Contoh Soal Gerak Lurus – SMP 2

Contoh Soal Gerak Lurus – SMP 2 merupakan kumpulan soal dengan materi gerak lurus untuk level kognitif aplikasi. Materi gerak lurus termuat dalam Kisi – Kisi Ujian Nasional 2020 dalam tiga level kognitif. Ketiga level kognitif tersebut adalah pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Level kognitif aplikasi akan menguji kemampuan peserta ujian nasional dalam menyelesaikan soal yang merupakan aplikasi dari materi gerak lurus. Sebagai persiapan ujian nasional 2020, simak kumpulan soal gerak lurus untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman berikut ini.

Contoh 1 – Soal UN IPA SMP/MTs Tahun 2019

Mobil mainan bergerak dengan melewati suatu lintasan seperti pada gambar di bawah ini.

Contoh Soal Gerak Lurus UN 2019

Mobil bergerak dari posisi P – Q – R – S. Grafik kecepatan terhadap waktu (V – T) berikut yang melukiskan gerakan mobil mainan jika tidak ada gaya gesekan adalah ….

 Pembahasan:

Pergerakan mobil:

  • P – Q: diperlambat → grafik turun
  • Q – R: konstan → grafik lurus
  • R – S: dipercepat → grafik naik

Jadi, grafik kecepatan terhadap waktu (V – T) berikut yang melukiskan gerakan mobil mainan jika tidak ada gaya gesekan adalah menurun – lurus – naik.

Jawban: C

Baca Juga: Materi GLB dan GLBB

Contoh 2 – Soal UN IPA SMP/MTs Tahun 2018

Sebuah mobil bergerak lurus dari ruas jalan A ke ruas jalan D. Di tengah perjalanan, oli mesinnya menetes dan memberikan pola tetesan di jalan sebagai berikut.

Grafik kecepatan terhadap waktu dari A ke D tetesan oli yang tepat adalah ….

Pembahasan:

Kecepatan kendaraan dapat dilihat dari tetesan oli yang jatuh dari kendaraan. Pola tetesan oli yang terbentuk adalah dari renggang ke rapat, teratur, dan rapat ke renggang. Pola tersebut mewakili kecepatan dari kendaraan.

  1. Dari titik A ke B: renggang ke rapat → diperlambat
  2. Dari titik B ke C: teratur → kecepatan konstan
  3. Dari C ke D: rapat ke renggang → dipercepat

Sumbu Y pada grafik menunjukkan kecepatan (V) dan sumbu X menunjukkan waktu (t). Gerakan diperlambat akan membuat grafik menjadi turun (garis akan turun). Untuk kecepatan konstan maka grafik berupa garis lurus. Sedangkan untuk keadaan dipercepat berupa grafik naik ke atas (garis naik ke atas).

Jadi, grafik kecepatan terhadap waktu dari A ke D tetesan oli yang tepat adalah gambar grafik pada pilihan A.

Pembahasan Soal Gerak Lurus UN 2018

Jawaban: A

Sekian kumpulan soal dengan materi gerak lurus untuk level kognitif aplikasi. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: