Contoh Soal Sistem Pencernaan Manusia – SMP 2

Contoh Soal Sistem Pencernaan Manusia – SMP 2 merupakan halaman berisi kumpulan soal dengan materi sistem pencernaan manusia yang disesuaikan kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat Tahun 2020 untuk level kognitif aplikasi. Materi sistem pencernaan manusia dalam kisi – kisi UN terbaru diberikan melalui dua level kognitif, yaitu level kognitif pengetahuan dan pemahaman, serta level kognitif aplikasi. Tingkat soal untuk level kognitif aplikasi akan menguji kemampuan peserta ujian terkait dalam menyelesaikan aplikasi materi sistem pencernaan manusia. Simak kumpulan contoh soal sistem pencernaan manusia berdasarkan kisi – kisi un terbaru untuk level kognitif aplikasi beserta pembahasannya berikut.

Contoh 1 – Soal UN IPA SMP Tahun 2019

Sudah empat hari ini Toro merasa susah untuk buang air besar. Diagnosis dokter yang memeriksanya menyatakan bahwa dia mengalami konstipasi. Proses pada alat pencernaan Toro yang terganggu dan faktor penyebabnya adalah ….

A. penyerapan air yang berlebihan di usus dua belas jari (duodenum) yang disebabkan oleh bakteri

B. bakteri menyebabkan gangguan penyerapan air di usus penyerapan (ileum) sehingga feses menjadi keras

C. penyerapan air yang berlebihan di usus kosong (jejunum) kerana infeksi yang disebabkan bakteri

D. penyerapan air yang berlebihan di usus besar disebabkan makanan yang dikonsumsi rendah serat

Pembahasan:

Konstipasi adalah istilah untuk sembelit yaitu kondisi tinja/feses terlalu keras karena terlalu banyak penyerapan air. Proses penyerapan air sendiri terjadi di usus besar. Penyebabnya adalah kurang makana berserat.

Jadi, proses pada alat pencernaan Toro yang terganggu dan faktor penyebabnya adalah penyerapan air yang berlebihan di usus besar disebabkan makanan yang dikonsumsi rendah serat.

Jawaban: D

Contoh 2 – Soal UN IPA Biologi SMP Tahun 2018

Perhatikan tabel hasil uji makanan berikut!

Soal UN IPA Biologi SMP 2018

Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa bahan makanan yang memiliki kandungan amilum paling tinggi adalah ….

  1. (1), (3), dan (6)
  2. (1), (4), dan (7)
  3. (2), (3), dan (5)
  4. (5), (7), dan (8)

Pembahasan:

Kandungan amilum dalam suatu bahan makanan dapat diuji menggunakan lugol. Indikasi bahan makanan yang mengandung amilum setelah ditetesi lugol adalah berubah warna menjadi biru kehitaman. Semakin banyak kandungan amilum dalam suatu bahan makanan, warnanya akan semakin biru pekat.

Berdasarkan tabel yang diberikan pada soal, bahan makanan yang berubah menjadi biru tua kehitaman setelah ditetesi lugol adalah bahan makanan nomor (1), (4), dan (7).

Jawaban: B

Baca Juga: