Contoh Soal Sifat Enzim dan Kinerjanya – SMA 2

Contoh Soal Kinerja Enzim – SMA 2 berisi kumpulan soal materi sifat enzim dan kinerjanya yang disesuaikan dengan kisi – kisi UN Biologi SMA/MA/Sederajat terbaru untuk level kognitif aplikasi. Materi seputar enzim dalam kisi-kisi UN SMA/MA/Sederajat 2020 diberikan dalam dua level kognitif yaitu level kognitif aplikasi dan penalaran. Soal dengan level kognitif aplikasi akan menguji kemampuan peserta ujian dalam menyelesaikan masalah dalam penerapan sifat enzim dan kinerjanya. Selanjutnya, simak kumpulan beberapa contoh soal sifat enzim dan kinerjanya beserta pembahasannya yang sesuai dengan kisi-kisi UN Biologi SMA/MA terbaru untuk level kognitif penalaran berikut.

Contoh 1 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2018

Grafik pengaruh suhu terhadap kerja enzim!

Soal UN SMA IPA Biologi 2018 - Sifat Enzim dan Kinerjanay

Temperatur optimum pada kerja enzim tersebut adalah ….
A. 10oC –  20oC
B. 20oC – 30oC
C. 30oC – 40oC
D. 40oC – 50oC
E. 50oC – 60oC

Pembahasan:

Perhatikan gambar grafik pengaruh suhu terhadap enzim menunjukkan nilai optimum dicapai saat grafik mencapai puncak, tercapai saat temperatur berada pada 40oC – 50oC.

Jadi, temperatur optimum pada kerja enzim tersebut adalah 40oC – 50oC.

Jawaban: D

Contoh 2 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2017

Perhatikan gambar reaksi enzimatis berikut!

Soal UN SMA IPA Biologi 2017 - Sifat Enzim dan Kinerjanya

Sifat enzim yang ditunjukkan adalah ….
A. bekerja dua arah
B. kerja enzim spesifik
C. bekerja membutuhkan energi
D. menghambat reaksi kimia
E. membantu reaksi kimia

Pembahasan:

Menurut teori yang disampaikan Emil Fischer pada 1894, enzim akan berikatan dengan substrat yang memiliki bentuk sama (spesifik) dengan sisi aktif enzim. Kata lainnya, hanya substrat yang memiliki bentuk yang cocok atau spesifik yang hanya akan berikatan dengan enzim.

Teori ini dikatakan sebagai teori gembok dan kunci, dimana enzim diibaratkan sebagai sebuah kunci yang dapat membuka sebuah gembok yang disini diibaratkan sebagai substratnya. Gembok dan kunci akan memiliki sisi yang sama untuk dapat terbuka atau menutup.

Jadi, sifat enzim yang ditunjukkan adalah kerja enzim spesifik.

Jawaban: B

Contoh 3 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2016

Kerja enzim sangat dipengaruhi oleh pH. Perubahan pH yang sangat besar akan menyebabkan ….
A. substrat lebih cepat terurai
B. kecepatan reaksi akan meningkat
C. penggunaan energi yang lebih besar
D. suasana asam sehingga mengubah arah reaksi
E. terhalangnya penggabungan sisi aktif dengan substrat

Pembahasan:

Enzim memiliki PH optimum yang dapat bersifat basa maupun asam. Sebagian besar enzim memiliki pH optimum antara 6 – 8. Ketika terjadi perubahan pH akan menyebabkan sisi aktif enzim berubah keefektifannya dalam membentuk komples enzim – substrat.

Selain itu pH juga mengakibatkan proses denaturasi (kerusakan) pada enzim. Denaturasi oleh pH yang ekstrim biasanya bersifat bolak – balik, tetapi tidak bolak-balik pada denaturasi yang terjadi karena suhu panas.

Jadi, perubahan pH yang sangat besar akan menyebabkan terhalangnya penggabungan sisi aktif dengan substrat.

Jawaban: E

Contoh 4 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2016

Kondisi pH lingkungan dapat mempengaruhi kerja enzim, pH optimum merupakan kondisi pH yang mendukung bekerjanya enzim secara optimal dan setiap enzim memiliki pH optimum yang berbeda – beda.

Grafik mekanisme kerja enzim berikut yang paling tepat adalah ….

Soal UN SMA IPA Biologi 2016 - Sifat Enzim dan Kinerjanya

Pembahasan:

Pada umumnya, enzim bekerja pada pH netral atau sekitar pH 6 – 8, contohnya enzim ptialin efektif bekerja pada pH 7. Tetapi ada juga beberapa enzim yang justru efektif bekerja pada suasana asam atau basa.

Enzim pepsin di dalam lambung bekerja optimum pada pH 2. Sementara itu, enzim tripsin bekerja pada pH 8.

Jadi, grafik mekanisme kerja enzim berikut yang paling tepat adalah pilihan E.

Jawaban: E

Contoh 5 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2016

Selvi bersama teman – temannya makan siang di sebuah warung makan di desanya. Pada sistem pencernaan, organ yang akan menghasilkan enzim yang berguna memecah bahan makanan berupa karbohidrat dari makanan yang dikonsumsi adalah ….
A. mulut dan kerongkongan
B. lambung dan usus besar
C. usus halus dan usus besar
D. mulut dan usus halus
E. lambung dan usus halus

Pembahasan:

Karbohidrat mengandung amilum yang akan dicerna oleh enzim ptialin di dalam mulut. Selanjutnya, amilum akan diubah menjadi ikatan yang lebih sederhana berupa glukosa dan maltosa di usus halus oleh enzim amilase yang dihasilkan oleh pankreas.

Jadi, organ yang akan menghasilkan enzim yang berguna memecah bahan makanan berupa karbohidrat dari makanan yang dikonsumsi adalah mulut dan usus halus.

Jawaban: D

Contoh 6 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2016

Ketika kita makan ayam goreng, protein yang ada di dalamnya akan diubah secara enzimatis oleh pepsin menjadi pepton. Peristiwa tersebut terjadi di dalam organ ….
A. Hati
B. Lambung
C. Usus Halus
D. Usus Besar
E. Pankreas

Pembahasan:

Dalam lambung terdapat tiga enzim yaitu pepsin, renin, dan HCl. Enzim yang betugas mengubah protein menjadi pepton adalah enzim pepsin.

Jawaban: B

Contoh 7 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2015

Soal UN SMA IPA Biologi 2015 - Sifat Enzim dan Kinerjanya

Kesimpulan tentang pengaruh konsentrasi enzim terhadap aktivitas enzim berdasarkan grafik adalah penambahan konsentrasi enzim …..
A. akan mempercepat reaksinya
B. dapat meningkatkan kecepatan reaksi sampai batas atas optimum
C. tidak mempengaruhi kecepatan reaksi
D. berbanding terbalik dengan kecepatan reaksi
E. berbanding lurus dengan kecepatan reaksi

Pembahasan:

Grafik yang diberikan menunjukkan bahwa terjadi kenaikan kecepatan reaksi saat terjadi peningkatan konsentrasi enzim. Namun, grafik kemudian menjadi lurus yang menunjukkan kecepatan reaksi yang sama pada konsentrasi enzim tertentu. Sehingga, kesimpulan tentang pengaruh konsentrasi enzim terhadap aktivitas enzim berdasarkan grafik adalah penambahan konsentrasi enzim dapat meningkatkan kecepatan reaksi sampai batas atas optimum.

Jawaban: B

Sekian kumpulan contoh soal sifat enzim dan kinerjanya. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: