Contoh Soal Teori Evolusi SMA 3

Contoh Soal Teori Evolusi – SMA 3 berisi kumpulan soal dengan materi teori evolusi berdasarkan kisi – kisi UN Biologi SMA terbaru untuk level kognitif penalaran. Materi evolusi dalam kisi – kisi UN SMA/MA/Sederajat 2020 diberikan dalam tiga level kognitif yaitu level kognitif pengetahuan dan pemahaman, level kognitif aplikasi, dan level kognitif penalaran. Soal dengan level kognitif penalaran akan menguji kemampuan peserta ujian dalam menyelesaikan soal terkait penerapan teori evolusi dalam topik bahasan mekanisme evolusi. Selanjutnya, simak kumpulan beberapa contoh soal mekanisme evolusi beserta pembahasannya yang sesuai dengan kisi – kisi UN Biologi SMA/MA terbaru untuk level kognitif penalaran berikut.

Contoh 1 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2017

Salah satu penyebab tidak terbentuknya spesies baru yang disebabkan oleh masa kawin atau kematangan gamet yang berbeda, contohnya pada lalat buah, dapat terjadi karena adanya isolasi ….
A. ekologi
B. musim
C. perilaku
D. mekanik
E. geografi

Pembahasan:

Masa kawin atau kematangan gamet yang berbeda akan membuat dua dua species simpatrik tidak dapat melakukan interhibridasi. Kondisi ini disebut dengan isolasi musim (pematangan gamet jantan dan gamet betina tidak sama).

Dalam kata lain, Isolasi musim terjadi apabila dua species simpatrik tidak dapat melakukan interhibridisasi karena masing – masing species mempunyai masa pemakasan kelamin yang berbeda. 

Contoh isolasi musim:

  • Pinus radiata dan Pinus muricata keduanya terclapat di beberapa tempat di California dan tergolong simpatrik, kedua jenis pinus tersebut dapat disilangkan tetapi perkawinan silang ini boleh dikatakan tidak pernah terjadi di alam. Hal ini disebabkan karena perbedaan masa berbunga Pinus radiata terjadi pada awal Februari sedang Pinus muricata pada bulan April.
  • Kemudian empat jenis katak yang tergolong pada genus Rana. Meskipun hidup di daerah yang sama tetapi tidak terjadi persilangan, karena perbedaan masa aktif perkawinan.

Jadi, salah satu penyebab tidak terbentuknya spesies baru yang disebabkan oleh masa kawin atau kematangan gamet yang berbeda, contohnya pada lalat buah, dapat terjadi karena adanya isolasi musim.

Jawaban: B

Contoh 2 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2016

Mekanisme seleksi alam tidak selalu berjalan karena ….
A. seleksi alam merupakan satu – satunya kekuatan yang membawa variabelitas gen
B. adaptasi pada organisme menyebabkan adanya evolusi
C. mutasi menyebabkan variasi genetik akibat dari faktor lingkungan
D. seleksi alam hanya terjadi pada organisme tertentu
E. setiap mutasi menghasilkan variasi genetik, yang tidak selalu dibebani seleksi alam

Pembahasan:

Seleksi alam adalah teori bahwa makhluk hidup yang tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya lama kelamaan akan punah.

Seleksi alam merupakan satu – satunya kekuatan yang membawa variabelitas gen merupakan ciri seleksi alam.

Adaptasi pada organisme menyebabkan adanya evolusi merupakan penyebab dari evolusi yang brkaitan dengan seleksi alam sesuai teori Darwin.

Mutasi menyebabkan variasi genetik akibat dari faktor lingkungan , Mutasi yang dikarenakan faktor lingkungan itulah yang merupakan dampak seleksi alam.

Seleksi alam hanya terjadi pada organisme tertentu menunjukkan ciri makhluk hidup.

Tidak semua mutasi dipengaruhi oleh lingkungan, ada beberapa mutasi yang disebabkan oleh kelainan genetis pada kromosom, dan materi genetik lainnya.

Jadi, mekanisme seleksi alam tidak selalu berjalan karena setiap mutasi menghasilkan variasi genetik, yang tidak selalu dibebani seleksi alam.

Jawaban: E

Contoh 3 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2016

Pernyataan yang mendukung teori evolusi karena terjadi mekanisme seleksi alam adalah ….

A. jerapah semula berleher pendek karena mengambil daun – daun yang tinggi akhirnya leher menjadi panjang

B. beberapa jenis bebek memiliki kaki berselaput untuk berenang karena hidup di tempat yang berair

C. burung elang memiliki otot dada yang besar dan kuat akibat sering terbang tinggi

D. ngengat berwarna cerah punah dan ngengat berwarna gelap dapat berkembang biak pada saat revolusi industri

E. kaki ular menyusut akibat tidak digunakan dan meningkatnya predator hewan tersebut

Pembahasan:

Pernyataan yang mendukung teori evolusi karena terjadi seleksi alam adalah ngengat berwarna cerah punah dan ngengan berwarna gelap dapat berkembang saat revolusi industri.

Kondisi ini disebabkan banyaknya polusi yang membuat tumbuhan berwarna gelap sehingga ngengat dengan warna terang akan lebih terlihat oleh predator, sedangkan ngengat berwarna gelap akan terlindung dari incaran predator.

Jawaban: D

Demikian kumpulan soal mekanisme evolusi berdasarkan kisi – kisi UN Biologi SMA/MA terbaru untuk level kognitif aplikasi. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: