Contoh Soal Fenomena Interaksi antara Makhluk Hidup dan Lingkungan Tertentu

Contoh Soal Fenomena Interaksi Antara Makhluk Hidup dan Lingkungan Tertentu – SMP 2 memuat kumpulan soal materi fenomena interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan tertentu berdasarkan kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat Tahun 2020 untuk level kognitif aplikasi. Materi makhluk hidup yang termuat dalam kisi – kisi UN IPA SMP/MTs/Sederajat terbaru dimuat dalam tiga level kognitif, yaitu level kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Untuk level kognitif aplikasi akan kemampuan peserta ujian dalam menyelesaikan aplikasi soal terkait materi fenomena interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan tertentu. Simak kumpulan soal fenomena interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan tertentu sesuai kisi – kisi UN terbaru untuk level kognitif aplikasi berikut.

Contoh 1 – Soal UN IPA Biologi SMP Tahun 2019

Populasi badak bercula satu saat ini lebih sedikit dibandingkan dengan banteng. Adanya ciri fisiologi badak yang menyebabkan badak sulit berkembang. Alasan yang sesuai untuk menjelaskan kasus tersebut adalah ….

A. badak bercula satu memiliki tingkat reproduksi yang lebih rendah dan masa bunting yang lebih lama dibandingkan dengan banteng

B. badak bercula satu memiliki kemampuan adaptasi yang lebih rendah dibandingkan dengan banteng karena badak memiliki makanan khas

C. morfologi dan fisiologi badak kurang sesuai dengan habitatnya, sedangkan banteng lebih adaptif terhadap lingkungan

D. di ekosistem, badan bercula satu kalah berkompetisi dengan banteng sehingga populasinya semakin menurun

Pembahasan:

Pada soal terdapat keterangan bahwa ciri fisiologi badak yang menyebabkan badak sulit berkembang. Ciri fisiologi adalah karakteristik yang dimiliki makhluk hidup berdasarkan fisik yang dimiliki dari dalam tubuh. Kelemahan yang dimiliki badak bercula satu berdasarkan ciri fisiologi yang membuat populasi berkurang adalah tingkat reproduksi yang lebih rendah dan masa bunting yang lebih lama dibandingkan dengan banteng.

Jawaban: A

Contoh 2 – Soal UN IPA Biologi SMP Tahun 2018

Pada musim kemarau, pohon jati menggugurkan daunnya, tanaman jagung menggulung daunnya, dan tanaman yang termasuk kelompok jahe – jahean sengaja mengeringkan atau mematikan daunnya. Tingkah laku yang dilakukan oleh tumbuh – tumbuhan tersebut bertujuan untuk ….
A. mempertahankan diri dari hewan pemangsa
B. memperlambat proses fotosintesis
C. mengurangi proses penguapan
D. mengganti dengan daun yang baru

Pembahasan:

Pada musim kemarau, ketersediaan air mengurang. Sehingga, beberapa tenaman melakukan akan bertahan dengan caranya masing – masing. Seperti pada pohon jati yang menggugurkan daunnya, tanaman jagung menggulung daunnya, dan tanaman kelompok jahe – jahean yang mengering atau mematikan daunnya. Tujuannya adalah untuk mengurangi proses penguapan.

Jadi, tingkah laku yang dilakukan oleh tumbuh – tumbuhan tersebut bertujuan untuk mengurangi proses penguapan.

Jawaban: C

Sekian kumpulan soal fenomena interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan tertentu sesuai kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat terbaru untuk level kognitif aplikasi. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: