Contoh Soal Sistem Ekskresi Manusia – SMP 2

Contoh Soal Sistem Ekskresi Manusia – SMP 2 merupakan halaman berisi kumpulan soal dengan materi sistem ekskresi manusia yang disesuaikan kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat Tahun 2020 untuk level aplikasi. Materi sistem ekskresi manusia dalam kisi – kisi UN terbaru diberikan melalui dua level kognitif, yaitu level kognitif pengetahuan dan pemahaman, serta level kognitif aplikasi. Tingkat soal untuk level kognitif aplikasi akan menguji kemampuan peserta ujian dalam menyelesaikan aplikasi soal sistem ekskresi manusia dalam bahasan menjaga kesehatan sistem ekskresi manusia. Simak kumpulan contoh soal sistem ekskresi manusia berdasarkan kisi – kisi un terbaru untuk level kognitif aplikasi beserta pembahasannya berikut.

Contoh 1 – Soal UN IPA Biologi SMP Tahun 2019

Salah satu proses metabolisme di dalam tubuh kita adalah pembongkaran sel darah merah sehingga menghasilkan zat sisa berupa bilirubin. Organ tubuh yang mengekskresikan zat tersebut adalah ….
A. paru – paru
B. ginjal
C. kulit
D. hati

Pembahasan:

Bilirubin adalah pigmen berwarna kuning kecoklatan yang ditemukan di dalam empedu, darah dan tinja semua orang. Organ yang mengekskresikan zat tersebut adalah hati.

Jawaban: D

Contoh 2 – Soal UN IPA Biologi SMP Tahun 2018

Seorang pasien didiagnosis mengalami radang ginjal karena adanya kerusakan nefron khususnya glomerulus yang disebabkan infeksi bakteri. Dari kondisi tersebut dapat dipastikan bahwa orang tersebut menderita penyakit ….
A. diabetes insipidus
B. gagal ginjal
C. albuminuria
D. nefritis

Pembahasan:

Perhatikan keterangan masing – masing nama penyakit berikut.

  • Diabetes insipidus: kelainan pada sistem ekskresi karena kurangnya hormon antidiuretik yang menyebabkan rasa haus berlebihan dan pengeluaran urine yang banyak dan encer dikarenakan gangguan pada hormon antidiuretik (antidiuretic hormone/ADH)
  • Gagal ginjal: hilangnya kemampuan ginjal dalam menyaring cairan dan sisa – sisa makanan
  • Albuminaria: kelainan pada ginjal berupa ditemukannya albumin dan protein dalam urine dikerenakan protein dari darah dapat bocor ke dalam urin ketika filter dari ginjal yang disebut glomeruli.
  • Nefritis: penyakit pada ginjal karena adanya kerusakan pada glomerulus yang disebabkan infeksi kuman

Jadi, dari kondisi tersebut dapat dipastikan bahwa orang tersebut menderita penyakit nefritis.

Jawaban: D

Sekian kumpulan contoh soal sistem ekskresi manusia berdasarkan kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat terbaru untuk level kognitif aplikasi. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: