Contoh Soal Pencemaran Lingkungan – SMP 2

Contoh Soal Pencemaran Lingkungan – SMP 2 adalah halaman yang memuat kumpulan soal pencemaran lingkungan yang disesuaikan kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat 2020 untuk level aplikasi terkait pelajaran IPA Biologi tingkat SMP/MTs/Sederajat. Materi pencemaran lingkungan yang termuat dalam kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat terbaru diberikan dalam dua level kognitif yaitu aplikasi dan penalaran. Untuk soal dengan level kognitif aplikasi akan menguji kemampuan peserta ujian dalam menyelesaikan soal terkait aplikasi materi pencemaran lingkungan. Simak kumpulan contoh soal pencemaran lingkungan berdasarkan kisi – kisi un terbaru tingkat SMP/MTs/Sederajat untuk level kognitif aplikasi berikut.

Contoh 1 – Soal UN IPA Biologi SMP Tahun 2018

Akhir – akhir ini industri pariwisata berkembang pesat. Beberapa daerah kawasan pegunungan banyak diubah menjadi kawasan peristirahatan dengan menbangun vila – vila dan pemukiman – pemukiman mewah. Dampak yang bisa timbul akibat pemanfaatan lingkungan tersebut adalah ….
A. keanekaragaman hayati meningkat
B. pencemaran lingkungan menurun
C. ketersediaan air bersih bertambah
D. bencana banjir dan tanah longsor

Pembahasan:

Kawasan pegunungan sebelumnya mempunyai fungsi utama sebagai tumbuhnya berbagai ragam tumbuhan. Aneka tanaman yang tumbuh akan mampu menampung air saat musim hujan. Air tanah yang ditampung atau ditahan oleh pepohonan kemudian akan bermanfaat saat musim kemarau.

Adanya pembangunan vila – vila dan pemukiman – pemukiman mewah akan mengurangi fungsi utama pegunungan sebagai tempat tumbuhnya tanaman. Akibatnya muncul dampak dari pembangunan yang mengakibatkan kerusakan lingkungan. Berkurangnya tumbuhan akan mengurangi fungsi utama pegunungan, sehingga kelebihan air hujan di musim penghujan tidak membuat tanah menjadi mudah longsor.

Jadi, dampak yang bisa timbul akibat pemanfaatan lingkungan tersebut adalah bencana banjir dan tanah longsor.

Jawaban: D

Sekian kumpulan soal pencemaran lingkungan sesuai kisi – kisi un SMP/MTs/Sederajat terbaru untuk level kognitif aplikasi. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: