Contoh Soal Kelainan Sistem Reproduksi Manusia – SMP 2

Contoh Soal Sistem Reproduksi Manusia – SMP 2 merupakan halaman berisi kumpulan soal dengan materi sistem reproduksi manusia yang disesuaikan kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat Tahun 2020 untuk level aplikasi. Materi sistem reproduksi manusia dalam kisi – kisi UN terbaru diberikan melalui dua level kognitif, yaitu level kognitif pengetahuan dan pemahaman, serta level kognitif aplikasi. Tingkat soal untuk level kognitif aplikasi akan menguji kemampuan peserta ujian menyelesaikan aplikasi soal terkait materi sistem reproduksi manusia untuk bahasan kelainan dan penyakit sistem reproduksi manusia. Simak kumpulan contoh soal sistem reproduksi manusia berdasarkan kisi – kisi un terbaru untuk level kognitif aplikasi beserta pembahasannya berikut.

Contoh 1 – Latihan Soal UN IPA Biologi SMP Tahun 2020

Penyakit organ reproduksi dengan penurunan sistem kekebalan tubuh yang disebabkan virus yang menghancurkan sel darah putih adalah ….
A. Kencing nanah
B. Keputihan
C. AIDS
D. Raja singa

Pembahasan:

Penyakit organ reproduksi dengan penuruan sistem kekebalan tubuh yang disebabkan virus yang menghancurkan sel darah putih adalah AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome). Penyebab penyakit adalahvirus yaitu Human Immunodeficiency Virus/HIV.

Jawaban: C

Contoh 2 – Latihan Soal UN IPA Biologi SMP Tahun 2020

Bakteri Treponema pallidum menyebabkan penyakit kelamin yang disebut ….
A. Herpes
B. Sifilis
C. Klamidia
D. Trikomoniasis

Pembahasan:

Treponema pallidum adalah bakteri dari filum Spirochaeta. Individu yang terinfeksi bakteri Treponema pallidum dapat terkena penyakit sifilis, yaitu luka tanpa rasa sakit pada alat kelamin, dubur, atau mulut. Cara penularan penyakit sifilis melalui kontak seksual atau dapat juga ditularkan dari ibu ke janin selama kehamilan atau saat kelahiran. 

Jadi, bakteri Treponema pallidum menyebabkan penyakit kelamin yang disebut sifilis.

Jawaban: B

Sekian kumpulan contoh soal sistem reproduksi manusia berdasarkan kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat terbaru untuk level kognitif aplikasi. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: