Contoh Soal Dampak Perubahan Lingkungan dan Tindakan Perbaikannya

Contoh Soal Dampak Perubahan Lingkungan dan Tindakan Perbaikannya adalah halaman kumpulan soal dengan materi lingkungan untuk tingkat SMA/MA/Sederajat dengan peminatan IPA yang disesuaikan dengan kisi – kisi UN SMA/MA/Sederajat 2020 untuk level kognitif aplikasi. Berdasarkan kisi – kisi un terbaru tingkat SMA/MA/Sederajat, materi lingkungan termuat dalam dua level kognitif, yaitu level kognitif aplikasi dan penalaran. Soal dengan tingkat level kognitif aplikasi akan menguji kemampuan peserta ujian mengenai materi terkait lingkungan dengan topik dampak perubahan lingkungan dan tindakan perbaikannya. Berikut ini adalah kumpulan contoh soal dampak perubahan lingkungan dan tindakan perbaikannya sesuai untuk level kognitif aplikasi berdasarkan kisi – kisi UN SMA/MA/Sederajat terbaru.

Contoh 1 – Soal UN 2019 Biologi SMA Tahun 2019

Hutan di kawasan puncak banyak ditebangi untuk diubah menjadi lahan pemukiman. Perhatikan beberapa pernyataan berikut:

(1) Kawasan puncak lebih tertata indah dan rapi karena puncak yang dulunya hutan yang tidak terurus sekarang menjadi tempat tinggal dan penginapan.

(2) Terjadi banjir besar di wilayah sekitarnya karena kawasan puncak itu tidak dapat lagi menyerap dan menyimpan cadangan air.

(3) Mudah terjadi tanah longsor karena pembangunan permukiman telah menghilangkan sebagian besar pohon – pohon yang dapat mengikat partikel tanah.

(4) Meskipun jumlah villa terus meningkat, karena pembangunannya ditata dengan baik maka tidak akan memberi dampak buruk pada lingkungan.

(5) Peningkatan suhu udara akibat pohon – pohon yang menyerap gas karbon dioksida telah ditebang.

(6) Mengurangi risiko penularan penyakit karena nyamuk, di hutan banyak nyamuk yang menyebabkan berbagai penyakit.

Manakah yang merupakan dampak pengembangan dari perubahan fungsi lahan tersebut?
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (5), dan (6)
C. (2), (3), dan (5)
D. (3), (5), dan (6)
E. (4), (5), dan (6)

Pembahasan:

Dampak pengembangan dari perubahan fungsi lahan tersebut (dampak negatif):

  • Terjadi banjir besar di wilayah sekitarnya karena kawasan puncak itu tidak dapat lagi menyerap dan menyimpan cadangan air. (2)
  • Mudah terjadi tanah longsor karena pembangunan permukiman telah menghilangkan sebagian besa pohon – pohon yang dapat mengikat partikel tanah. (3)
  • Peningkatan suhu udara akibat pohon – pohon yang menyerap gas karbon dioksida telah ditebang. (5)

Jadi, yang merupakan dampak pengembangan dari perubahan fungsi lahan tersebut adalah (2), (3), dan (5).

Jawaban: C

Contoh 2 – Soal UN 2019 Biologi SMA Tahun 2019

Pabrik mesin mengoperasikan mesin dengan bahan bakar batu bara dan bahan bakar minyak. Harga batu bara lebih murah sehingga banyak dipilih oleh pabrik, tetapi menghasilkan emisi gas buangan lebih banyak dibandingkan bahan bakar minyak.

Jika pabrik terus – menerus menggunakan batu bara, yang akan terjadi adalah ….

A. pembakaran batubara menghasilkan gas karbon monoksida yang dapat meningkatkan suhu bumi
B. gas buangan karbon dioksida menyebabkan terjadinya efek rumah kaca sehingga suhu bumi meningkat
C. gas nitrogen hasil pembakaran menyebabkan asfiksi pada manusia, khususnya manusia lanjut usia
D. gas karbon dioksida hasil pembakaran menyebabkan penipisan ozon di atmosfer
E. dihasilkan gas CFC yang akan menyebabkan penipisan lapisan ozon di atmosfer

Pembahasan:

Hasil pembakaran batubara menghasilkan gas CO2, dengan reaksi C + O2 → CO2.

Jadi, jika pabrik terus – menerus menggunakan batu bara, yang akan terjadi adalah gas buangan karbon dioksida menyebabkan terjadinya efek rumah kaca sehingga suhu bumi meningkat.

Jawaban: B

Contoh 3 – Soal UN 2019 Biologi SMA Tahun 2016

Kebakaran hutan yang terjadi di beberapa provinsi di Indonesia membuat konsentrasi CO2 banyak di atmosfer. Hal tersebut dapat menimbulkan ….
A. pemanasan global
B. menipisnya ozon
C. terjadinya hujan asam
D. kematian tumbuhan
E. peristiwa eutrofikasi

Pembahasan:

Banyaknya CO2 di udara akan menyebabkan sinar matahari yang terserap ke bumi dan seharusnya terpancarkan ke luar menjadi terperangkap oleh atmosfer bumi. Akibatnya, suhu di bumi mengalami peningkatan. Isitilah yang sering digunakan untuk peristiwa ini disebut sebagai efek rumah kaca yang berdampak pada pemanasan global.

Jadi, kebakaran hutan yang terjadi di beberapa provinsi di Indonesia membuat konsentrasi CO2 banyak di atmosfer. Hal tersebut dapat menimbulkan pemanasan global.

Jawaban: A

Contoh 4 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2016

Penggunaan CFC pada alat pendingin, pengharum ruangan, dan penyemprotan obat pembasmi serangga secara terus – menerus akan berdampak terhadap lingkungan, yaitu ….
A. menyebabkan penipisan ozon
B. mengakibatkan kematian hewan
C. menyebabkan terjadinya hujan asam
D. menyebabkan pemanasan global
E. mengakibatkan efek rumah kaca

Pembahasan:

Freon (CFC) dapat membuat lapisan ozon semakin tipis karena zat ini saat dilepaskan di udara dapat bereaksi dengan ozon.

Ozon dibentuk oleh oksigen dengan rumus kimia O3. Adanya freon yang terlepas  akan bereaksi dengan lapisan ozon menjadi menjadi O2 atau oksigen. Akibat pelepasan Freon ini menyebabkan berkurangnya lapisan ozon bahkan dapat menyebabkan ozon berlubang. Adanya lubang pada lapisan ozon dapat membuat pemanasan global.

Jadi, penggunaan CFC pada alat pendingin, pengharum ruangan, dan penyemprotan obat pembasmi serangga secara terus – menerus akan berdampak terhadap lingkungan, yaitu menyebabkan penipisan ozon.

Jawaban: A

Demikian tadi kumpulan contoh soal dampak perubahan lingkungan dan tindakan perbaikannya berdasarkan kisi – kisi UN IPA SMA/MA/Sederajat terbaru untuk level kognitif aplikasi. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: