Contoh Soal Usaha dan Energi – SMP 1

Contoh Soal Usaha dan Energi – SMP 1 merupakan halaman yang memuat kumpulan soal dengan materi usaha dan energi untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kisi – Kisi Ujian Nasional 2020 dari BSNP memuat materi usaha dan energi dalam tiga level kognitif. Ketiga level kognitif tersebut meliputi level kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman akan menguji kemampuan peserta ujian nasional dalam pemahaman dan pengetahuan terkait materi pada usaha dan energi. Berikut ini kumpulan soal usaha dan energi untuk level kognitif pengetahuan dan pemahaman berikut.

Contoh 1 – Soal UN IPA SMP/MTs Tahun 2017

Perhatikan gerak bola yang ditendang dengan lintasan seperti gambar berikut.

Pernyataan besar energi potensial gravitasi dan energi kinetik sebagai berikut.

(1) Energi potensial di A dan C paling besar
(2) Energi potensial di B paling besar
(3) Energi kinetik di A paling besar
(4) Energi kinetik di A dan C sama besar

Pernyataan yang benar ditunjukkan oleh nomor ….

A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)

Pembahasan:

Energi potensial (Ep) gravitasi dipengaruhi oleh massa, percepatan gravitasi, dan ketinggian. Semakin tinggi posisi (ketinggian) benda maka akan semakin besar energi potensital. Semakin berat benda maka akan semakin besar pula energi potensialnya.

Energi Kinetik (Ek) dipengaruhi oleh besar massa dan kecepatan benda. Semakin besar massa benda akan membuat nilai energi kinetik semakin tinggi. Semakin cepat kecepatan benda akan membuat nilai energi kinetik semakin besar.

Berdesarkan keterangan tersebut dapat diperoleh kesimpulan seperti berikut.

  • Energi kinetik benda di titik A adalah yang paling maksimal karena memiliki kecepatan paling besar dari pada posisi benda di titik lainnya.
  • Energi kinetik di titik  B adalah yang paling minimal karena benda di titik B akan melambat dan kemudian diam sejenak sehingga kecepatan benda paling minimal.
  • Energi potensial di titik B adalah yang paling maksimal karena benda berada di posisi yang paling tinggi dari titik lainnya.
  • Energi potensial di titik C lebih kecil dari energi potensial di titik B karena ketinggian benda di titik C lebih rendah dari benda di titik B
  • Energi kinetik benda di titik C lebih kecil dari energi kinetik di titik A karena benda kecepatan benda di titik C lebih kecil dari kecepatan benda di titik A.

Jadi, pernyataan yang benar ditunjukkan oleh nomor (2) dan (3).

Jawaban: C

Contoh 2 – Soal UN IPA SMP/MTs Tahun 2016

Kegiatan beberapa anak di bawah ini yang tidak melakukan usaha adalah…

A. mendorong gerobak bakso sejauh 10 meter
B. mendorong mobil mogok sampai bergerak
C. mendorong tembok yang kokoh sampai berkeringat
D. mengayuh sepeda dari rumah sampai sekolah

Pembahasan:

Rumus usaha: W = ΣF × s

Berdasarkan rumus di atas dapat disimpulkan bahwa sebuah usaha muncul jika terdapat gaya dan perpindahan, sehingga benda mengalami pergerakan. Jadi, kegiatan yang tidak melakukan usaha adalah mendorong tembok yang kokoh sampai berkeringat.

Jawaban: C

Sekian tadi kumpulan soal usaha dan energi yang sesuai untuk level kognitif penalaran. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: