Contoh Soal Tindakan Perbaikan dan Pelestarian Lingkungan

Contoh Soal Tindakan Perbaikan dan Pelestarian Lingkungan adalah halaman kumpulan soal dengan materi lingkungan untuk tingkat SMA/MA/Sederajat dengan peminatan IPA yang disesuaikan dengan kisi – kisi UN SMA/MA/Sederajat 2020 level kognitif penalaran. Berdasarkan kisi – kisi un terbaru tingkat SMA/MA/Sederajat, materi lingkungan termuat dalam dua level kognitif, yaitu level kognitif aplikasi dan penalaran. Soal dengan tingkat level kognitif penalaran akan menguji kemampuan peserta ujian mengenai materi terkait lingkungan dengan topik tindakan perbaikan dan pelestarian lingkungan menggunakan kemampuan bernalar. Berikut ini adalah kumpulan contoh soal tindakan perbaikan dan pelestarian lingkungan sesuai untuk level kognitif penalaran berdasarkan kisi – kisi UN SMA/MA/Sederajat terbaru.

Contoh 1 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2018

Kerusakan lingkungan menjadi faktor penyebab meningkatnya ancaman bencana ekologis. Bencana banjir, banjir bandang, dan tanah longsor yang melanda beberapa wilayah tidak hanya disebabkan oleh faktor iklim, seperti turunnya hujan dengan intensitas tinggi, tetapi juga dipicu oleh kerusakan lingkungan. Sementara itu, faktor utama penyebab kerusakan lingkungan di wilayah tertentu adalah kegiatan eksploitasi sumber daya alam yang tidak memperhatikan daya dukung dan daya tampung lingkungan.

Cara mengatasi permasalahan tersebut adalah ….
A. memperbaiki saluran – saluran air dan membuat tanggul di sungai
B. merevisi kebijakan undang – undang tentang pencegahan pencemaran
C. menutup semua usaha penambangan yang mengeksploitasi sumber daya alam
D. mengharuskan pabrik atau proyek melakukan analisa dampak lingkungan
E. memperketat pendidikan terhadap masyarakat dengan berbagai penyuluhan

Pembahasan:

Kucinya terletak pada pernyataan terkadi eksploitasi sumber daya alam yang tidak memperhatikan daya dukung dan daya tampung lingkungan. Setiap ijin usaha perlu melakukan AMDAL, yaitu Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. AMDAL diperlukan untuk studi kelayakan karena dalam undang – undang dan peraturan pemerintah serta menjaga lingkungan dari operasi proyek kegiatan industri atau kegiatan – kegiatan yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan.

Jadi, cara mengatasi permasalahan tersebut adalah mengharuskan pabrik atau proyek melakukan analisa dampak lingkungan.

Jawaban: D

Contoh 2 – Soal UN Biologi SMA Tahun 2017

Perhatikan gambar kerusakan lingkungan berikut!

Contoh Soal UN SMA IPA Biologi 2017 - Lingkungan

Penyebab kerusakan lingkungan pemukiman sesuai gambar diakibatkan oleh tindakan manusia, yaitu ….
A. membuang sampah sembarangan
B. menutup daerah penampungan air
C. perubahan fungsi lahan pertanian
D. penebangan hutan secara liar
E. drainase air yang tidak dipelihara

Pembahasan:

Gambar pada soal menunjukkan musibah banjur bandang, yaitu banjir besar yang datang secara tiba-tiba dengan meluap, menggenangi, dan mengalir deras menghanyutkan benda-benda besar. Kondisi ini terjadi karena hutan sebagai daerah resapan air tidak berfungsi dengan baik. Kerusakan hutan akibat penebangan secara liar membuat hutan tidak bisa bekerja dengan semestinya.

Jadi, penyebab kerusakan lingkungan pemukiman sesuai gambar diakibatkan oleh tindakan manusia, yaitu penebangan hutan secara liar.

Jawaban: D

Demikian tadi kumpulan contoh soal tindakan perbaikan dan pelestarian lingkungan berdasarkan kisi – kisi UN IPA SMA/MA/Sederajat terbaru untuk level kognitif penalaran. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: