Contoh Soal Percobaan Kinerja Enzim – SMA 3

Contoh Soal Kinerja Enzim – SMA 3 berisi kumpulan soal materi kinerja enzim yang disesuaikan dengan kisi – kisi UN Biologi SMA/MA/Sederajat terbaru untuk level kognitif penalaran. Materi seputar enzim dalam kisi-kisi UN SMA/MA/Sederajat 2020 diberikan dalam dua level kognitif yaitu level kognitif aplikasi dan penalaran. Soal dengan level kognitif penalaran akan menguji kemampuan peserta ujian dalam menyelesaikan masalah dalam bahasan percobaan kinerja enzim. Selanjutnya, simak kumpulan beberapa contoh soal percobaan kinerja enzim beserta pembahasannya yang sesuai dengan kisi-kisi UN Biologi SMA/MA terbaru untuk level kognitif penalaran berikut.

Contoh 1: Soal UN Biologi SMA Tahun 2018

Perhatikan data hasil percobaan enzim katalase berikut!

Soal UN SMA IPA Biologi 2018 - Percobaan Kinerja Enzim

Data di atas membuktikan bahwa kerja enzim katalase dipengaruhi oleh ….
A. Ekstrak hati dan pH 4
B. Ekstrak hati dan H2O2
C. H2O2 dan suhu
D. pH dan suhu
E. H2O2 dan Ph 4

Pembahasan:

Enzim katalase digunakan untuk mempercepat reaksi. Tanda + menunjukkan adanya gelembung/nyala api sedangkan tanda – berati tidak terdapat gelembung/nyala api. Kondisi ini mewaikili kecepatan reaksi yang menunjukkan kerja enzim katalase, di mana semakin banyak tanda + artinya semakin cepat. Berdasarkan tabel pengamatan yang diberikan pada soal terlihat bahwa tanda + yang cukup banyak terdapat pada pH7 dan saat suhu 37oC. Hal ini menunjukkan bahwa keduanya mempengaruhi kerja enzim katalase.

Jadi, data di atas membuktikan bahwa kerja enzim katalase dipengaruhi oleh pH dan suhu.

Jawaban: D

Sekian kumpulan contoh soal percobaan kinerja enzim berdasarkan kisi-kisi UN Biologi SMA/MA/Sederajat terbaru untuk level kognitif penalaran. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: