Contoh Soal Gangguan pada Mekanisme Kerja Organ – SMA 1

Contoh Soal Gangguan pada Mekanisme Kerja Organ – SMA 1 adalah halaman yang memuat kumpulan soal terkait materi gangguan pada mekanisme kerja organ tingkat SMA/MA/Sederajat berdasarkan kisi – kisi UN SMA/MA/Sederajat yang sesuai untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kisi – Kisi UN Biologi SMA/MA/Sederajat memuat materi gangguan pada mekanisme kerja organ dalam tiga level kognitif yaitu level kognitif pengetahuan dan pemahaman, level kognitif aplikasi, dan level kognitif penalaran. Soal yang sesuai dengan level kognitif pengetahuan dan pemahaman akan menguji kemampuan peserta ujian terkait materi gangguan/serangan penyakit pada mekanisme kerja organ. Simak kumpulan contoh soal gangguan pada mekanisme kerja organ yang sesuai kisi – kisi UN Biologi SMA/MA/Sederajat terbaru untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman berikut.

Contoh 1 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2019

Seorang penderita diabetes melitus membutuhkan hormon insulin untuk menjalani sebuah terapi. Peran hormon tersebut adalah ….
A. mengatur kadar glukosa dalam darah
B. mengubah glikogen menjadi glukosa
C. meningkatkan metabolisme mineral
D. meningkatkan metabolisme lemak
E. meningkatkan metabolisme protein

Pembahasan:

Fungsi utama dari insulin adalah untuk mengatur kadar glukosa dalam darah. Perannya adalah mengubah glukosa menjadi glikogen. Jadi, peran hormon tersebut adalah mengatur kadar glukosa dalam darah.

Jawaban: A

Contoh 2 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2019

Pak Dani mengeluh sakit dan sedikit bengkak pada sendi jari – jari kaki dan tangan. Keluhan tersebut mungkin disebabkan oleh ….
A. penumpukan asam urat pada sendi sebagai sisa metabolisme
B. penumpukan asam laktat pada sendi sebagai sisa metabolisme
C. ligamen pada persendian tertarik
D. pengapuran tulang jari kaki dan tangan
E. kekurangan zat kapur dan fosfor

Pembahasan:

Sakit dan sedikit bengkak pada sendi jari – jari kaki dan tangan terjadi karena penumpukan asam urat pada sendi. Asam urat seringnya disebabkan oleh ginjal yang tidak mampu menyaring asam urat dengan baik. Asam urat adalah senyawa turunan purina yang berasal dari makanan atau minuman tinggi purin (seperti jeroan, daging, seafood), obat – obatan tertentu, atau kondisi medis tertentu.

Jadi, keluhan yang dirasakan Pak Dani tersebut mungkin disebabkan oleh penumpukan asam urat pada sendi sebagai sisa metabolisme

Jawaban: A

Contoh 3 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2018

Beberapa bulan terakhir ini Cintya merasakan gangguan pada penglihatannya. Dia merasa penglihatannya kabur, redup, dan berawan. Tidak jarang dia juga merasa pusing. Untuk itu Cintya memeriksakan matanya ke dokter. Berdasarkan hasil pemeriksaan diperoleh skema seperti berikut ini.

Contoh Soal UN SMA IPA Biologi Tahun 2018 - Gangguan Mekanisme Kerja Sistem Organ

Berdasarkan hasil pemeriksaan, dapat disimpulkan bahwa Cintya menderita penyakit ….
A. astigmatisme
B. presbiopi
C. hipermetropi
D. miopi
E. niktalopia

Pembahasan:

Sebelum memakai lensa, letak bayangan jatuh di depan retina. Gejala dialami oleh seseorang pendirita rabun jauh (miopi).

Jawaban: D

Contoh 4 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2017

Usia yang bertambah dapat menimbulkan penyakit pada arteri. Plak – plak lemak yang terbentuk akibat kolesterol teroksidasi, radikal bebas, dan lain – lain secara perlahan menyumbat pembuluh arteri. Akibatnya kecepatan aliran darah berkurang dan tekanan darahnya meningkat. Penyakit yang dimaksud adalah ….
A. hipotensi
B. trombus
C. angina pectoris
D. arteriosklerosis
E. aterosklerosis

Pembahasan:

Perhatikan pengertian beberapa nama penyakit berikut.

  • Hipotensi atau tekanan darah rendah adalah keadaan di mana tekanan darah dalam pembuluh arteri lebih rendah dari keadaan normal.
  • Trombus adalah pembekuan darah pada pembuluh darah dan jantung, pembekuan terjadi karena trombosit, protein, dan sel-sel darah lain melekat satu sama lain.
  • Angina pectoris atau angin duduk adalah nyeri dada akibat kurangnya darah dan oksigen yang menuju ke jantung.
  • Arteriosklerosis adalah pengerasan pembuluh darah arteri karena pengendapan kalsium, akibatnya peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh menjadi terganggu.
  • Atherosklerosis adalah penyempitan pembuluh darah arteri akibat penumpukan plak pada dinding dalam arteri, plak tersebut bisa berupa kolesterol, lemak, dan kalsium.

Jadi, penyakit yang sesuai ciri – ciri pada soal adalah atherosklerosis.

Jawaban: E

Contoh 5 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2017

Gangguan pada transportasi oksigen dengan menurunnya daya angkut oksigen oleh darah disebut ….
A. asfiksi
B. bronkhitis
C. pleuritis
D. sinusitis
E. tonsilitis

Pembahasan:

Berikut ini adalah penjelasan nama penyakit yang berhubungan dengan soal.

  • Asfiksi: gangguan pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh karena gangguan pada fungsi paru-paru, pembuluh darah, atau organ lainnya
  • Bronkitis: infeksi pada saluran pernapasan utama (bronkus) sehingga saluran tersebut mengalami peradangan
  • Pleuritis: peradangan pada lapisan tipis yang membungkus paru – paru (pleura).
  • Sinusitis: peradangan pada dinding sinus, yaitu rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi
  • Tonsilitis: peradangan yang terjadi pada amandel atau tonsil

Jadi, jawaban yang tepat dari gangguan pada transportasi oksigen dengan menurunnya daya angkut oksigen oleh darah disebut asfiksi.

Jawaban: A

Demikianlah tadi kumpulan contoh soal gangguan pada mekanisme kerja organ berdasarkan kisi – kisi UN Biologi SMA/MA/Sederajat terbaru yang sesuai level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: