Contoh Soal Zat Aditif, Zat Adiktif, dan Psikotropika – SMP 3

Contoh Soal Zat Aditif, Zat Adiktif, dan Psikotropika – SMP 3 memuat kumpulan soal dengan materi zat aditif, adiktif, dan psikotropika untuk level kognitif penalaran. Materi zat Aditif, Adiktif, dan Psikotropika menjadi salah satu materi yang akan diujikan dalam Ujian Nasional berdasarkan Kisi – Kisi Ujian Nasional 2020 oleh BSNP. Berikut ini kumpulan contoh soal dengan materi zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika untuk level penalaran.

Contoh 1 – Soal UN IPA SMP/MTs Tahun 2017

Perhatikan grafik berikut ini!

Berdasarkan grafik, dapat disimpulkan bahwa ….

A. menambah konsumsi 1 butir pil koplo akan menaikkan 5% kecanduan
B. mengurangi konsumsi 1 butir pil koplo akan menurunkan 15% kecanduan
C. mengurangi jumlah konsumsi pil koplo tidak mempengaruhi persentase kecanduan
D. menambah jumlah konsumsi pil koplo akan menurunkan persentase kecanduan

Pembahasan:

Sumbu y pada grafik yang diberikan pada soal menunjukkan jumlah butir konsumsi pil koplo. Sedangkan sumbu y menunjukkan efek samping kecanduan dalam persen. Perhatikan bahwa setiap kenaikan konsumsi satu butir konsumsi (dari 1 ke 2, dari 2 ke tiga) pada sumbu x selanjutnya pada sumbu y akan terjadi kenaikan 5% efek samping kecanduan pil koplo (dari 5% ke 10%, dari 10% ke 15%).

Jadi, berdasarkan grafik, dapat disimpulkan bahwa menambah konsumsi 1 butir pil koplo akan menaikkan 5% kecanduan.

Jawaban: A

Sekian kumpulan soal zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika untuk level penalaran sesuai kisi – kisi ujian nasional terbaru. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: