sehingga, ekosistem sawah akan lebih stabil karena burung pipit sebagai makanan ular dapat digantikan oleh katak.  

Pada ekosistem kebun: burung pipit berhubungan langsung dengan ulat, belalang, ular, dan burung elang. Berkurangnya populasi burung pipit akan membuat populasi ulat dan belalang meningkat karena tidak ada pemangsa lain selain burung pipit. Sedangkan populasi ular dan burung elang akan menurun karena mangsa mereka berkurang, sedangkan mangsa untuk burung elang dan ular hanya berasal dari burung pipit. Kondisi ini membuat ekosistem sawah tidak stabil karena akan terjadi ledakan populasi belalang dan ulat, tetapi ular akan kekurangan mangsa.

Jadi, kondisi yang sesuai untuk kedua ekosistem tersebut adalah Ekosistem sawah akan lebih stabil karena burung pipit sebagai makanan ular dapat digantikan oleh katak.

Jawaban: A

Contoh 2 – Soal UN IPA Biologi SMP Tahun 2017

Perhatikan jaring – jaring makanan berikut!

Akibat yang ditimbulkan bila populasi kijang berkurang adalah ….
A. populasi serigala meningkat
B. populasi rumput menurun
C. populasi burung meningkat
D. populasi rumput meningkat

Pembahasan:

Kijang berhubungan langsung dengan rumput dan serigala. Karena populasi kijang berkurang maka rumput populasinya akan meningkat dan populasi serigala akan menurun.

 Jadi, akibat yang ditimbulkan bila populasi kijang berkurang adalah populasi meningkat.

Jawaban: D

Sekian kumpulan soal dampak interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya sesuai kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat terbaru untuk level kognitif penalaran. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: