Contoh Soal Percobaan Transpor Melalui Membran – SMA 3

Contoh Soal Percobaan Transpor Melalui Membran – SMA 3 adalah halaman kumpulan soal dengan materi transpor melalui membran tingkat SMA/MA dengan peminatan IPA yang disesuaikan dengan kisi – kisi UN 2020 untuk level kognitif penalaran. Berdasarkan kisi – kisi un terbaru tingkat SMA/MA/Sederajat, materi transpor termuat dalam dua level kognitif yaitu level kognitif aplikasi dan penalaran. Soal dengan tingkat level kognitif penalaran akan menguji kemampuan peserta ujian dalam materi percobaan transpor melalui membran menggunakan nalar. Berikut ini adalah kumpulan contoh soal percobaan transpor melalui membran yang sesuai untuk level penalaran berdasarkan kisi – kisi UN Biologi SMA/MA/Sederajat terbaru.

Contoh 1 – Soal UN IPA Biologi SMA Tahun 2018

Perhatikan gambar percobaan osmosis berikut!

Soal UN Biologi SMA 2018 - Percobaan Transpor Melalui Membran

Setelah beberapa saat, permukaan X akan … karena cairan di luar kentang bersifat ….
A. bertambah, hipotonis
B. berkurang, hipotonis
C. bertambah, isotonis
D. bertambah, hipertonis
E. berkurang, isotonis

Pembahasan:

Pada percobaan tersebut larutan X merupakan hipertonis dan kentang merupakan hipotonis terhadap X. Selain itu, kentang merupakan hipertonis terhadap larutan Y dan larutan Y merupakan hipotonis terhadap kentang.

Osmosis merupakan peristiwa perpindahan zat dari larutan hipotonis ke larutan hipertonis. Pada kasus seperti yang diberikan pada soal, larutan Y (bersifat hipotonis) mengalami osmosis akan berpindah ke larutan X (bersifat hipertonis). Sehingga larutan X akan mengalami pertambahan volume.

Jadi, setelah beberapa saat, permukaan X akan bertambah karena cairan di luar kentang bersifat hipotonis.

Jawaban: A

Baca Juga: Praktikum Biologi – Tekanan Osmosis pada Kentang

Contoh 2 – Soal UN IPA Biologi SMA Tahun 2017

Perhatikan gambar percobaan transportasi membran sel berikut!

Soal UN SMA IPA Biologi 2017 - Percobaan Transpor Melalui Membran

Berdasarkan gambar tersebut, yang akan terjadi pada kentang y setelah direndam selama 60 menit adalah ….
A. plasmolisis karena larutan hipotonik
B. plasmolisis karena larutan hipertonik
C. turgid karena larutan hipertonik
D. turgid karena larutan hipotonik
E. krenasi karena larutan hipotonik

Pembahasan:

Percobaan transportasi membran sel seperti yang diberikan pada soal terkait dengan peristiwa osmosis, yaitu perpindahan partikel pelarut (air) dari konsentrasi rendah (hipotonik) ke konsentrasi tinggi (hipertonik).

Jika kentang X direndam dengan larutan garam 1% atau konsentrasi rendah (hipotonik) maka molekul air akan masuk ke dalam sel kentang. Efeknya kentang akan kelebihan air dan terlihat membsesar (mengembang). Peristiwa ini sering disebut sebagai turgid.

Sedangkan kentang Y yang direndam dengan larutan garam 5% atau konsentrasi tinggi (hipertonik) akan membuat partikel air dalam kentang keluar. Sehingga kentang kekurangan air dan kentang akan menjadi kisut  (krenasi) dan selaput sel kentang terlepas atau mengalami peristiwa plasmolisis.

Jadi, yang akan terjadi pada kentang y setelah direndam selama 60 menit adalah plasmolisis karena larutan hipertonik.

Jawaban: B

Demikianlah tadi kumpulan soal percobaan transpor melalui membran yang sesuai level kognitif penalaran berdasarkan kisi – kisi UN Biologi SMA/MA terbaru. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: