Contoh Soal Metabolisme Sel – SMA 3

Contoh Soal Metabolisme – SMA 3 berisi kumpulan soal materi metabolisme yang disesuaikan dengan kisi – kisi UN Biologi SMA/MA/Sederajat terbaru untuk level kognitif penalaran dengan topik bahasan percobaan katabolisme dan anabolisme. Materi metabolisme dalam kisi-kisi UN SMA/MA/Sederajat 2020 diberikan dalam tiga level kognitif yaitu level kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Soal dengan level kognitif penalaran akan menguji kemampuan peserta ujian dalam menyelesaikan materi metabolisme dalam ilustrasi percobaan katabolisme dan anabolisme menggunakan kemampuan bernalar. Selanjutnya, simak kumpulan beberapa contoh soal metabolisme beserta pembahasannya yang sesuai dengan kisi-kisi UN Biologi SMA/MA terbaru untuk level kognitif penalaran berikut.

Contoh 1: Soal UN Biologi SMA Tahun 2018

Sekelompok siswa melakukan percobaan fermentasi dengan menggunakan ragi dan larutan gula. Berikut adalah rancangan percobaan yang dilakukan.

Soal UN SMA IPA Biologi 2018 - Percobaan Katabolisme dan Anabolisme

Dari hasil percobaan diketahui adanya perubahan pada tabung B yang semula berwarna merah muda cerah, pada akhir percobaan warna merah muda tampak memudar pucat. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa ….

A. ragi menghasilkan CO2 yang membuat larutan kapur menjadi keruh

B. ragi bergerak dari tabung A ke tabung B melalui pipa kaca yang menghubungkan kedua tabung

C. ragi melakukan pernapasan sehingga menghasilkan gelembung udara yang berisi CO2

D. ragi menghasilkan CO2 yang bersifat basa sehingga indikator PP berubah menjadi berwarna merah muda

E. ragi menghasilkan CO2 yang bersifat asam sehingga warna merah muda indikator PP menjadi memudar

Pembahasan:

Air kapur yang ditetesi Phenolphthalein (PP) akan berubah warna menjadi merah muda. Hal tersebut disebabkan karena indikator PP memiliki trayek PH 8,3 – 10 dengan indikasi tidak berwarna hingga berwarna. Jika warna yang dihasilkan merah, mengindikasikan bahwa PH lebih dari 10. Itulah yang menyebabkan hasil reaksi berbau seperti alkohol dimana alkohol bersifat basa.

Pada reaksi: Ca(OH)₂ + CO₂ → CaCO₃ + H₂O

Reaksi ini terjadi secara terus menerus sehingga larutan air kapur + PP yang semula berwarna merah muda menjadi putih bening. Perubahan ini diikuti dengan perubahan suhu yang semula 31ºC menjadi 35ºC. Pada tabung erlemeyer B tercium bau alkohol, hal ini menunjukan adanya zat etanol setelah reaksi berlangsung.

Larutan kapur (Ca(OH)2) pada tabung kedua berfungsi untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme pembusuk seperti Saccharomyces sehingga reaksi mulai terhenti ketika hasil reaksi pada tabung 1 mengalir menuju tabung 2. Setelah reaksi hampir terhenti, muncul gelembung – gelembung air atau uap air yang merupakan hasil reaksi seperti diatas, keluar melalui selang kecil. Selain itu, terdapat endapan kapur ( CaCO3 ) yang mengendap pada tabung 2.

Air kapur yang ditetesi PP mengindikasikan pH basa larutan pada saat terjadi proses fermentasi. Pada tabung A pHnya asam sementara pada tabung B pHnya basa, saat gelembung dari tabung A mengalir melalui pipa U menuju pipa B, pH larutan tabung B mengalami perubahan dikarenakan adanya pH asam yang dibawa gelembung tersebut sehingga menyebabkan warna awal merah muda lama-lama menjadi putih pucat / berkurang 50% dari awalnya.

Jadi, dari hasil percobaan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa ragi menghasilkan CO2 yang bersifat asam sehingga warna merah muda indikator PP menjadi memudar.

Jawaban: E

Contoh 2: Soal UN Biologi SMA Tahun 2017

Perhatikan gambar percobaan Ingenhousz berikut!

Soal UN SMA IPA Biologi 2017 - Percobaan Katabolisme dan Anabolsime

Hasil akhir dari percobaan tersebut, pada ujung corong terdapat gelembung – gelembung udara karena ….
A. terjadi pembentukan CO2 yang dilakukan oleh tanaman hydrilla
B. terbentuk O2 dari proses fotosintesis yang dilakukan hydrilla
C. terbentuk gas hidrogen akibat pemecahan H2O
D. adanya gas hasil respirasi tanaman hydrilla
E. timbulnya uap air akibat paparan cahaya matahari

Pembahasan:

Tujuan dari praktikum fotosintesis – Ingenhousz seperti pada soal adalah untuk membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan oksigen. Reaksi yang terjadi adalah:

6 CO2 + 6 H2O (dengan bantuan cahaya matahari) → C6H12O6 + 6 O2

Gelembung – gelembung udara yang terdapat pada ujung corong merupakan hasil fotosintesis berupa O2.

Jadi, hasil akhir dari percobaan tersebut, pada ujung corong terdapat gelembung – gelembung udara karena terbentuk O2 dari proses fotosintesis yang dilakukan hidrilla.

Jawaban: B

Sekian kumpulan contoh soal metabolisme sel dengan topik bahasan percobaan katabolisme dan anabolisme berdasarkan kisi-kisi UN Biologi SMA/MA/Sederajat terbaru untuk level kognitif penalaran. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: