Contoh Soal Gangguan pada Mekanisme Kerja Organ – SMA 3

Contoh Soal Gangguan pada Mekanisme Kerja Organ – SMA 3 adalah halaman yang memuat kumpulan soal terkait materi gangguan pada mekanisme kerja organ tingkat SMA/MA/Sederajat berdasarkan kisi – kisi UN SMA/MA/Sederajat yang sesuai untuk level kognitif penalaran. Kisi – Kisi UN Biologi SMA/MA/Sederajat memuat materi gangguan pada mekanisme kerja organ dalam tiga level kognitif yaitu level kognitif pengetahuan dan pemahaman, level kognitif aplikasi, dan level kognitif penalaran. Soal yang sesuai dengan level kognitif penalaran akan menguji kemampuan bernalar peserta ujian terkait data hasil uji laboratorium klinis yang berkaitan dengan gangguan/serangan penyakit pada mekanisme kerja organ. Simak kumpulan contoh soal data hasil uji laboratorium klinis yang sesuai kisi – kisi UN Biologi SMA/MA/Sederajat terbaru untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman berikut.

Contoh 1 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2019

Seorang anak memiliki keluhan pusing, cepat mengalami kelelahan, mudah mengantuk, penurunan konsentrasi dan daya ingat. Dari hasil uji darah diketahui kadar hemoglobinnya adalah 7 g/dL (normal 12 – 17 g/dL). Berdasarkan data, anak tersebut kemungkinan menderita penyakit ….
A. hemofilia
B. anemia
C. leukimia
D. hipertensi
E. hipotensi

Pembahasan:

Hemoglobin terdapat pada sel darah merah (eritrosit). Kadar hemoglobin 7 gr/dL tergolong sangat rendah. Seseorang dengan kadar hemoglobin rendah akan menderita anemia.

Jadi berdasarkan data, anak tersebut kemungkinan menderita penyakit anemia.

Jawaban: B

Baca Juga: Kelainan pada Sistem Peredaran Darah Manusia

Contoh 2 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2018

Seorang Ibu mengalami beberapa gejala penyakit, di antaranya mudah haus, mudah lelah, dan mudah mengantuk. Untuk memastikan penyakit yang dideritanya, Ibu tersebut melakukan pemeriksaan. Berdasarkan hasil pemeriksaan diperoleh hasil bahwa terjadi kerusakan pankreas sehingga jumlah insulin yang diproduksi rendan dan kadar gula darah 400 mmHg.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dapat diketahui bahwa Ibu tersebut menderita ….
A. leukemia
B. anemia
C. diabetes insipidus
D. diabetes mellitus
E. diabetes basedow

Pembahasan:

Leukemia: lebih dikenal sebagai kanker darah, merupakan penyakit dalam klasifikasi kanker pada darah atau sumsum tulang yang ditandai oleh perbanyakan secara tak normal atau transformasi maligna dari sel – sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid, umumnya terjadi pada leukosit (sel darah putih).

Anemia:  keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal.

Diabetes insipidus: suatu penyakit di mana penderita akan merasa sering buang air kecil, penyebabnya adalah kekurangan hormon ADH (Antideuretik hormon) .

Diabetes melitus: kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor, seperti kurangnya insulin atau ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin yang berperan dalam mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Morbus Basedow: kondisi medis yang ditandai dengan kadar hormon tiroid yang berlebihan akibat produksi berlebihan oleh kelenjar tiroid.

Jadi, berdasarkan hasil pemeriksaan dapat diketahui bahwa Ibu tersebut menderita diabetes melitus.

Jawaban: D

Baca Juga: Proses Pembentukan Urine

Contoh 3 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2017

Pak Riko menjalani tes kesehatan. Dari tes tersebut ternyata urin Pak Riko mengandung protein. Hal ini menunjukkan terjadinya gangguan pada bagian ….
A. glomerulus
B. kapsula Bowman
C. tubulus kolektivus
D. tubulus kontortus proksimal
E. tubulus kontortus distal

Pembahasan:

Hasil tes yang menunjukkan urine mengandung protein adalah tanda gangguan ekskresi pada ginjal yang disebut albuminaria.

Albuminuria adalah penyakit yang terjadi akibat ginjal tidak dapat melakukan proses penyaringan, khususnya penyaringan protein. Protein (albumin) yang tidak dapat disaring, akan keluar bersama urine. Albuminuria disebabkan oleh kerusakan pada glomerulus.

Jawaban: A

Demikianlah tadi kumpulan contoh soal pengaruh g data hasil uji laboratorium klinis berdasarkan kisi – kisi UN Biologi SMA/MA/Sederajat terbaru yang sesuai level kognitif penalaran. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: