Contoh Soal Pengelolaan Lingkungan untuk Mengatasi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan

Contoh Soal Pengelolaan Lingkungan untuk Mengatasi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan – SMP 3 adalah halaman yang memuat kumpulan soal pencemaran lingkungan yang disesuaikan kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat 2020 untuk level kognitif penalaran terkait pelajaran IPA Biologi tingkat SMP/MTs/Sederajat. Materi pencemaran lingkungan yang termuat dalam kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat terbaru diberikan dalam dua level kognitif yaitu aplikasi dan penalaran. Untuk soal dengan level kognitif penalaran akan menguji kemampuan peserta ujian dalam menyelesaikan soal terkait materi pencemaran lingkungan menggunakan nalar. Simak kumpulan contoh soal pencemaran lingkungan berdasarkan kisi – kisi un terbaru tingkat SMP/MTs/Sederajat untuk level kognitif penalaran berikut.

Contoh 1 – Soal UN IPA Biologi SMP Tahun 2019

Penggunaan kantong plastik untuk membungkus makanan semakin hari semakin meningkat. Tanpa disadari kantong plastik menumpuk menjadi tumpukan sampah yang sulit untuk diuraikan. Salah satu usaha yang dapat mengurangi polusi plastik adalah ….

A. mengolah kembali sampah plastik menjadi produk yang bermanfaat
B. mencampur sampah plastik dengan sampah organik agar membusuk
C. membakar sampah plastik dan menguburnya di tanah
D. menumpuk sampah plastik di satu tempat sehingga tidak menyebar

Pembahasan:

Beberapa upaya yang dapat dilakukan dalam mengurangi sampah plastik adalah

  • Reduce – mengurangi penggunaan sampah plastik
  • Reuse – menggunakan kembali plastik yang masih bisa digunakan
  • Recycle – mengolah kembali sampah plastik menjadi produk yang bermanfaat

Jadi, salah satu usaha yang dapat mengurangi polusi plastik adalah mengolah kembali sampah plastik menjadi produk yang bermanfaat.

Jawaban: A

Contoh 2 – Soal UN IPA Biologi SMP Tahun 2017

Bisnis jasa laundry (cuci pakaian) sangat menguntungkan sehingga khir – akhir ini usaha tersebut makin marak, namun tanpa disadari limbah cucian yang dibuang ke sungai sangat mengganggu kehidupan makhluk hidup di sungai. Hal ini terjadi karena deterjen merupakan zat yang mencemari air sehingga kualitas air sungai pun menurun.

Usaha yang paling bijaksana yang dapat dilakukan untuk mengatasi pencemaran tersebut adalah ….

A. menutup semua usaha laundry
B. melarang membuang limbang ke sungai
C. menanam pohon untuk penghijauan di tepi sungai
D. mengolah limbah sebelum dibuang ke sungai

Pembahasan:

Limbah cair hasil dari sisa cucian mengandung zat yang mengganggu kehidupan makhluk hidup di sungai. Sehingga, sebelum limbah sisa cucian dibuang ke sungai harusnya diolah terlebih dahulu untuk memisahkan zat yang dapat mengganggu kehidupan makhluk hidup di sungai.

Jawaban: D

Sekian kumpulan soal pencemaran lingkungan sesuai kisi – kisi un SMP/MTs/Sederajat terbaru untuk level kognitif penalaran dengan tema pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: