Contoh Soal Pemanfaatan Bioteknologi – SMP 2

Contoh Soal Pemanfaatan Bioteknologi – SMP 2 memuat kumpulan soal bioteknologi berdasarkan kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat Tahun 2020 untuk level kognitif aplikasi. Materi bioteknologi yang termuat dalam kisi – kisi UN IPA SMP/MTs/Sederajat terbaru diberikan dalam dua level kognitif, yaitu level kognitif pengetahuan dan pemahaman, serta level kognitif aplikasi. Untuk soal dengan tingkat level kognitif aplikasi akan menguji kemampuan peserta ujian untuk menjawab soal aplikasi terkait materi bioteknologi. Simak kumpulan soal pemanfaatan bioteknologi sesuai kisi – kisi UN terbaru untuk level kognitif aplikasi berikut.

Contoh 1 – Soal UN IPA Biologi SMP Tahun 2019

Dalam  pembuatan roti, adonan diberi mikroorganisme agar terjadi proses fermentasi. Mikroorganisme yang digunakan dalam proses fermentasi tersebut dan proses yang terjadi adalah ….
A. Aspergillus wentii mengubah adonan roti menjadi lebih lunak dan lentur
B. Aspergillus oryzae menghasilkan glukosa sehingga adonan menjadi manis dan kenyal
C. Saccharomyces cerevisiae menghasilkan karbondioksida sehingga menghasilkan rongga dan membuat roti menggembung
D. Saccaromyces cerevisiae mengubah terigu menjadi senyawa sederhana sehingga roti menjadi lunak dan tidak mudah basi

Pembahasan:

Mikroorganisme yang digunakan dalam pembuatan roti adalah Saccharomyces cerevisiae. Proses yang terjadi adalah terjadi pembentukan karbondioksida yang dapat membuat rongga dan menyebabkan adonan roti menggembung.

Jawaban: C

Baca Juga: Pengertian Bioteknologi Konvensional dan Bioteknologi Modern (+ Contoh)

Contoh 2 – Soal UN IPA Biologi SMP Tahun 2018

Di daerah Pengelangan Jawa Barat banyak peternak sapi. Daerah ini merupakan salah satu penghasil susu sapi segar. Jumlah susu sapi segar yang dihasilkan di daerah ini sangat berlimpah sehingga sebagian besar dibuat yoghurt. Yoghurt terbuat dari susu dengan menggunakan Lactobacillus bulgaricus. Proses yang terjadi pada pembuatan yoghurt adalah ….
A. pengubahan susu menjadi alkohol dan gula
B. pemisahan lemak menjadi asam lemak
C. pada masa inkubasi dihasilkan asam laktat
D. penguraian susu menjadi lemak berprotein

Pembahasan:

Dalam pembuatan yoghurt digunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus pada proses fermentasi yaitu mengubah laktosa pada susu menjadi asam laktat.

 Jadi, proses yang terjadi adalah mengubah laktosa pada susu menjadi asam laktat.

Jawaban: C

Sekian kumpulan soal bioteknologi sesuai kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat terbaru untuk level kognitif aplikasi. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: