Contoh Soal Kepadatan Populasi Manusia – SMP 1

Contoh Soal Kepadatan Populasi Manusia – SMP 2 adalah halaman yang memuat kumpulan soal kepadatan populasi manusia yang disesuaikan kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat 2020 untuk level kognitif aplikasi terkait pelajaran IPA Biologi tingkat SMP/MTs/Sederajat. Materi kepadatan populasi manusia yang termuat dalam dua level kognitif yaitu aplikasi dan penalaran. Untuk soal dengan level kognitif aplikasi akan menguji kemampuan peserta ujian dalam menyelesaikan soal terkait aplikasi materi kepadatan populasi manusia. Simak kumpulan contoh soal kepadatan populasi berdasarkan kisi – kisi un terbaru tingkat SMP/MTs/Sederajat untuk level kognitif aplikasi berikut.

Contoh 1 – Soal UN IPA Biologi SMP Tahun 2017

Perhatikan grafik berikut!

Contoh Soal UN 2017 - Kepadatan Populasi Manusia

Berdasarkan grafik tersebut, dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan adalah ….
A. ketersediaan air bersih meningkat
B. kebutuhan air bersih menurun
C. kebutuhan air bersih tetap
D. ketersediaan air bersih menurun

Pembahasan:

Banyaknya jumlah penduduk akan mempengaruhi kebutuhan air bersih untuk keperluan sehari – hari. Semakin banyak jumlah penduduk maka jumlah kebutuhan air bersih juga akan meningkat.

Grafik menujukkan bahwa jumlah penduduk terus meningkat dari tahun ke tahun. Sehingga kebutuhan air bersih akan mengalami pengingkatan. Akibatnya ketersediaan air bersih akan semakin berkurang/menurun.

Jadi, berdasarkan grafik tersebut, dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan adalah ketersediaan air bersih menurun.

Jawaban: D

Baca Juga: Cara Menghitung Kepadatan Penduduk

Sekian kumpulan soal kepadatan populasi manusia sesuai kisi – kisi un SMP/MTs/Sederajat terbaru untuk level kognitif aplikasi. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: