Contoh Soal Sistem Peredaran Darah Manusia – SMP 2

Contoh Soal Sistem Peredaran Darah Manusia – SMP 2 merupakan halaman berisi kumpulan soal dengan materi sistem peredaran darah manusia yang disesuaikan kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat Tahun 2020 untuk level kognitif aplikasi. Materi sistem peredaran darah manusia dalam kisi – kisi UN terbaru diberikan melalui dua level kognitif, yaitu level kognitif pengetahuan dan pemahaman, serta level kognitif aplikasi. Tingkat soal untuk level kognitif aplikasi akan menguji kemampuan peserta ujian dalam menyelesaikan soal terkait aplikasi terkait sistem peredaran darah manusia. Simak kumpulan contoh soal sistem peredaran darah manusia berdasarkan kisi – kisi un terbaru untuk level kognitif aplikasi beserta pembahasannya berikut.

Contoh 1 – Soal UN IPA Biologi SMP Tahun 2018

Alya tertidur dengan posisi tangan menekuk di belakang kepala dalam waktu lama menyebabkan peredaran darah tidak lancar. Keadaan yang dialami Alya dapat berakibat ….
A. nyeri pada pergelangan tangan
B. sakit pada siku
C. telapak tangan pegal – pegal
D. tangan kesemutan

Pembahasan:

Posisi tangan alya yang menekuk tangan di belakang kepala membuat peredaran darah di daerah tersebut menjadi tidak lancar. Akibatnya, daerah tersebut tidak memperoleh pasokan darah. Kondisi ini membuat bagian tubuh yang tidak memperoleh pasokan darah akan merasakan kesemutan.

Jadi, keadaan yang dialami Alya dapat berakibat tangan kesemutan.

Jawaban: D

Baca Juga: Mekanisme Pembekuan Darah pada Luka

Contoh 2 – Soal UN IPA Biologi SMP Tahun 2017

Perhatikan gambar sistem peredaran darah berikut ini!

Pada saat darah dipompa dari jantung menuju ke kepala dan kembali ke jantung maka jalannya peredaran darah yang benar adalah ….
A. 1 – 7 – 8 – 4
B. 2 – 7 – 8 – 4
C. 3 – 7 – 8 – 4
D. 4 – 8 – 7 – 1

Pembahasan:

Peredaran darah dari jantung pada bagian bilik kiri (nomor 2) menuju aorta kemudian menuju atas pada nomor 7 dan menuju lagi ke kepala. Selanjutnya dari kepala ke vena cava superior (nomor 8) dan kembali lagi ke jantung pada bagian serambi kanan (nomor 4)

Jadi, pada saat darah dipompa dari jantung menuju ke kepala dan kembali ke jantung maka jalannya peredaran darah yang benar adalah 2 – 7 – 8 – 4.

Jawaban: B

Sekian kumpulan contoh soal sistem peredaran darah manusia berdasarkan kisi – kisi UN SMP/MTs/Sederajat terbaru untuk level kognitif aplikasi. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: