Contoh Soal Keterkaitan Antara Sistem Organ pada Manusia

Contoh Soal Keterkaitan Antara Sistem Organ pada Manusia – SMP 3 merupakan halaman yang memuat kumpulan soal dengan materi keterkaitan antara sistem organ pada manusia yang disesuaikan kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat Tahun 2020 untuk level kognitif penalaran. Berdasarkan kisi – kisi UN terbaru, tingkat soal keterkaitan antara sistem organ pada manusia diberikan untuk satu level kognitif yaitu level kognitif penalaran. Tingkat soal dengan level kognitif penalaran akan menguji kemampuan nalar peserta ujian dalam menyelesaikan soal terkait keterkaitan antara sistem organ pada manusia. Simak kumpulan contoh soal keterkaitan antara sistem organ pada manusia berdasarkan kisi – kisi UN terbaru untuk level kognitif penalaran berikut.

Contoh 1 – Soal UN IPA Biologi Tahun 2019

Beberapa pekan ini Pak Karta keluar masuk rumah sakit untuk melakukan cuci darah akibat ginjalnya tidak mampu menyaring darah dengan normal. Kadar glukosa darah pak Karta sangt tinggi. Dokter menyarankan Pak Karta untuk diet terhadap makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi.

Apa hubungan antara kadar gula darah dan diet makanan berkarbohidrat tinggi?

A. Karbohidrat tinggi akan meningkatkan kadar gula darah karena karbohidrat akan diubah menjadi glukosa oleh enzim pencernaan

B. Kadar gula darah yang tinggi akan menyebabkan gangguan pada sistem ekskresi dan sistem pencernaan

C. Karbohidrat yang tinggi akan meningkatkan kerja insulin untuk mengubah zat amilum menjadi glukosa

D. Makanan dengan karbohidrat tinggi mempengaruhi sistem ekskresi ginjal dalam menyaring glukosa dalam darah.

Pembahasan:

Fungsi ginjal adalah menyaring darah dan mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh melalui urine. Diketahui bahwa kadar glukosa pak Karta sangat tinggi. Sehingga, upaya penyembuhan yang dapat dilakukan adalah diet makanan dengan karbohodrat tinggi. Hal ini dikarenakan karbohidrat memiliki kandungan glukosa sehingga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Jadi, hubungan antara kadar gula darah dan diet makanan berkarbohidrat tinggi  adalah karbohidrat tinggi akan meningkatkan kadar gula darah karena karbohidrat akan diubah menjadi glukosa oleh enzim pencernaan.

Jawaban: A

Contoh 2 – Soal UN IPA Biologi Tahun 2018

Perhatikan grafik konsentrasi hormon setelah menstruasi di bawah ini!

Soal UN IPA Biologi SMP 2018 - Sistem Reproduksi Manusia

Pernyataan manakah yang tepat berkaitan dengan grafik di atas?
A. Kelenjar hipofisis aktif menghasilkan LH dan fase ovulasi
B. Kandungan LH menurun ketika terjadi ovulasi
C. FSH sangat berpengaruh pada fase menstruasi
D. FSH merangsang ovarium menghasilkan progesteron

Pembahasan:

Lutheinizing Hormone (LH) berperan dalam ovulasi (lepasnya sel telur dari ovarium) serta pengembangan luteum. Kelenjar yang menghasilkan LH adalah kelenjar hipofisis.

Follicle Stimulating Hormone (FSH) pada wanita membantu mengontrol siklus menstruasi, produksi telur yang dihasilkan oleh indung telur, dan merangsang produksi hormon estrogen.

Kedua hormon tersebut dihasilkan oleh kelenjar hipofisis.

Pada awal siklus menstruasi, kadar hormon FSH dalam tubuh akan meningkat tapi jumlah hormon LH menurun. Pada masa subur (hari ke – 15), hormon estrogen akan mengirimkan sinyal kepada kelenjar pituitari/hipofisis untuk berhenti memproduksi FSH dan mulai memproduksi banyak LH.

Jadi, jawabannya adalah kelenjar hipofisis menghasilkan LH pada fase ovulasi.

Jawaban: A

Sekian kumpulan soal keterkaitan antara sistem organ pada manusia berdasarkan kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat terbaru untuk level kognitif penalaran. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.