Contoh Soal Kemagnetan – SMP 1

Contoh Soal Kemagnetan – SMP 1 merupakan halaman yang memuat kumpulan soal kemagnetan berdasarkan kisi – kisi un terbaru tingkat SMP/MTs/Sederajat untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Berdasarkan kisi – kisi UN 2020, materi kemagnetan termuat dalam tiga level kognitif yaitu pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Soal kemagnetan dengan level kognitif pengetahuan dan pemahaman akan menguji pengetahuan dan pemahaman peserta ujian terkait materi kemagnetan. Selanjutnya, simak contoh soal kemagnetan untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman berdasarkan kisi – kisi un terbaru berikut ini.

Contoh 1 – Soal UN IPA SMP/MTs Tahun 2017

Batang baja P – Q dibuat menjadi magnet dan setelah menjadi magnet, beberapa kompas diletakkan di sekitar batang baja seperti gambar.

Contoh Soal UN IPA SMP/MTs 2015

Posisi kompas yang benar ditunjukkan oleh gambar ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4

Pembahasan:

Arus listrik mengalir dari muatan positif ke muatan negatif. Sehingga gambar arus listrik yang mengalir pada batang baja P – Q diberikan seperti gambar berikut.

Pembahasan Soal UN IPA 2015

Selanjutnya, sobat idschool dapat menggunakan kaidah tangan kanan untuk mengetahui mana kutub utara mana kutub selatan. Di mana ibu jari akan selalu menunjuk kutub utara dan empat jari lainnya menunjukkan arah arus listrik.

Sehingga, kutub utara batang baja P – Q berada di titik P. Medan magnet disekitar baja kutub utara ke kutub selatan. Sehingga, arah medan magnet untuk batang baja P – Q ditunjukkan seperti gambar di bawah.

Cara Menentukan Kutub Magnet

Kutub kompas yang mendekati batang baja P – Q akan berlawanan dengan muatan ujung baja  P – Q. Sehingga, arah kompas 1, 2, 3, 4 yang benar adalah sebagai berikut:

  • kompas nomor 1: kutub kompas yang berdekatan dengan titik P adalah kutub selatan (warna putih) → Benar
  • kompas nomor 2: kutub kompas yang berdekatan dengan titik P adalah kutub selatan (warna putih) → Benar
  • kompas nomor 3: medan magnet yang mengenai ujung kompas nomor 3 dari kiri adalah kutub utara sehingga ujung kompas nomor tiga bagian kiri adalah selatan (warna putih) → Salah, karena gambar ujung kompas nomor 3 bagian kiri berwarna hitam (seharunya berwarna putih).
  • kompas nomor 4: titik Q merupakan kutub selatan sehingga ujung bagian kompas yang berdekatan dengan titik Q adalah kutub utara (warna hitam) → Salah, karena pada gambar kompas nomor 4 memiliki ujung yang berdekatan dengan titik Q berwarna hitam

Jadi, posisi kompas yang benar ditunjukkan oleh gambar 1 dan 2.

Jawaban: A

Contoh 2 – Soal UN IPA SMP/MTs Tahun 2016

Magnet jarum berada di antara dua magnet batang. Posisi magnet jarum dan magnet batang yang benar adalah ….

Soal UN IPA SMP/MTs 2016

Baca Juga: Cara Membuat Magnet Sederhana

Pembahasan:

Dua buah magnet yang saling berdekatan memiliki jenis kutub yang berbeda. Jadi, posisi magnet jarum dan magnet batang yang benar adalah pada gambar pilihan D.

Jawaban: D

Sekian kumpulan soal kemagnetan tingkat SMP/MTs untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman berdasarkan kisi – kisi un terbaru. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: