Contoh Soal Pewarisan Sifat – SMP 2

Contoh Soal Pewarisan Sifat – SMP 2 merupakan kumpulan soal pewarisan sifat yang disesuaikan kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat Tahun 2020 untuk level kognitif aplikasi. Materi pewarisan sifat dalam kisi – kisi UN terbaru diberikan melalui tiga level kognitif, yaitu level kognitif pengetahuan dan pemahaman, level kognitif aplikasi, dan level kognitif penalaran. Tingkat soal untuk level aplikasi akan menguji kemampuan peserta ujian terkait aplikasi dalam pewarisan sifat untuk pemuliaan makhluk hidup. Simak kumpulan contoh soal pewarisan sifat berdasarkan kisi – kisi un terbaru untuk level kognitif aplikasi berikut.

Contoh 1 – Soal UN IPA Biologi SMP Tahun 2017

Persilangan antara tanaman padi bulir besar, berumur panjang (BBPP) dengan tanaman padi bulir kecil berumur pendek/genjah (bbpp) adalah sebagai berikut.

Soal UN IPA Biologi SMP 2017 - Pewarisan Sifat

Bila sifat bulir besar dan berumur pendek (genjah) merupakan sifat – sifat unggul, genotip pada F2 yang paling baik disilangkan untuk mendapat bibit unggul genotipe … dengan genotip ….
A. 1 >< 16
B. 4 >< 3
C. 6 >< 14
D. 11 >< 12

Pembahasan:

Bibit unggul yang diharapkan adalah bibit bulir besar (BB atau Bb) dan berumur pendek (pp). Bibit dari genotip pada F2 yang memungkinkan menghasilkan genotip BBpp adalah BBpp (6) dan Bbpp (14). Keturunan yang akan dihasilkan adalah bergenotipe BBpp (bulir besar – umur pender) dan Bbpp (bulir besar – umur pendek).

Pembahasan Soal UN IPA Biologi SMP 2017 - Pewarisan Sifat

Jadi, genotip pada F2 yang paling baik disilangkan untuk mendapat bibit unggul genotip 6 dengan genotip 14.

Jawaban: C

Sekian kumpulan soal pewarisan sifat berdasarkan kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat terbaru untuk level kognitif aplikasi. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: