Contoh Soal Gerak Lurus – SMP 3

Contoh Soal Gerak Lurus – SMP 3 merupakan kumpulan soal dengan materi gerak lurus untuk level kognitif penalaran. Materi gerak lurus termuat dalam Kisi – Kisi Ujian Nasional 2020 dalam tiga level kognitif. Ketiga level kognitif tersebut adalah pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Level kognitif penalaran akan menguji kemampuan peserta ujian nasional dalam menyelesaikan soal yang melibatkan nalar untuk menyelesaikan masalah pada materi gerak lurus. Sebagai persiapan ujian nasional 2020, simak kumpulan soal gerak lurus untuk level kognitif penalaran berikut ini.

Contoh 1 – Soal UN IPA SMP/MTs Tahun 2017

Beberapa benda bergerak dengan waktu tempuh dan jarak tempuh seperti pada tabel berikut.

Contoh Soal Gerak Lurus UN 2017

Benda yang bergerak lurus beraturan (GLB) dan bergerak lurus berubah beraturan (GLBB) berturut – turut adalah ….

A. Q dan P
B. Q dan R
C. S dan P
D. S dan T

Pembahasan:

GLB ditandai dengan nilai kecepatan benda konstan/tetap. Sedangkan untuk GLBB, nilai kecepatan benda berubah secara beraturan. Sehingga untuk mengetahui jenis gerak suatu benda termasuk sebagai GLB atau GLBB adalah dengan melihat pola kecepatan gerak benda.

Pada GLB, penambahan jarak dari waktu ke waktu akan sama. Pada GLBB, semakin banyak penambahan kecepatan gerak benda maka jarak tempuh akan semakin jauh, begitu pula untuk kondisi perlambatan akan berlaku kebalikannya. Perhatikan pola jarak tempuh pada gerak benda berikut.

Pembahasan Soal Gerak Lurus UN 2017

Jadi, benda yang bergerak lurus beraturan (GLB) dan bergerak lurus berubah beraturan (GLBB) berturut – turut adalah pilihan A, B, dan C.

Jawaban: A, B, C

Sekian kumpulan soal dengan materi gerak lurus untuk level kognitif penalaran. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: