Contoh Soal Mutasi Gen dan Kromosom – SMA 1

Contoh Soal Mutasi Gen dan Kromosom – SMA 1 berisi kumpulan soal materi mutasi gen dan kromosom berdasarkan kisi – kisi UN Biologi SMA terbaru untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Materi mutasi gen dan kromosom dalam kisi-kisi UN SMA/MA/Sederajat 2020 diberikan untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Soal dengan level kognitif pengetahuan dan pemahaman akan menguji kemampuan peserta ujian seputar pengetahuan dan pemahaman terkait materi mutasi gen dan kromosom. Selanjutnya, simak kumpulan beberapa contoh soal mutasi gen dan kromosom beserta pembahasannya yang sesuai dengan kisi – kisi UN Biologi SMA/MA terbaru untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman berikut.

Contoh 1 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2019

Down syndrome merupakan kelainan genetik hasil proses gagal berpisah dari meiosis. Gambaran kromosom laki – laki down syndrom adalah ….

Soal dan Pembahasan UN Biologi SMA 2019 - Penyimpangan Semu Hukum Mendel A
Soal dan Pembahasan UN Biologi SMA 2019 - Penyimpangan Semu Hukum Mendel B
Soal dan Pembahasan UN Biologi SMA 2019 - Penyimpangan Semu Hukum Mendel C
Soal dan Pembahasan UN Biologi SMA 2019 - Penyimpangan Semu Hukum Mendel D
Soal dan Pembahasan UN Biologi SMA 2019 - Penyimpangan Semu Hukum Mendel E

Pembahasan:

Pada mutasi gen terdapat istilah syndrome. Pada keadaan normal, jumlah kromosom pada manusia adalah 46 kromosom terdiri dari 44 Autosom + XX/XY atau 22 AA + XX/XY. Keterangan, XX untuk kromosom perempaun dan XY untuk kromosom laki – laki. Pada Syndrome Down, jumlah kromosom adalah 47 kromosom yang terdiri atas 45 A + XX/XY.

Pada Down Syndrom memiliki kelebihan sebuah kromosom. Kelainan terjadi pada kromosom ke – 21 yang seharusnya jumlah kromosom adalah dua, namun menjadi tiga buah kromosom (trisomik).

Pembahasan UN Biologi SMA 2019 - Penyimpangan Semu Hukum Mendel

Jadi,  gambaran kromosom laki – laki down syndrom adalah terdapat pada gambar pilihan D.

Jawaban: D

Contoh 2 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2018

Gambar berikut menunjukkan proses terjadinya mutasi kromosom.

Soal UN Biologi SMA 2018 - Penyimpangan Semu Hukum Mendel

Macam mutasi yang terjadi adalah ….
A. duplikasi
B. transversi
C. inversi
D. translokasi nonresiprok
E. translokasi resiprok

Pembahasan:

Mutasi gen terdiri atas delesi, inversi, translokasi, dan duplikasi. Berdasarkan gambar yang diberikan pada soal merupakan ciri dari translokasi.

Translokasi adalah tersusun kembalinya kromosom dari susunan sebelumnya. Ada dua macam translokasi yaitu translokasi resiprok dan translokasi Robertsonian.

Pada translokasi resiprok, ada dua kromosom yang bertukar materi genetik. Sementara pada translokasi Robertsonian, kedua lengan pendek kromosom hilang dan lengan panjangnya membentuk kromosom baru.

Translokasi Robertsonian biasanya terjadi pada kromosom dengan bentuk akrosentrik (kromosom yang letak sentromernya berada mendekati ujung, salah satu lengan pendeknya sangat pendek sehingga seperti tidak terlihat).

Translokasi Robertsonian pada manusia terjadi pada kromosom 13, 14, 15, 21, dan 22, karakterisrik dari translokasi ini terjadi akibat pecahnya kromosom /fragmen yang kemudian bergabung dengan suatu kromosom nonhomolog

Jadi, macam mutasi yang terjadi seperti pada gambar yang diberikan adalah translokasi resiprok.

Jawaban: E

Contoh 3 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2017

Perhatikan skema berikut!

Soal UN SMA IPA Biologi 2017 - Penyimpangan Semu Hukum Mendel

Mutasi yang terjadi pada potongan DNA tersebut adalah ….
A. transisi
B. inversi
C. insersi
D. translokasi
E. transversi

Pembahasan:

Perhatikan kembali skema DNA dan DNA mutan yang diberikan pada soal. Terlihat bahwa pada urutan pertama terjadi pembalikan dari A menjadi T (dan sebaliknya), terjadi juga pembalikan dari G menjadi S (dan sebaliknya).

Pembahasan Soal UN SMA IPA Biologi 2017 - Mutasi Gen dan Kromosom

Jenis mutasi DNA terdiri dari transisi, transversi, insersi, dan delesi. Penjelasan masing – masing mutasi DNA diberikan seperti penjelasan berikut.

  • Transisi: pergantian antar basa purin (A ↔ G) atau pergantian antar basa pirimidin (T ↔ S).
  • Transversi: pergantian basa purin dengan pirimidin (A ↔ T atau G ↔ S)
  • Insersi: penambahan pasangan nukleotida
  • Delesi: pengurangan pasangan nukleotida, misalkan terdapat urutan A – G – T pada DNA berubah menjadi T – S – A pada DNA mutan, demikian juga S – T – T berubah menjadi G – A – A

Perhatikan bahwa terjadi pergantian basa purin dengan pirimidin, A ↔ T atau G ↔ S. Jadi, mutasi yang terjadi pada potongan DNA tersebut adalah transversi.

Jawaban: E

Demikian kumpulan soal mutasi gen dan kromosom berdasarkan kisi – kisi UN Biologi SMA/MA terbaru untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: