Contoh Soal Percobaan Fotosintesis – SMP 3

Contoh Soal Percobaan Fotosintesis – SMP 3 merupakan kumpulan soal dengan tema percobaan fotosintesis yang disesuaikan kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat Tahun 2020 untuk level kognitif penalaran. Materi percobaan fotosintesis dalam kisi – kisi UN terbaru diberikan melalui dua level kognitif, yaitu level kognitif aplikasi dan level kognitif penalaran. Tingkat soal untuk level kognitif penalaran akan menguji kemampuan peserta ujian terkait materi percobaan fotosintesis menggunakan kemampuan nalar dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Simak kumpulan contoh soal percobaan fotosintesis berdasarkan kisi – kisi un terbaru untuk level kognitif penalaran berikut.

Contoh 1 – Soal UN IPA Biologi Tahun 2019

Perhatikan data hasil percobaan fotosintesis berikut!

Soal UN IPA Biologi SMP 2019 - Percobaan Fotosintesis

Kesimpulan tentang fotosintesis yang tepat berdasarkan data tersebut adalah ….
A. Pada tumbuhan A hanya terjadi pada suhu antara 30oC dan 46oC
B. semakin tinggi suhu, semakin cepat proses fotosintesis pada tumbuhan A
C. tumbuhan kelompok B membutuhkan suhu lebih tinggi
D. tumbuhan kelompok B lebih cepat tumbuh di daerah bersuhu tinggi

Pembahasan:

Pada kelompok tumbuhan A, laju fotosintesis cepat terjadi pada suhu 27oC, 29oC, dan  30oC. Sedangkan pada suhu 10oC, 15oC, dan 9oC laju fotosintesisnya lambat. Begitu juga pada suhu 46oC, 50oC, dan 48oC.

Pada kelompok tumbuhan B, laju fotosintesis cepat terjadi saat suhu berada pada 46oC, 48oC, dan 58oC. Saat suhu 10oC dan 12oC laju fotoseintesis berlangsung lambat. Sedangkan pada suhu  30oC, 29oC, dan 32oC, laju fotosintesis berlangsung sedang.

Jadi, kesimpulan tentang fotosintesis yang tepat berdasarkan data tersebut adalah tumbuhan kelompok B membutuhkan suhu lebih tinggi.

Jawaban: C

Sekian kumpulan soal pewarisan sifat berdasarkan kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat terbaru untuk level kognitif penalaran. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: